Instagram Contek Snapchat?



Ilustrasi-Instagram-vs-Snapchat-1-690x377.jpg
Photo by http://osmorsa.com/wp-content/uploads/20

Apa yang telah dilakukan Instagram terhadap update terbarunya memang sungguh terlalu. Jika sebelumnya update Instagram fokus kepada tampilan, kini sosial media milik Kevin Systrom and Mike Krieger tersebut memberikan fitur baru yang beri nama Instagram stories. Fitur tersebut adalah layanan dimana tiap user dapat membuat video berdurasi 10 detik dengan menekan tombol kamera. Setelah video selesai dibuat, taraaa… video singkat tersebut akan muncul di timeline Instagram user dan dapat dilihat oleh teman-temannya. Video tersebut juga akan hilang setelah 24 jam, sehingga gak akan jadi sampah atau spam. Kamu juga gak bisa memberikan komentar terhadap stories teman kamu. Namun kamu bisa mengomentari sebuah stories dengan cara mengirimkan Instagram direct. Hm..  Kalo diingat-ingat fitur Instagram stories ini kok terasa gak asing yah Mates, mirip sama sosial media tetangga yang sekarang sedang naik daun juga. Siapa lagi kalo bukan Snapchat. Fitur Instagram stories ini membuat kredibilitas Insta dipernanyakan, karena banyak orang yang berpendapat bahwa Insta nyolong ide Snapchat dan berharap user Snapchat berpindah ke Insta semua. Tapi apakah dugaan itu benar?

KATA KEVIN INSTA TERINSPIRASI

Kevin Systrom (CEO Instagram) http://www.thejomblo.com/wp-content/uploads/2015/10/The-Successfull-of-Kevin-Systromthe-founder-of-Instagram.jpg

Jadi, mas Kevin Systrom (CEO Instagram) menyanggah tuduhan tersebut. Menurut mas Kevin Instagram bukan menyontek tetapi terinspirasi oleh Snapchat. Menurut Kevin gak ada yang salah dengan hal tersebut, karena itu merupakan hal yang biasa dalam dunia teknologi. “Ini bukan soal siapa yang pertama kali membuat sebuah inovasi, tapi bagaimana kamu menerapkan inovasi tersebut secara tepat ke dalam produk yang kamu miliki,” kata Kevin. Kevin juga memberikan contoh bahwa dalam dunia sosial media dan teknologi banyak terjadi inovasi dan hal tersebut tidak bisa dikatakan mencontek atau menjiplak. Misalnya, layanan email milik Gooogle yaitu gmail, peta maps digital milik Google Maps, dan smartphone Iphone.

Nyontek Mbak? https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2016/08/03/88676/412034-ig-vs-sc.jpg

Snapchat sendiri belum menunjukan adanya reaksi terhadap ‘ulah’ Instagram ini, atau mungkin aja mereka lagi berunding dan mecari akal agar tetap bertahan dipasaran walaupun fiturnya ‘dijiplak’ sama tetangga. Mungkin Instagram merasa bersalah atau gak enak kali yah sama Snapchat, ibaratkan aja kalo kamu punya teman dan kamu mencontek tugas teman kamu dengan basa-basi terinspirasi, pasti kamu merasa gak enak kan? Instagram pun demikian, mangkanya mas Kevin sang CEO memuji Snapchat karena sudah menginspirasi banyak orang “Mereka (Snapchat) seutuhnya pantas mendapatkan pujian ini,” ucap kevin dikutip dari TechCrunch. “Menjadi seorang inovator adalah sesuatu yang mengagumkan. Sebagaimana Instagram patut dipuji karena membawakan filter untuk dipakai penggunanya. Tapi ini bukan tentang siapa yang menemukan sesuatu. Ini soal sebuah format dan bagaimana cara Anda menghadirkannya kembali ke banyak orang dengan gaya Anda sendiri,” tambah Kevin.

SINDIRAN PEGAWAI SNAPCHAT

Walaupun belum memberikan statement resmi, sudah pasti internal team Snapchat merasa geram sama aksi Insta. Disaat karir Snapchat yang sedang meroket, terlihat jelas kalau Insta mungkin ingin menggerus atau mencuri perhatian snap user. Produk Desainer Snapchat Jack Brody menumpahkan kekesalannya dalam akun twitter-nya, Brody bilang :

Step 1: Open Snapchat, Step 2: Use Snapchat Stories instead, Step 3: uninstall Instagram https://t.co/yhEBAnDrXa

— Jack Brody (@jackdbrody) August 2, 2016

 

Gak hanya itu, Brody juga menganggap insta itu ibaratkan Melania Trump yang menyontek pidato Michelle Obama.

For their next act, @Instagram will be giving a 100% original speech, first written and performed by @MichelleObama in 2008

— Jack Brody (@jackdbrody) August 2, 2016

 

Duh mas Brody kayaknya geram banget nih.

Gimana Mates, apa kamu setuju dengan pernyataan Instagram? Apa mungkin Snapchat dirugikan dengan fitur baru tersebut? Kalo menurut kita sih sepertinya Instagram hanya kehabisan ide. Tapi gak apa-apa sih selama semua itu dilakukan dalam jalur yang masih sehat! Jadi pilih yang mana Insta atau Snap?

Leave a Comment

  0 Comment

Comment