Lupakan balap karung, 5 lomba ini bisa jadi refrensi saat 17 Agustusan



berbagai-lomba-di-perayaan-17-agustus.jpg
Photo by google.com / berbagai sumber

17 Agustus merupakan tanggal yang sangat istimewa bagi warga negara Indonesia, karena tanggal tersebut merupakan tanggal yang sangat bersejarah, yaitu proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sebagai bentuk rasa syukur dalam memeriahkan kemerdekaan, banyak warga menyelenggarakan lomba atau kompetisi, hal ini bertujuan sebagai salah satu bentuk untuk mengingat, menghargai dan belajar sebagaimana menjadi seseorang yang jujur dan juga sportif dalam memaknai kemerdekaan. Dan biasanya lomba-lomba yang di adakan adalah balap karung, panjat pinang.

Tapi, ada beberapa lomba yang gak melulu panjat pinang, dan balap karung, beberapa ide kreatif ini bisa di jadikan refrensi lomba 17 Agustus nanti.

Apa aja mates?

Jangan cuman lagu cinta-cintaan, lomba menghafal ldan tebak lagu nasional lebih seru mates!

Nyanyikan lagu daerah atau nasional saat 17-san!

Zaman sekarang kebanyakan anak-anak menyanyikan lagu cinta-cintaan, dan jarang banget yang mendengarkan lagu nasional, kamu bisa mengadakan lomba tebak lagu dan menghafal lagu nasional, selain melestarikan, dengan mengadakan lomba ini kita sebagai anak muda bisa mengenalkan nya kepada masyarakat.

Lomba membuat kartu pos bernuansakan Indonesia

Kartu pos jadi menarik nih!

Bosan dengan kartu pos yang gambarnya itu-itu saja? coba diadakan lomba membuat kartu pos dengan tema Indonesia, lomba ini bisa dikreasikan dengan animasi bahkan gambar real, masukan gambar pahlawan, lagu Indonesia juga peta pulau di Nusantara.

Lomba menghafal teks proklamasi & pancasila

Teks proklamasi

Pernah dengar berita masyarakat yang tidak hafal pancasila, mungkin karena hal ini bisa dijadikan inspirasi untuk membuat lomba menghafal pancasila dan teks proklamasi, selain dikenalkan sejak dini, dengan lomba tersebut masyarakat bisa lebih memahami arti sebuah kemerdekaan.

Lomba membuat gravity kemerdekaan

Graffity bisa jadi media kreatif loh

Daripada corat-coret gambar gak dijelas di dinding, bisa dikreasikan melalui lomba membuat gravity kemerdekaan, masukan unsur nusantara dan para pahlawan, lomba gravity bisa menajdi inspirasi anak muda dengan berkarya melalui seni. Keren!

Kreasikan pakaian adat menjadi karnaval meriah

Pakaian nasional Indonesia, Borobudur di ajang Miss Universe

Pakaian adat yang selama ini dikenal hanyalah kebaya, sanggul, dll,  di moment kemerdekaan seperti ini bisa dijadikan lomba kreasi baju adat menjadi lebih modern lagi, masukan unsur etnik dan juga modern menjadikan lomba pakaian ada jadi lebih istimewa.

Siap untuk ikut lomba 17-san? Merdeka!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment