Heboh Fenomena Pokemon, Game Augmented Reality yang Memaksamu Buat Keluar Rumah



pokemon-go-1.jpg
Photo by assets.vg247.com/current//2016/07/

Tiba-tiba saja, tempat-tempat umum di perkotaan dipenuhi dengan anak-anak muda yang sibuk mengacung-acungkan layar smartphone-nya. Sedang apa sih, mereka? Ya! Nggak lain nggak bukan, mereka sedang berburu Pikachu dan teman-temannya di Pokemon Go! Permainan dari Nintendo ini berhasil membuat demam Pokemon kembali melanda dunia, nggak terkecuali Indonesia. Mulai dari penggemar lama yang mengikuti Pokemon dari zaman 90an, hingga anak-anak remaja yang bahkan belum lahir ketika Pokemon baru pertama kali lahir dan mendunia.

Apa Sih yang Bikin Pokemon Go Jadi Fenomenal Dalam Sekejap?

Pokemon emang udah terkenal dari zaman om dan tante kita masih suka main layangan di lapangan, Mates. Dengan kata lain, brand marketingnya Pokemon tuh udah mengakar banget selama beberapa decade. Pokemon dan Nintendo sendiri udah memiliki basis fans yang besar, dan mereka ini setia banget nungguin update teranyar dari game kesayangannya. Nah, ketika Pokemon meluncurkan versi terbarunya lagi, kalangan pengguna lama ini tentu yang paling excited buat bertemu lagi dengan karakter-karakter kesayangan mereka.

Pokemon udah terkenal sejak bentuknya masih kayak gini via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/564x/e8/bc/1d/e8bc1da35dee34552be3a48b712ba2ca.jpg

Sementara, anak-anak muda kita memang kebanyakan suka penasaran dengan yang lagi booming dan happening. Hal apapun yang baru dan sedang ramai dibicarakan pasti akan langsung dicoba, biar nggak ketinggalan gaul deh, Mates. Dan ternyata, konsep game Pokemon itu sendiri pun sangat fresh dan belum ada yang menyaingi. Bayangin aja, di jalanan yang kamu anggap biasa aja sehari-harinya, tiba-tiba muncul seekor monster yang menggoda buat ditangkap.

Yak! Tiba-tiba ada Pikachu di pojokan kebun minta ditangkap via http://www.diariocritico.com/fotos/1/1441896991_Sinttulo_1.jpg

Kamu pun bakal ‘dipaksa’ buat menelusuri tempat-tempat lain di sekitarmu dan mengunjungi landmark-landmark kotamu yang ‘disulap’ menjadi arena bertarung para Pokemon Trainer. Ide brilian Nintendo mengenai penanaman pengalaman sosial yang langsung dan nyata inilah yang bikin mereka sukses besar, bahkan hanya dalam seminggu setelah peluncuran Pokemon Go. Keren banget yah, Mates?

Dari Dapetin Temen Baru Sampai Kecelakaan Demi Menangkap Pokemon

Ups, ternyata fenomena Pokemon Go ini banyak drawbacks­-nya juga. Meski game ini membuatmu bisa berolahraga ringan (dengan jalan-jalan mengitari kampung) dan bersosialisasi, tapi banyak juga insiden-insiden yang nggak diinginkan karena pemain Pokemon yang nggak hati-hati. Karena terlalu fokus memperhatikan layar ketika berjalan, nggak sedikit yang mengalami kecelakaan, terkilir, atau terjatuh di trotoar dan mengalami cedera.

Di Massachussets, pengemudi truk ini bikin kecelakaan dan macet gara-gara tiba-tiba menepi demi menangkap Pokemon. Jangan ditiru ya Mates! via http://cdn.universalfreepress.com/wp-content/uploads/2016/07/i-275-wreck-3.jpg.jpg

Di Pennsylvania, misalnya, ada remaja 15 tahun yang ditabrak mobil ketika ia menyebrangi jalan raya di jam sibuk. Seorang pengguna Reddit juga melaporkan keretakan di tulang metatarsal yang membutuhkan 2 bulan masa pemulihan karena tergelincir saat berusaha menangkap Pokemon. Serem juga ya, Mates?

Perlu Nggak Ikutan Main Pokemon?

Pingin main Pokemon sih, tapi takut gosong :( via https://pics.onsizzle.com/have-to-wait-until-sundown-to-play-pokemon-go-becauseidont-3034396.png

Pokemon Go emang asyik banget buat nambah kenalan dan jalan-jalan ke tempat-tempat baru demi nangkepin monster-monster menggemaskan itu. Tapi, jangan lupa keselamatan ya, Mates. Inget himbauan Polri, Jangan sampai bermain sambil mengemudi. Jangan sampai sedang mengemudi berhenti mendadak karena ada pokemon di pinggir jalan. Jangan sampai masyarakat terlalu asyik bermain game Pokemon Go, sehingga menjadi petaka.”

Jangan ya, Mates, via https://i.imgflip.com/173gk9.jpg

Kepolisian San Fransisco juga meluncurkan seruan yang cukup mengena mengenai permainan augmented reality ini. “Ketika kamu bertarung, berlatih, dan menangkap Pokemon-mu, ingat bahwa kamu masih berada di dunia nyata!”

Augmented reality bikin kamu kayak benar-benar berasa di dunia monster via http://assets.kompas.com/data/photo/2016/07/14/1958096Pokemon101468500102-preview780x390.jpg

Apakah kamu juga salah satu Pokemon Trainer, Mates?

Leave a Comment

  1 Comment

Comment