Belajar Itu Nggak Pernah Membuatmu Rugi! 5 Kegiatan Akademik Ini Bisa Bikin Kamu Jalan-Jalan Ke Luar Negeri (1)



study-abroad-banner.jpg
Photo by http://www.hccs.edu/media/houston-commun

“The world is a book, and he who doesn’t travel only reads one page.” – St. Augustine

Yup. Seperti yang dikatakan dengan bijak oleh kakek Santo Augustine, kamu belum mendapatkan sepenuh-penuhnya ilmu kalau belum melihat dunia. So, what are you waiting for, Mates? Kejar lembaran-lembaran ilmumu yang tersembunyi di balik lipatan dunia. Nggak usah khawatir sama masalah biaya. Karena, di hari yang makin global ini, kita terberkati dengan banyaknya kesempatan-kesempatan beasiswa dan bantuan foundation yang banyak banget tersebar di sekeliling kita. Dan kesempatan itu nggak cuma berupa beasiswa pendidikan tinggi aja, lho. Nih, My Study World udah rangkum buat kamu!

Foundation

Program ini nganterin kakak-kakak kita belajar di Harvard via http://www.rajawalifoundation.org/public/IMG_8524.JPG

Meskipun bukan satu-satunya, Rajawali Foundation menjadi salah satu contoh foundation dalam negeri yang akan mengantarkanmu ke luar negeri. Apakah kamu sudah pernah mendengarnya, Mates? Program ini diciptakan khusus untuk mengirimkan putra-putri Indonesia untuk belajar di Harvard Kennedy School of Government. Wuih! Prestisius banget nggak tuh, Mates? Yup, anak-anak Indonesia dharapkan bisa mendalami ilmu kebijakan publik dan pemerintahan untuk memperbaiki negara kita. Sedap.

Beasiswa Sarjana

Kakak ini kuliah di Swiss via http://indonesiamengglobal.com/

Ini nih, beasiswa yang paling umum dan paling banyak diberikan. Saking banyaknya, kamu tinggal memilih mau belajar di negara mana lho Mates. Soalnya, banyak lembaga pemerintahan resmi dan kementrian asing yang mengucurkan beasiswa sarjana S1 hingga S3 seperti ini, termasuk pemerintah kita sendiri. Mulai dari beasiswa LPDP yang diberikan oleh Kementrian Keuangan Indonesia, Monbukagakusho yang didanai oleh pemerintah Jepang, Fulbright dari pemerintah Amerika Serikat, Chavening Awards dari pemerintah Inggris, atau Australia Awards dari pemerintah Australia. Itu masih sebagian kecil banget, sob! Selain itu masih banyaaaak banget. Makanya, jangan males-males nyari ya, Mates.

Short Courses

Anak lain boleh Main Sebentar. Kamu? Kamu bisa lebih keren dengan Belajar Sebentar di negeri seberang via http://swisseducation.co.id/

Kalau kamu masih sekolah atau bekerja tapi tetep ingin belajar di luar negeri tanpa berlama-lama meninggalkan kegiatanmu saat ini, short courses atau kursus jangka pendek adalah jawabannya. Kadang, program ini ada yang berbayar, tapi banyak juga kok yang dibantu dengan beasiswa. Biasanya, short courses ini berdurasi dari 2 minggu hingga 3 bulan. Beberapa lembaga beasiswa yang mendukung program short course adalah Study of the U.S. Institutes for Student Leaders on Religious Pluralism and Democracy (SUSI RPA), StuNed dari Belanda, beasiswa untuk pendiri start-up business dari Australia Awards, Asean inToday’s World dari lembaga Asean, dan masih banyak lagi.

Fellowship

Siapa tau kamu bisa dapet fellowship ke New Zealand, hoho. via http://resources1.news.com.au/

Bukan, bukan Fellowship of  The Ring-nya The Lord of The Rings ya Mates. Fellowship yang ini adalah program tingkat pascasarjana yang diberikan ketika penerima sedang atau telah melaksanakan studinya. Program ini bertujuan untuk mengembangkan professionalisme para professional muda. Kalau kamu merasa termasuk diantaranya, kamu bisa mencoba Netherlands Fellowship Programme dari Belanda atau Endeavor Scholarship and Fellowship dari Australia.

Ini masih belom seluruhnya lho, Mates. Masih banyak acara belajar sambil melihat dunia lain yang bisa kamu ikuti. Makanya, pantengin terus My Study World, ya!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment