Jajanan Jadul yang Berubah Jadi Jajanan Modern



kue-pancong.jpg
Photo by http://suaraumkm.com/assets/uploads/2016

Waktu kita masih kecil inget gak sama jajanan murah yang suka dibeli sama anak-anak dan rasanya enak? Kayak es potong, yang abang jualannya pake gerobak warna biru. Walaupun gak ada gambar es potongnya, tapi dari suara dan warna gerobaknya aja kita udah tau kalo itu jualan es potong. Banyak banget deh jajanan zaman dulu yang bikin kita kangen sama masa kecil dan sayangnya beberapa jananan tersebut udah punah alias gak ada lagi yang jualan, mungkin karena udah gak laku lagi. Tapi asiknya, beberapa jajanan yang rame peminat dikembangkan sama pelaku bisnis makanan zaman sekarang sehingga banyak makanan jadul yang berevolusi menjadi makanan modern dengan ala-ala topping kekinian. Jadi beragam makanan modern zaman sekarang sebenarnya cuma bentuk modifikasi baru atau revolusi dari makanan jadul. Mau tau makanan apa saja itu? Mari kita lihat.

KUE CUBIT

Kue cubit adalah makanan yang bentuknya bulat dan dimasak diatas loyang yang sudah ada cetakannya. Kalo dulu, topping yang digunakan di kue cubit itu biasanya hanya mesis, udah itu aja. Tapi sekarang kue cubit udah ‘beken’ loh, alias terkenal banget. Terkenalnya bukan karena topping mesis-nya, tapi karena topping yang unik seperti ovomaltine, cadburry, milo, marshmellow, toblerone dan masih banyak lagi. Hiasanya juga unik, bikin kita gemes minta dicubit!

Kue cubit jadul, topping-nya cuma mesis.

http://cdn.tmpo.co/data/2011/04/07/id_70994/70994_620.jpg

Kue cubit kekinian, topping-nya aneh-aneh tapi enak.

http://www.pulangkerja.com/wp-content/uploads/kue-cubit.png

 

MARTABAK

Sama halnya kayak kue cubit, martabak juga mengalami revolusi. Kalo dulu kita ke tempat jualan martabak, pasti rasa yang ditawarkan cuma empat yaitu martabak keju, kacang, cokelat, dan telur. Kalo pun ada rasa lain, itu jarang yang jual. Di tahun 2016 ini, martabak lagi eksis banget loh, karena bentuk barunya yang menyerupai pizza dengan ragam topping disetiap slice-nya. Ada rasa green tea, nutella, permen karet, dan banyak lagi. Tapi makannya jangan malam-malam yah mates, bahaya loh bisa-bisa timbangannya meledak.

Martabak jadul yang rasanya itu-itu aja.

http://www.martabakvanrose.com/images/martabakoriginal.JPG

Martabak kekinian bentuknya mirip pizza, ada slice-nya.

http://www.raparapa.com/wp-content/uploads/2015/11/martabak-manis.jpg

 

SURABI

Surabi jadul.

https://media.stamps.co.id/thumb/products/2014/2/5/serabi_size_440.jpg

Surabi kekinian dengan topping oreo dan ice cream, bikin ngiler.

https://foodciousdotcom.files.wordpress.com/2014/09/surabi-ice-cream-oreo.jpg

 

KUE RANGI

Kue Rangi merupakan salah satu makanan jadul yang terbuat dari tepung sagu, kelapa dan gula merah. Kue Rangi tempo dulu hanya berbumbukan tiga rasa tesebut, gak ada rasa lain. Paling kita cuma bisa minta ke abangnya gak usah pakai gula merah supaya rasanya original. Kue Rangi yang mulai berkembang sekarang banyak mengalami perubahan, terutama soal rasa. Bahannya tetap tepung sagu, tapi bumbunya gak menggunakan gula merah lagi, ada yang menggunakan bumbu green tea, stroberry, dan masih banyak lagi. Lucu banget gak sih?

Kue Rangi zaman dulu disirami gula merah.

http://www.bekasiurbancity.com/wp-content/uploads/2016/06/Kue-Rangi.jpg


Kue Rangi kekinian banyak rasa dan warnanya.

https://scontent.cdninstagram.com/t51.2885-15/s640x640/sh0.08/e35/13257074_1746401055627730_320374189_n.jpg?ig_cache_key=MTI2MjMxMjEwMzAyODE5OTExOA==.2.l

 

KUE PANCONG

Kue Pancong juga masuk dalam jajanan jadul yang berevolusi. Kue pancong ini dulu rame banget dijual di sekolah-sekolah, rasanya lembut dan manis. Dulu rasanya cuma ada empat, yaitu rasa pandan, keju, cokelat, dan kacang. Karna rasanya yang menarik, kue pancong di mix and match dengan ragam rasa dan topping. Salah satu tempat makan kue pancong yang terkenal adalah Pancong Bro. Di tempat makan ini kue pancong disirami rasa yang sangat beragam dan lezat. Ada rasa stroberry, cokelat, keju, green tea, dan masih banyak lagi. Duh, jadi laper yah ngebayanginnya.

 
Pancong tradisional manis rasa cokelat yang dijual di sekolah-sekolah dan pinggir jalan.
http://www.resepsedapku.com/wp-content/uploads/2016/01/Cara-Membuat-Kue-Pancong-Manis-Rasa-Kelapa.jpg


meleber semua bumbunya, sampe kue pancongnya gak keliatan.

https://scontent.cdninstagram.com/t51.2885-15/e15/11247743_359036660958685_445016816_n.jpg?ig_cache_key=OTg1OTE2NTM5MTU3NjEzOTcy.2

 

Gimana Mates udah liat? Menurut kamu apa lagi nih jajanan zaman dulu yang harus bervolusi supaya jadi kekinian kayak jajanan diatas? Menarik banget kan? Yuk kita terus kembangkan jajanan Indonesia!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment