Belajar Itu Nggak Pernah Membuatmu Rugi! 5 Kegiatan Akademik Ini Bisa Bikin Kamu Jalan-Jalan Ke Luar Negeri (2)



Student_in_Barcelona.jpg
Photo by http://www.hccs.edu/

Udah bukan jamannya memendam keinginan buat melihat dunia. Yup, kalau kamu ngkutin artikel My Study World kemarin, kamu akan sadar bahwa banyak banget kesempatan melanglang buana sambil belajar dari besiswa-beasiswa yang beredar minta diambil. Iya, seperti kata kak Ahmad Fuadi, penerima 10 macam beasiswa, beasiswa itu banyak! Tinggal siapa yang mau maju dan berusaha aja yang dapat. Nah, kalau kemarin kita udah bahas beasiswa sarjana, fellowship, shortcourses, dan foundation, kali ini kita bakal bahas beasiswa pertukaran pelajar, magang, dan symposium/ conference.

Pertukaran Pelajar

Belajar selama beberapa bulan di luar negeri via http://blog.sukawu.com/

Student exchange alias pertukaran pelajar ini sebenarnya bukan barang baru. Beberapa program pertukaran ini memang memerlukan dana pribadi. Tapi, kalau biaya menjadi masalah kamu, ada banyak program student exchange yang gratis kok, Mates! Program pertukaran pelajar ini biasanya dilangsungkan selama sebulan hingga satu semester

Terkadang, kamu akan dikirim ke negara penyelenggara program tersebut. Misalnya aja nih, Ship for Southeast Asian Youth Programme (SSEAYP) yang bakal bertempat di negara-negara ASEAN, Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (MEP) di Australia, Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study Program (YES) dan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) di Amerika, Encompass Trust di Inggris, atau Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP) di Korea Selatan.

Percaya deh Mates, yang My Study World sebutin tadi baru sebagian kecil program pertukaran pelajar yang ada di Indonesia. Makanya, selama kamu masih jadi pelajar dan mampu memenuhi persyaratan, jangan males-males cari informasi, ya! Soalnya, kebanyakan program-program semacam ini hanya berlaku buat pelajar berumur 15-19 tahun atau yang masih menempuh pendidikan universitas aja.

Magang

Magang di google, gimana ya rasanya? via www.youtube.com

Menjajal pekerjaan di negeri orang emang sering bikin keder duluan. Gimana enggak, kamu bakal mengerjakan sebuah tanggung jawab di perusahaan asing, dengan bahasa yang asing, dengan kultur yang juga masih baru bagimu. Tapi jangan salah, pengalaman magang di luar negeri kayak gini bakal nge-boost citramu banget setelah lulus, Mates! Meskipun nggak sebanyak program student exchange, program kayak gini bisa kamu dapatkan dari AIESEC Global Internship Program, AuPair, atau program magang luar negeri yang diadakan oleh DISNAKERTRANS. Lamanya masa program magang ini beragam, mulai dari 8 minggu hingga 1 tahun.

Ikut Konferensi Internasional

Coba deh sekali-kali ikut international conference biar kamu bisa kenalan sama temen-temen di seluruh dunia via http://rage.com.my/

Seperti halnya student exchange, event konferensi internasional ini banyak banget bertebaran di mana-mana, Mates. Biasanya, konferensi ini akan memilih suatu topik dan kamu akan diminta untuk mengirimkan esai atau contoh tulisan agar terseleksi sebagai salah satu peserta konferensi. Acaranya pun biasanya berlangsung relative singkat, sekitar 2 hingga 3 hari, dimana kamu akan melakuan diskusi panel dan mengikuti seminar yang diadakan oleh konferensi tersebut. Terkadang, konferensi internasional semacam ini memang mensyaratkan biaya pendaftaran dan tidak menanggung biaya akomodasi, tapi kamu bisa mencari bantuan dana dari sponsor atau lembaga-lembaga pengembangan pelajar Indonesia.

Too school for school? Nah, you can be the coolest kid on the block dengan ngikutin acara-acara akademis sampai ke luar negeri seperti ini, Mates!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment