10 Keajaiban Rice Cooker Buat Mahasiswa, Mau Makan Kayak di Rumah, Bisa!



Yong-MA-YMC111-c.JPG
Photo by www.bhinneka.com

Mau kamu kuliah di luar negeri atau luar kota saja, yang namanya rice cooker sepertinya sudah menjadi salah satu peranti wajib anak kos. Bener nggak, Mates? Nggak heran sih, soalnya rice cooker emang multi guna banget, sampai bisa jadi penolong anak kos yang kelaparan tapi pingin tetap hemat. Ngaku deh, siapa aja yang pernah ‘mendzolimi’ rice cooker di luar fungsi normalnya? Yuk, bahas keajaiban rice cooker satu-satu bersama My Study World!

 

1. Masak Nasi

Yuhuuu, masak nasi kuning pakai magic com via resepmembuatku.blogspot.com

Mulai dari yang awal dulu, ya. Fungsi utama rice cooker emang buat masak nasi. Cukup tuangkan beras dan air sesuai takaran, lalu klik tombol ‘cook’, beres deh. Ssst, kamu nggak hanya bisa memasak nasi putih aja di majic com, lho. Nasi kuning, nasi uduk, hingga bubur pun bisa!

Minggu pagi makan bubur enak juga, deh. Yum! via http://cdn.idntimes.com/content-images/post/20150820/11_masakbubur.jpg

2. Merebus air dan bahan-bahan lainnya

Ngerebus air aja bisa. Masukin telur, jadi deh telur rebus via caramemasaksederhana.blogspot.com

Ya, kalau bisa buat masak nasi, kenapa nggak bisa buat masak air? Sesederhana itu aja sih, Mates. Siapa tau kamu nggak punya kompor atau heater buat manasin air. Hanya saja, kamu perlu waktu lebih lama untuk menunggu air mendidih daripada memanaskan dengan heater. Ssst, kamu juga bisa merebus telur, tahu, sayur-sayuran, kentang, dan lainnya.

3. Masak Indomie dan Berbagai Pasta

Bikin mac and cheese ala cafe sendiri di kosan. Oh, mewah itu sesunggunya sederhana via http://cdn.idntimes.com/content-images/post/20150820/10_pastadiricecooker.jpg

Salah satu cooking hacks yang udah banyak dipraktekkan sama anak kos, masak mie instan pakai magic com! Logikanya, kalau mie aja bisa, berarti kamu juga bisa masak spaghetti, mac and cheese, sampai bihun dengan magic com, dong!

4. Ngukus masakan

Ngukus sayur pelengkap steak di kukusan via www.bhinneka.com

Waktu kamu beli magic com, kamu pasti mendapatkan informasi kalau magic com-mu bisa digunakan untuk mengukus di kemasan boksnya. Kamu bisa mengukus sayur atau menghangatkan lauk di tempat kukusan yang sudah disertakan dalam boks magic com­-mu.

5. Masak sup, sayur, semur

Nggak ada lagi alasan buat nggak makan sayur di kosan via https://penulisiseng.files.wordpress.com/2015/02/4-sayur-asem.jpg

Wadah magic com­ yang mirip dengan panci membuatnya memungkinkan buat memasak sayur-sayuran, Mates. Mulai dari sayur bayam sampai sup ceker ayam bisa kamu eksekusikan. Tinggal tunggu air rebusanmu mendidih, cemplung-cemplung, beres deh. Khusus buat sup dan kawan-kawannya, kamu mungkin perlu menumis bumbu halus di atas teflon magic com sebelum memasukkan air kaldu dan isian. Jangan lalapan atau pecel ayam terus. Sesekali, kamu harus makan sayur yang bergizi, Mates.

Kayak kakak ini nih, yang bikin sayur kari hanya dengan magic com. Masih mau alesan? via https://arumsha.files.wordpress.com/2015/05/2.png

6. Masak agar-agar

Camilan segar seperti ini hanya butuh 15 menitan buat dibikin via www.youtube.com

Pada dasarnya, agar-agar tidak berbeda bentuk dengan air rebusan. Ya nggak, Mates? Setelah merebus air, masukkan bubuk agar-agar. Tunggu hingga mendidih, lalu dinginkan. Kamu jadi punya dessert buat entar sore, deh. Praktis banget!

7. Bikin bolu kukus

Ini lho bukti kamu bisa bikin yang ena-ena di magic com. Ngiler! via dapurbundha.blogspot.com

Udah mulai tertantang buat masak yang rada susah? Magic com­-mu ternyata bisa digunakan buat membuat camilan sendiri. Bolu kukus, banana cake, hingga brownies, nggak mustahil dibikin dengan alat masak ajaib ini. Tuangkan adonan bolumu ke dalam loyang panci, lalu tekan tombol cook, tunggu hingga ia pindah ke mode warm, lalu ulangi siklus ini selama 3-6 kali sampai kue bolu/ browniesmu matang. Kamu juga bisa membuat kue kukus dengan meletakkan cetakan kukusan berisi adonan di dalam wadah kukusan yang sudah disediakan. Lumayan, buat camilan dan sarapan besok pagi.

8. Bikin Tumisan

Kakak ini bikin tumisan buncis dan wortel. Kalau kamu? via https://diankp.files.wordpress.com/2013/07/setelah-buncis-dan-wortel-dimasukkan.jpg

Sebelumnya, My Study World udah sempet singgung dikit tentang menumis bumbu halus di poin sebelumnya, kan? Yup, dengan mentega atau sedikit minyak, kamu bisa bikin tumisan buncis, jamur, kangkung, atau lainnya, Mates. Masukkan mentega/ minyak, lalu tutup magic com-mu dan tekan mode cook sebentar. Terkadang, tombol tersebut harus kamu ganjal dengan kertas agar tetap menyala di mode cook. Setelah mentegamu meleleh, masukkan bahan tumisanmu.

9. Goreng telur

Sarapan mata sapi pagi-pagi via udanggaloh.blogspot.com

Masih bermodalkan mentega dan kertas pengganjal tombol, menggoreng telur, kornet, sosis, nugget, sampai sarden pun dengan mudah bisa dilakoni. Mau telur ceplok, dadar, sampai acak pun nggak ada yang mustahil. Apa, kamu mau bikin pisang goreng? Gampiiil!

10. Bikin omelette atau pizza telur

Mau diisi daun bawang atau mie, terserah seleramu via vemale.com

Nggak usah panjang-panjang, dengan menggabungkan poin no 2 dan no 9, kamu udah bisa mendapatkan omelette lezat. Tambahkan potongan sosis sebagai topping, dan kamu bisa makan malam mewah hari ini.

Yak, itu tadi 10 masakan sederhana yang bisa kamu ciptakan di kosan hanya dengan modal magic com. Lumayan, biar gizimu nggak ngenes-ngenes banget, Mates. Saran My Study World, sih, rawat magic com-mu baik-baik ya. Lekas bersihkan setelah dipakai dan jangan pakai sendok buat memasak. Takutnya, lapisan teflon kamu bakal rusak. Pakai sendok kayu atau sodet plastik sebagai alat memasakmu.

Masih kurang? Nih, My Study World kasih bonus buat kamu:

 

11. Bakar roti

Lumayan dicamil pas hujan-hujan via https://ramesiamesin.com/wp-content/uploads/2016/07/roti-bakar-1.jpg

Roti yang gitu-gitu aja bikin gampang bosen! Bakar roti isimu di loyang magic com. Tetep, ganjal tombol cook dengan kertas agar rotimu bisa terbakar paripurna. Ingat, olesi kedua sisi rotimu dengan margarin sebelumnya ya,  agar tidak lengket ke loyang magic com-mu.

 

Happy cooking, Mates!

Leave a Comment

  0 Comment