Tertarik belajar di Australia ? begini sistem pendidikan disana



AU-cruises-640x420.jpg
Photo by google.com / berbagai sumber

Australia, negeri kangguru ini merupakan negara tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan, tidak hanya di luar negeri pelajar Indonesia-pun banyak yang melanjutkan pendidikannya di negara ini.

Selain sistem pendidikannya yang maju dan diakui secara international, Australia dipilih oleh pelajar Indonesia karena masih relative dekat dari Indonesia sehingga orang tua tak perlu khawatir dan masih bisa mengunjungi dikala liburan.

Namun seperti apa sistem pendidikan di Australia? Berikut ulasannya.

Pelajar International? IELTS menjadi syarat kemahiran bahasa Inggris

Sebagai salah satu syarat belajar di Australia, spelajar internasional harus mengambil ujian International English Language Testing System (IELTS) sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris. IELTS dijadikan patokan kemahiran berbahasa Inggris karena sistem dan juga hasilnya diterapkan secara professional serta diakui secara International. Oh ya ujian IELTS yang berlangsung selama 2 jam dan 45 menit dinilai dari skala 0 sampai 9 dan menguji kemampuan mendengar, membaca, menulis dan berbicara bahasa Inggris. Dengan adanya IELTS akan memudahkan para pengajar dan pelajar agar dapat berinteraksi dengan bahasa Inggris. Jika kamu punya rencana Study ke Australia siapkan IELTS kamu terlebih dahulu.

Ruang kuliah yang terbagi

Di Australia memiliki keunikan sendiri dalam pembelajarana, yaitu ruang kelas dibagi menajdi 2, yaitu Lecture & Tutorial, Satu mata kuliah di Australia biasanya berdurasi 3 jam per minggu

Lecture

Podium besar, bisanya terdiri dari 50+ murid, durasi per minggu 1 jam, dan yang murid hanya lakukan disini adalah 3D (duduk, diam, dengar).

Tutorial

Kelas kecil, biasanya terdiri dari 10+ murid, dan lebih banyak kalau kelas tersebut adalah kelas favorit.  Disinilah tempat kalau ada pertanyanaan dan interaksi dari guru ke murid. Adapun durasi per minggunya adalah 2 jam.

Australian Qualifications Framework

Sistem pendidikan Australia dibedakan dari banyak negara lain dengan the Australian Qualifications Framework (AQF). AQF merupakan kebijakan nasional yang menunjukkan bagaimana kualifikasi menjalin komunikasi satu sama lain pada setiap tingkat pendidikan. Pada dasarnya jika kampus telah mendapatkan sertifikasi dari AQF berarti kualitas kampus telah terakreditasi dari pemerintahan Australia.

CRICOS

Sebagai siswa internasional dengan visa pelajar, Anda diwajibkan belajar dalam suatu lembaga pendidikan dan dalam jurusan yang terdaftar pada Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students (CRICOS / Pendaftaran Persemakmuran untuk Lembaga Pendidikan dan Mata Pelajaran bagi Siswa Asing). CRICOS menjamin bahwa jurusan dan lembaga pendidikan tempat kamu menempuh studi memenuhi standar tinggi yang diharapkan oleh siswa internasional.

Leave a Comment

  0 Comment