Rich Chigga, Pemuda 16 Tahun Asal Indonesia Yang Menjadi Rapper Internasional



screen-shot-2016-07-14-at-1-35-38-pm.png
Photo by google.com

Brian Imanuel atau yang biasa dikenal dengan nama sebutan Rich Chigga adalah bocah asal Indonesia yang sempat menggetarkan dunia rap diseluruh dunia pada bulan Maret kamerin. Hal ini disebabkan karena Brian mengunggah video musik di Youtube yang berjudul “Dat $tick”. Awalnya lagu yang bertemakan “gangsta” tersebut dikira orang adalah lagu artis lain yang di-cover oleh Brian, tapi ternyata tidak. Lagu yang cukup sensasional tersebut ternyata ciptaan Brian sendiri.  Bahasa Inggris Brian yang terbilang oke membuat masyarakat berfikir jika Brian adalah anak asal Eropa atau kelahiran luar negeri, tapi ternyata lagi-lagi dugaan orang salah. Pemuda yang masih berusia 16 tahun tersebut merupakan asli produk Indonesia.

Dat $tick

menggunakan polo shirt berwarna pink, celana pendek cokelat dan tas pinggang Reebok. http://i5.asn.im/posted-on-shock-mansion-_xfke.jpg

 

Jika kamu adalah seseorang yang hobi buka Youtube, pasti kamu pernah mendengar atau sekedar melihat lagu “Dat $tick” yang muncul di rekomendasi playlist Youtube kamu. Ya, “Dat $tick” adalah musik rap unik yang diciptakaan dan diaransemen oleh Brian Imanuel. Ketika kita mendengarkan instrumen musik “Dat $tick” pasti kita akan berfikir jika penyanyi dari lagu ini adalah orang asal luar negeri. Tapi ternyata Rich Chigga pelakunya, ya dia adalah penyanyinya. Dengan penggunaan terminologi "gangsta" dan campuran musik hip hop dan rap membuat lagu ini mirip dengan lagu hip hop kelas internasional. Tidak sampai disitu, kemampuan Rich Chigga dalam nge-rap pun cukup diacungi jempol. Yang membuat “Dat $tick” menjadi perbincangaan banyak orang tidak hanya karena lagu yang easy listening, tetapi karena gaya dan karakter Rich Chigga yang sangat unik dan kuat. Dengan menggunakan polo shirt berwarna pink, celana pendek cokelat dan tas pinggang Reebok, bocah kecil ini bernanyi dengan seenak-enaknya. Dengan gaya bercandanya, Rich Chigga tidak terkesan sedang melawak, tetapi penonton tahu bahwa apa yang dipraktekan dia dalam video tersebut lucu, apalagi saat dia menyanyikan "Everytime i see a pig, i don't hesitate to kill 'em". Disitulah titik kejeniusan bocah ini. Maka jangan heran jika video “Dat $tick” menjadi viral dengan 600.000 views dalam waktu kurang dari tiga minggu.

Komentar Rapper Internasional

Komentar Rapper internasional. https://i.ytimg.com/vi/-KMBELyZ_sM/maxresdefault.jpg

 

Sensasi lagu “Dat $tick” tidak hanya sampai di telinga orang Indonesia. Penonton asal luar negeri pun ikut meramaikan dan mengomentari video tersebut. Lebih gilanya, 88Rising membuat video komentator dimana rapper internasional mengomentari video tersebut dan keahlian Rich Chigga dalam nge-rap. Sejumlah rapper asal AS seperti Ghostface Killah, Desiigner, Tory Lanez memuji lagu dan bakat nge-rap Rich Chigga. Bahkan Ghostface Killah mengatakan mau jika diminta menjadi produser dan me-remix lagu-lagu Rich Chigga. Wah, keren juga yah Mates. Dalam sebuah wawancara dengan Shinden App, Brian mengatakan dirinya sudah dikontrak oleh label rekaman yang menaungi rapper lain seperti Keith Ape dari Korea dan Father dari AS. "Saya sebenarnya tidak berbakat menulis lagu. Saya butuh waktu seminggu untuk menulis lagu," kata Brian kepada Shinden App. Yang paling sensasional adalah saat Group DJ, Yellow Claw ikut mengomentari video Brian dengan mem-post foto Brian dan memujinya di Instagram. Good Job, Brian!

We the Fest 2016

We the Fest 2016. https://scontent.cdninstagram.com/t51.2885-15/s640x640/sh0.08/e35/13187994_813575115442807_1999033265_n.jpg?ig_cache_key=MTI1OTM2Mzg0NzM0OTAwMjQwMA==.2

Kualitas rap Brian semakin diakui dengan tampilnya dia dalam acara musik seni yang diadakan oleh Ismaya Live, We the Fest. We the Fest atau yang biasa di sebut WTF adalah panggung seni yang menundang sejumlah artis pop, hip hop, indie baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di WTF tahun ini Macklmore dan sejumlah artis papan atas lain tampil. Hebatnya, Rich Chigga ikut meramaikan dengan tampil pada tanggal 13 Agustus dari jam 3 hingga jam 4 sore. Hal ini merupakan sebuat aktualisasi bagi Rich Chigga, mengingat WTF bukanlah event sembarangan. Adik Sonia Erika ini ikut meramaikan WTF 2016 dengan menyanyikan lagu andalannya, “Dat $tick”. Di puncak acara WTF 2016 Rich Chigga pun ikut berjoget satu panggung dengan Macklmore.

Sebagai sesama anggota Negara Indonesia, harusnya sih kita bangga dan mendukung karya musik Rich Chigga. Karena apa yang dilakukannya kepada industri musik Indonesia cukup memberikan warna yang berbeda. Bukan mencela atau menghina karya orang lain yah, Mates. Karena kita pun belum tentu bisa sehebat dia. Semoga saja anak 16 tahun ini bisa terus sukses dan ikut mengharumkan nama Negara kita. Good Luck Chigga!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment