Karena Bekal Akademis Aja Nggak Cukup Buat Sarjana Baru, Ini Skill yang Harus Kamu Kuasai Juga



hathaway33333.jpg
Photo by http://www.ultimatemovierankings.com

Baru lulus, nih! Kini saatnya kamu ‘dilempar’ ke realita, belajar menghidupi diri sendiri dengan usaha sendiri. Tapi, nyari kerja itu nggak cukup modal kemampuan akademis loh, Mates. Banyak perusahaan yang nggak cuma mentingin kemampuan-kemampuan akademis doang, tapi juga skill yang bakal banyak banget dipakai waktu bekerja. Soalnya, orang yang pinter aja udah banyak, Mates. Tapi orang yang pinter dan bisa bekerja dengan baik, itu yang masih langka.

Perlu lebih dari gelar akademis buat dapetin kerjaan impianmu via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/

1. Pinter berkomunikasi

Komunikasi bukan hanya masalah menyampaikan pendapat atau bertukar informasi saja lho. Waktu kamu melamar ke sebuah perusahaan, mereka bakal berharap kamu bisa menulis laporan yang terorganisir dengan baik dan lihai tanpa kesalahan tata bahasa, plus tanpa harus diajarin berulang kali.

2. Luwes Pegang Teknologi

Di tahun dua ribu belasan ini, apa sih yang tidak menggunakan teknologi? Bisa dibilang, kini teknologi sudah sangat terintegrasi dan menjadi bagian penting dalam hidup kita ya, Mates. Bahkan untuk orang-orang yang tidak langsung berurusan dengan masalah teknis dan pemrograman, mengoperasikan komputer adalah kemampuan yang sangat esensial. Mahir memainkan teknologi bakal jadi poin plus besar buat kamu di kantor baru.

Mana yang error Mbak? Sini saya benerin... via http://www.creativebloq.com/

3. Kepemimpinan

Masih ingat program latihan dasar kepemimpinan yang sering diadakan sewaktu SMP, SMA, dan kuliah dulu, Mates? Ya, kemampuan leadership dianggap penting sewaktu menilai kualitas seorang calon karyawan, makanya tunjukkan kalau kamu punya kemampuan memimpin yang oke.

4. Teamwork

Nggak usah diragukan lagi, kemampuan buat bekerja sama dalam tim adalah salah satu syarat dasar yang dicari dimana-mana. Mulai dari lowongan manajer di perusahaan top hingga pramusaji di kedai-kedai lokal. Karena yang namanya bekerja itu nggak sendirian. Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawannya bisa menjadi bagian produktif di dalam tim, bisa berbaur, beradaptasi, memenuhi deadline, dan mau bekerja sama demi kelancaran pekerjaan meskipun itu bukan tugas aslinya. Kamu bisa nggak tuh, Mates?

5. Kemandirian

Nggak ada yang lebih keren dari karyawan yang smart dan mandiri. Makanya, sebagai lulusan baru, kamu bakal ‘kelihatan banget’ waktu bisa bergerak sendiri meskipun tanpa bimbingan manajer/ supervisor. Bakal ada banyak waktu dimana kamu dituntut untuk mandiri dalam menyelesaikan tugas dan mengambil inisiatif.

Aw. Makanya kamu kudu bisa ngapa-ngapain sendiri via http://www.hercampus.com/

6. Mampu Menyesuaikan Diri dengan Cepat

Mampu beradaptasi nggak cuma berarti mampu berhadapan dengan berbagai jenis rekan dan klien saja lho, Mates. Tapi, itu artinya kamu juga bisa saat sewaktu-waktu diminta menulis memo kerja tradisional serta pesan instan di waktu yang sama, menjadi pemimpin sekaligus pemain tim, dan sejenisnya. Kemampuan fleksibilitas yang tinggi juga bakal sangat berguna, apalagi kemampuan ini bsangat dibutuhkan saat sewaktu-waktu kamu dihadapkan dengan krisis di perusahaan, seperti pergantian pemimpin, perubahan prioritas, dan sebagainya.

 

Jadi, skill mana yang udah kamu kuasain, Mates?

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment