Magang di Indonesia sudah biasa? Coba hal baru, magang di luar negeri!



Confessions_of_a_waitress.jpg

Magang atau kerja praktek merupakan salah satu kegiatan yang bisa kamu ikuti sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya, kamu langsung bisa mempraktekan ilmu yang selama ini kamu dapatkan di bangku sekolah maupun kuliah.

Magang di Indonesia mungkin menjadi hal biasa, kirim CV dan interview merupakan proses agar kamu bisa diterima di tempat kerja praktek, tapi bagaimana jika kamu magang di luar negeri? Berikut beberapa informasi mengenai magang diluar negeri.

Seleksi yang ketat

Sebagai calon anak magang dari International Student tentunya gak hanya kamu yang mendaftarkan diri dan mengirimkan CV, oleh karena itu biasanya beberapa perusahaan yang membuka lowongan juga menyeleksi dengan ketat, mulai dari seleksi berkas, psikotest dan juga interview. Gak heran seleksi untuk masuk ke perusahaan tersebut ada beberapa tahap dan tidak hanya sekali.

Izin kerja & tempat tinggal

Setelah mengirimkan CV dan akhirnya kamu diterima sebagai anak magang ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, yaitu adalah surat izin kerja dan surat izin tempat tinggal, hubungi kampus kamu jika memang kampus kamu yang menyiapkan semuanya, atau kamu dapat menghubungi perusahaan yang meng-rekrut kamu. Biasanya proses aplikasi Visa adalah sampai -+ 5 minggu dari hari pertama pengajuan.

Bila beruntung, kamu akan mendapatkan upah yang lumayan

Beberapa negara menerapkan sistem upah bagi anak magang, jika beruntung kamu akan mendapatkan upah yang cukup lumayan, sebagai perbandingan di New Zealand gaji untuk anak magang adalah 2000 Dollar New Zealand dengan waktu kerja 8-9 jam per minggu. Sama seperti di New Zealand, Australia juga membayar upah bagi anak magang sebesar 20 AUD perjam. Sebagai Negara di Asia, Singapore juga memberikan upah bagi anak magang 500 SGD dengan waktu kerja 9 jam.

Kenali budaya lokal dengan magang di luar negeri

Selama kamu bekerja di negeri orang tentunya kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, terjun langsung melihat kebudayaan lokal, berbaur dengan masyarakat dan mempelajari kesenian dan budaya nya jika kamu telah tinggal lama. Dengan kamu magang diluar negeri kamu akan medapatkan teman baru juga bahasa yang berbeda. Pengalaman kamu akan berbeda jika hanya magang di dalam negeri bukan ?

Pengalaman kamu akan lebih dibanding yang lain

Pastinya setelah kamu tinggal beberapa lama di luar negeri dan mengenal sistem kerja serta management yang berbeda kamu akan lebih Open Minded dan menjadi lebih berpengalaman. Hal itu akan menjadi Point Plus bagi kamu yang telah memiliki pengalaman kerja di negeri orang, selain mendapatkan pengalaman yang berbeda tentunya kamu akan menambah wawasan yang lebih lagi.

Leave a Comment

  0 Comment