Karena Kuliah ke Luar Negeri Bukan Cuma Angan, Ini Kesempatan Beasiswa yang Bisa Kamu Dapatkan



international-student-scholarship.jpg
Photo by https://www.scholarshipgrab.com/

Jaman sekarang, kuliah di luar negeri bukan lagi sebatas mimpi! Masih terbentur masalah biaya? Yakali, Mates, ada yang namanya beasiswa. Dan asal kamu tau aja Mates, beasiswa yang hadir di Indonesia itu nggak cuma 1-2 aja, lho. Ada banyaaak banget beasiswa yang bisa kamu kejar, asal rajin nyarinya. Ada beasiswa yang berasal dari pemerintah negara (baik dalam negeri maupun luar negeri), dari organisasi swasta maupun internasional, atau yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan secara mandiri.

Kali ini, My Study World bakal ngenalin kamu ke beasiswa-beasiswa pemerintah (dalam dan luar negeri) yang masih relatif mudah buat dikejar. Udah gitu, dengan mendapatkan beasiswa-beasiswa ini, kamu nggak hanya bisa kuliah di luar negeri gratis, tapi juga ngantongin uang saku dan tiket PP dari beasiswa tersebut. Baik banget, ya? Iya, makanya coba deh kepoin 7 beasiswa kuliah di luar negeri paling populer berikut.

Beasiswa LPDP


beasiswa LPDP yang lagi populer banget belakangan via http://www.agenpendidikan123.com/wp-content/uploads/2015/12/beasiswa-lpdp-s2.jpg

Hari gini, siapa sih yang nggak tahu LPDP? Beasiswa LPDP ini mungkin salah satu beasiswa keluaran pemerintah Indonesia yang paling terkenal, meski baru beberapa tahun berjalan. Beasiswa ini berasal dari dana abadi APBN, yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Ada 5 jenis beasiswa yang diberikan oleh LPDP, yaitu Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Pendidikan Dokter, Spesialis, dan Presidential Scholarship. Nggak seperti lembaga-lembaga lain, LPDP nggak memberikan batasan kuota buat penerimanya. Iya, selama kamu memenuhi persyaratan dan lolos seleksi, pasti bakal diterima! Sebagai awardee LPDP, kamu juga nggak usah pusing-pusing cari freelance atau kerja sambilan selama kuliah disana. Soalnya, LPDP akan membiayai seluruh biaya kuliahmu, menanggung biaya keberangkatan, biaya penelitian thesis/ disertasi, buku-buku kuliah, serta biaya hidupmu selama tinggal disana.

Beasiswa Fulbright

Kesempatan kuliah ke Amerika terbuka lebar dengan Fulbright scholarship, beasiswa dari pemerintah USA via https://img.okezone.com/content/2014/10/09/65/1050259/1Dr4IWDdli.jpg

Jika kamu ingin melanjutkan kuliahmu di kampus-kampus ternama di Amerika, beasiswa Fulbright bisa menjadi pilihanmu. Beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat yang di Indonesia dikelola oleh AMINEF ini ditawarkan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 atau S3. Sama seperti LPDP, ada beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan oleh Fullbright, yaitu Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program yang bekerja sama dengan lembaga riset DIKTI, Fulbright Presidential Scholarship, dan Fulbright-Freeport Master’s Degree Program.

Beasiswa Chavening

Kuliah di Inggris gratis dengan beasiswa Chavening Awards via www.indbeasiswa.com

Kalau kamu lebih tertarik untuk sekolah di tanah Inggris Raya dibandingkan Amerika, beasiswa Chavening adalah opsi yang harus dicoba. Beasiswa yang turun dari pemerintah Inggris ini sudah dibuka sejak tahun 1983 hingga sekarang kepada 116 negara di dunia. Setiap tahunnya, beasiswa ini memberikan kesempatan pada 700 mahasiswa terbaik untuk menempuh pendidikan di kampus-kampus unggulan Inggris, dimana pendanaannya berasal dari Foreign and Commonwealth Office (FCO) Inggris.

Beasiswa Australia Awards

Beasiswa pemerintah Australia via http://international.curtin.edu.au/wp-content/uploads/sites/5/2015/05/australian-awards-Logo.jpg

Ditujukan khusus untuk negara-negara berkembang, beasiswa yang berasal dari pemerintah Australia ini menawarkan kesempatan melanjutkan kuliah ke jenjang S2 dan S3 kepada para mahasiswa yang berasal dari Indonesia, Asia Selatan, Asia Timur, Papua Nugini, Amerika Latin, Pasifik, dan Afrika Utara. Kamu bisa memilih universitas-universitas di Australia (pastinya!) yang telah disediakan oleh Australia Awards. Nggak usah khawatir kalau bahasa inggrismu belum jago, karena beasiswa ini juga memberikan fasilitas berupa pelatihan bahasa inggris buatmu. Kurang apalagi, coba?

Beasiswa Erasmus

Berkelana di Eropa dengan beasiswa Erasmus via https://img.okezone.com/content/2014/10/09/65/1050262/7xGaTYJ2fQ.jpg

Mates, udah tau kan kalau kamu bisa keliling Eropa on super low budget dengan naik kereta antar Eropa? Sekarang, kamu bisa belajar sekaligus travelling dengan adanya beasiswa Erasmus dari dana hibah Uni Eropa. Kucuran dana dari beasiswa ini lumayan gede, karena berasal dari konsorsium negara-negara yang tergabung di Uni Eropa. Semua mahasiswa yang sudah menamatkan S1 dari negara-negara di luar Uni Eropa bisa mendaftar, lho, termasuk juga kamu.

Beasiswa Monbukagakusho

Belajar di negeri sakura dengan beasiswa Monbukagakusho via https://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/05/04/144/997080/pendaftaran-beasiswa-monbukagakusho-2016-dibuka-BCR.jpg

Pingin belajar sambil menikmati hanami dan menjilat es krim kacang merah yang enak? Pengalaman belajar di Jepang terbuka banget melalui uluran beasiswa Monbukagakusho lho, Mates. Beasiswa pemerintah Jepang ini berasal dari beberapa kementrian Jepang, yaitu kementrian pendidikan, olahraga, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Ketika mendapatkan beasiswa Monbukagakusho, kamu akan dibebaskan dari biaya masuk universitas dan SPP 100%, mendapat tiket pesawat PP dari Indonesia ke Jepang gratis, uang saku sebesar ¥143 ,000 per bulan, dan bebas dari ujian masuk ke universitas yang menerimamu.

DAAD

Tau nggak, kalau Berlin termasuk salah satu kota pelajar terbaik di dunia? Bakal makin asik kalau kamu menikmati kuliah dengan beasiswa DAAD! via http://www.favortimes.com/wp-content/uploads/2016/05/daad.png

Deutscher Akademischer Austausch Dienst atau yang lebih dikenal dari DAAD, adalah salah satu program beasiswa yang bisa kamu pilih kalau kamu ingin menempuh S2 atau S3 di Jerman. Beasiswa yang didanai oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman ini bahkan membolehkanmu menerima beasiswa dari lembaga lain, lho. Duh, seneng banget deh. Selain itu, seperti beasiswa-beasiswa sebelumnya, kamu juga bakal mendapatkan tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, kecelakaan, dan pribadi, dan tiket PP Jerman-Indonesia.

 

Pintu menuju pendidikan berkualitas udah banyak banget yang terbuka, Mates! Tinggal kamunya aja nih, udah siap berjuang untuk mendapatkannya belum? Dengan setangkup usaha dan sebongkah doa, segalanya akan menjadi bisa, kok. Ssst, kalau masih penasaran dengan informasi lengkap beasiswa-beasiswa diatas, pantengin website kita terus, ya. Karena My Study World bakal bahas abis-abisan mengenai beasiswa-beasiswa tersebut secara bergantian.

 

Leave a Comment

  0 Comment