Review: Workshop Masa Kini, Tempat Belajarnya Orang-Orang Kreatif nan Kece



Z3SWweYvOYlhJxFe650df039e0cf3214ad3905f009d642a84e8a7f83.jpg
Photo by http://www.craftcourses.com/

Jadi anak muda jangan cuma bisa nongkrong. Mumpung otak kita masih lancar berputar, kita nggak boleh berhenti belajar. Apalagi, kreativitas dan keberanian generasi muda bisa jadi sebuah kekuatan besar. Apa? Kamu bosan sama pelajaran? Tenang, belajar nggak terbatas pada dinding-dinding sekolah aja. Lewat workshop-workshop modern dan kekinian yang mulai bermunculan di Jakarta ini, mungkin kamu malah bakal nagih menimba hal-hal baru yang oh-so-interesting!

Anyway, artikel ini murni bersifat review, ya. Biar temen-temen My Study World tahu bahwa banyak kegiatan seru selain selfie dan jalan-jalan. Yuk cus!

 

Mau Belajar Apa

Dengan namanya yang self-explanatory, Mau Belajar Apa sepertinya benar-benar ngajakin kamu buat melatih diri sesuai dengan apa yang lagi kamu inginkan. Dari short profile di akun Instagram mereka, @maubelajarapa, kamu bisa mengetahui kalau Mau Belajar Apa benar-benar menyediakan beragam program pelatihan diri yang benar-benar lintas disiplin banget, yaitu entrepreneurship, art & craft, lifestyle, dan personal development.

via http://cdn.gogirlmagz.com/media/upload//2016/06/30/mau-belajar-apa-w96437-1yz4oiramvl.jpg

Di sini, kamu bisa menemukan kelas untuk belajar membuat sabun sendiri, tapestry,visual branding,  hingga kelas-kelas yang kelihatannya sepele tapi bakal berpengaruh banget dengan bisnis yang kamu miliki, seperti Instagram photography and product styling hacks buat brandmu atau belajar mengenali potensi dirimu yang sesunggguhnya agar apapun yang kamu lakukan, mau itu bisnis atau pekerjaan lain, bisa makin mantap. Sedap.

 

Indoestri

Indoestri yang memiliki tagline keren sebagai “A Self Made Makerspace” ini hadir untuk mengajak para pelaku kreatif belajar berbagai macam keahlian yang nggak diajarkan di sekolah. Dilangsir dari website resminya, indoestri.com, tujuan kehadiran mereka adalah untuk menyediakan sumber daya, pendidikan, dan komunitas kepada para individu kreatif untuk bisa mendapatkan sebuah penemuan, membuat prototype produk, dan menjelajahi kemampuannya tanpa batasan.

via http://manual.co.id/wp-content/uploads/2014/10/Indoestri-Soft-Opening_Workshop_Jakarta-Barat-1.jpg

Memanggil dirinya sendiri sebagai Self Made, mereka percaya bahwa semua orang adalah pembelajar alami dan belajar itu tidak harus ditempuh melalui pendidikan formal saja. Ada banyak banget topik yang bisa kamu pilih buat dipelajari di Indoestri, mulai dari woodworking, leather goods, watercolor, hingga IDEATION, program khusus buat memulai sebuah project dan mengembangkan ide sampai bisa diluncurkan menjadi sebuah bisnis. Menariknya lagi, tagline Self Made yang ditekankan sebagai identitas sekaligus movement dari Indoestri ini memang sengaja diusung untuk mengajak para individu kreatif menikmati proses pembuatan sebuah produk, mulai dari pengembangan ide hingga hasil akhir, yang dilakukan dengan tangan dan kepala sendiri. Sounds pretty challenging, don’t you think?

 

Lingkaran.co

Satu lagi sekolah belajar buat orang-orang kreatif. Lingkaran.co muncul sebagai wadah komunitas pendidikan buat orang-orang kreatif macam kamu untuk mengembangkan kemampuan dan minatnya, seperti yang dilangsir dalam website resmi mereka, lingkaran.co.

via https://scontent.cdninstagram.com/l/t51.2885-15/s640x640/sh0.08/e35/13556980_494620247415076_525568107_n.jpg?ig_cache_key=MTI4MzMwNDAwNTA4NjY4NzQ5Mg==.2

Selain mempelajari pembuatan benda-benda unik, keterampilan kreatif, atau self-development, kamu juga bisa menemukan kelas kelas bisnis dan entrepeneurship. Yang membedakan Lingkaran dengan yang lainnya, kamu bisa bergabung dengan komunitas yang ada di Lingkaran, seperti terhubung dengan para mentor, investor, partner, dan lain-lain, serta berkolaborasi dengan kepala-kepala kreatif lain buat melakoni sebuah project. Asik buat kamu yang suka belajar bisnis deh kayaknya, Mates.

 

Kamu tahu tempat workshop lain yang nggak kalah kece? Share di comment, ya!

Leave a Comment

  0 Comment