Visual, Auditori, atau Kinestetik ? mana tipe belajar kamu



gaya_belajar1.png
Photo by google.com / berbagai sumber

Visual, Auditori atau Kinestetik ?

Tahukah kamu kalau seseorang memiliki tipe belajar yang berbeda-beda ? Ada yang lebih senang belajar sendiri, belajar berkelompok, belajar dengan melihat, mendengar atau mengerjakan sesuatu agar sesuatu yang ia pelajari dapat diingat dan dipahaminya dengan baik.

Ternyata menurut penilitian terdapat 3 tipe gaya belajar yang berbeda-beda, yaitu Visual, Auditori, dan juga Kinestetik, masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, Mungkin 3 tipe ini ada di diri kamu, namun seperti apa ke 3 tipe belajar tersebut. Berikut penjelasannya.

 

Visual

Tipe Visual akan secara optimal menyerap informasi yang dibacanya/dilihatnya. Tipe ini lebih suka melihat atau membaca terlebih dulu sebelum belajar hal-hal baru. Membaca buku, menonton film dan melihat gambar adalah cara belajar yang paling disukai oleh tipe visual. Faktanya adalah jika dikelas tipe Visual lebih menyukai duduk di barisan paling depan, lebih menyukai menggambar dan menulis dibandingkan harus dijelaskan dengan oral atau di dikte.

Ciri-ciri tipe belajar Visual :

  • Rapi, teratur, memperhatikan segala sesuatu dan menjaga penampilan
  • Lebih mengingat dengan apa yang dilihat
  • Lebih menyukai film daripada musi

 

Auditori

Tipe ini biasanya akan lebih memahami sesuatu melalui apa yang mereka dengar, seperti musi, percakapan, pidato, mendengarkan radio. Tipe Auditori biasanya merekam informasi yang telah diucapkan. Beberapa dari mereka bahkan merasa lebih nyaman belajar jika disertai suara musik pelan. Keunggulan tipe ini adalah dapat menyerap pelajaran lebih cepat apalagi dan tidak mudah bosan.

Ciri-ciri tipe belajar Auditori :

  • Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
  • Lebih suka musik daripada seni gambar
  • Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan daripada yang dilihat

 

Kinestetik

Orang dengan tipe kinestetik belajar malalui gerak, emosi dan sentuhan. Modalitas ini mengakses pada gerakan, koordinasi, irama, tanggapan emosional, dan kenyamanan fisik.

Ciri-ciri tipe belajar Kinestetik

  • Suka menyibukan diri
  • Menyukai keramaian
  • Belajar dengan cara visual dan gerak

Leave a Comment

  0 Comment

Comment