Patriotis Sedikit, Yuk! Menyambut Kemerdekaan, Ini 7 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Indonesia



Republik_Indonesia_by_pistonbroke.jpg
Photo by photobucket.com/user/yoga_hart

Besok tujuh belasan! Disana sini, tema kepatriotan digaungkan. Seluruh tempat, mulai dari jalanan kampong hingga kafe dan mall, berlomba-lomba berhias diri dengan warna merah dan putih. Tapi, apakah tujuh belasan hanya sekedar merayakan kemerdekaan saja? Sebenernya, apa sih esensi kemerdekaan?

Sadar nggak sih Mates, kalau dengan kemerdekaan yang udah diperjuangin susah payah sama pahlawan-pahlawan kita (yang, sedihnya, kini lebih sering diingat sebagai nama jalan) itulah yang bikin kamu sekarang bebas ngelakuin apa aja yang kamu mau. Kamu bebas mencuitkan isi hatimu di sosial media, kamu bebas selfie dimana aja, bebas upload vlog—dari yang bener sampai yang ngaco—, bisa mengenyam pendidikan tanpa harus dibeda-bedakan menurut golongan dan kasta, dan masih banyak lagi.

Lantas, apa yang bisa kamu lakukan buat merayakan kemerdakaan ini?

Ikutan karnaval tujuh belasan? Terus, apa yang bisa menjamin kalau patriotisme itu nggak menguap lagi setelah lomba-lomba usai?

“Ah, aku mah apa atuh, cuma rakyat biasa,” itu biasa dilontarkan sebagian besar dari kita saat ditanya, apa yang bisa kita lakukan untuk Indonesia. Ya, kita mungkin nggak punya kapasitas buat melakukan perubahan besar buat negara kita, tapi kita masih bisa melakukan bagian kita. It’s the smallest things that matter!

 

1. Being Environmental Friendly

Betah banget kan tinggal di Indonesia kalo lingkungannya bersih gini via www.dzargon.com

Berhenti buang sampah sembarangan mulai dari sekarang. Meski kantung kresek sudah nggak lagi dikenakan biaya sebesar 200 rupiah, kamu bisa meneruskan gaya hidup baik itu dengan memakai barang-barang ramah lingkungan. Tunjukan cintamu pada tanah air kita, literally!

2. Beli Produk-Produk Dalam Negeri

Sepatu buatan lokal yang kece-kece! via http://img2.bisnis.com/bandung/posts/

Stop buying smuggled good! My Study World ngerti kok, kalau banyak barang impor illegal yang dijual murah banget di situs-situs online smulailah beralih pada produk dalam negeri sendiri. Sekarang udah banyak kok, produsen barang lokal yang kualitas dan desainnya nggak kalah sama produk luar negeri. Mulai dari leather goods sampai makeup, semua udah hadir dengan mutu dan packaging yang kece banget. Termasuk juga pakai batik setiap jumat.

Cewek-cewek, cobain deh produk make up lokal yang sekarang udah banyak yang cute, elegan, dan berformulasi oke via http://imgcdn.femaledaily.com/

Dengan membeli produk lokal, itu artinya kamu juga mendukung perekonomian produsen lokal juga, Mates. Pada akhirnya, cashflow itu akan mengalir buat kesejahteraan masyarakat Indonesia juga. See? Little things matters.

3. Kenalin Budaya Indonesia ke Luar Negeri

Gado-gado, green salad with salty nut sauce lokal yang kudu banget dikenalin ke dunia internasional dengan clay model lucu ini via http://inginbisa.com/wp-content/uploads/2015/02/Replika-makanan-dari-clay2.jpg

Salah satu hal termudah buat menunjukkan rasa cintamu ke tanah air adalah dengan ngenalin budaya Indonesia ke dunia luar. Pas banget nih kalau kamu suka aktif ngikutin program-program pertukaran pelajar, dimana kamu punya kesempatan besar buat tuker-tukeran merchandise Indonesia atau nunjukin kebolehan kamu memperagakan tarian daerah.

Kamu yang masih tinggal di ‘dalem rumah’ pun punyak banyak cara buat ngenalin budaya kita, kok. Misalnya, bikin vlog tentang makanan-makanan khas Indonesia yang enak-enak, bikin karya yang nunjukin budaya kita, dan masih banyak lagi.

4. Bicara Hal-Hal Positif tentang Negara Kita

Ini di Indonesia lho via http://assets.kompas.com/data/photo/2014/12/29/0924380sunrisee-2780x390.jpg

Hari gini, masih aja nulis yang jelek-jelek tentang negara kita sendiri, Mates? Ayo dong, jangan cuma bisa nyinyir. Kalau kamu emang ada kritik, sampaikan aja dengan bahasa yang oke dan membangun ya, Mates. Udah nggak jamannya lagi provokasi sana sini di media sosial.

Good vibes only! Obolin keindahan alam Indonesia yang spektakuler, bicarain tokoh Indonesia yang kece-kece dan inspiratif. Ada banyak banget hal positif yang bisa kamu bahas dari Indonesia dan nularin rasa cinta air ke temen-temen di sekitarmu.

Well, kalau kamu emang nggak puas dengan gimana jalan pemerintahan kita, berarti kamu harus…

5. Vote

Iya! My Study World heran banget deh, masih ada aja orang yang skip alias golput alias nggak milih. Udah gitu, masih aja ngomel tentang kebijakan-kebijakan yang katanya nggak sesuai sama Indonesia. Every single voice counts. Jadi, manfaatin kesempatanmu buat memperbaiki Indonesia dengan milih leaders yang bener-bener cakap.

6. Bayar Pajak

Pajak adalah darah buat pemerintah kita. Pajak dipakai buat bikin jalan raya yang kamu lewati setiap hari, fasilitas umum yang tersedia dimana-mana, sampai buat bangun institusi publik. Kalau kamu masih belum bisa bayar pajak, kamu bisa ikutan…

7. Pengabdian

Mulai dari komunitas lokal sampai program mengajar ke pelosok daerah, ada banyak saluran yang bisa kamu manfaatkan buat berbagi ke sesama anak-anak Indonesia lainnya. Kamu bisa mengadakan penyuluhan melalui program pengabdian di kampusmu, berbagi ilmu teknologi terapan ke desa-desa, aktif di organisasi-organisasi sosial yang sekarang mulai menjamur, hingga mendaftar untuk menjadi relawan pengajar muda di sudut-sudut Indonesia yang terpencil. Atau sesimpel menyumbang buku ke perpustakaan mandiri buat anak-anak yang tidak mampu sekolah.

 

Gimana, Mates? Udah siap menyumbang kebaikan buat negara kita tercinta?

Leave a Comment

  0 Comment