Packing List: Apa Aja yang Harus Kamu Bawa Sebelum Kuliah di Luar Negeri



packing.jpg
Photo by https://www.kth.se/blogs/satu/files/2016

Jangan dikira pendidikan tinggimu hanya tersedia di ruang-ruang kelas saja. Bahkan sebelum memulai perjalanan pun, kamu sudah ditempa untuk belajar lebih tegas pada diri sendiri. Yup, berkemas! Menyortir dan menyeleksi, mengatur strategi agar hidupmu bisa ter-pak rapi di di dalam sebuah (atau dua) koper. Karena perjalanan mengatur hidupmu secara mandiri dimulai dari sini. Jadi, apa saja yang harus kamu muatkan sebagai bekal perjalanan?

Tentang Pakaian (Terutama: Pakaian Musim Dingin)

Ngaku deh, kamu udah ngebet pingin pake winter outfit yang kece-kece kayak gini, kan? via www.fennwoodhills.com

Kebanyakan kalender akademik di luar negeri dimulai di bulan September, dimana musim gugur tengah berjalan menyambut musim dingin yang segera tiba. Tiba-tiba saja kamu akan merasa butuh membeli coat tebal dan sweater-sweater panjang. Tapi yakinlah Mates, kalau kamu bisa menghemat uang dan ruang dengan membelinya di negara tujuan. Plus diskon yang bisa kamu dapetin kalau jeli dan beruntung. Tanpa harus membayar biaya impor, pajak, dan lain-lain.

Tentang Makanan

Sambal kemasan kayak gini lho, yang sering jadi obat kangen kampung halaman via http://cara.pro/wp-content/uploads/2015/08/cara-membuat-sambal-bajak-tahan-lama.jpg

Kamu pasti sudah mendengar, tentang para pelajar perantauan yang merindukan sambal dan masakan berempah habis-habisan. Kamu pun, mungkin akan tergoda untuk mengisi separuh koper dengan perbekalan. Tunggu dulu, makanan adalah urusan yang tricky. Cari tahu jenis makanan yang dilarang di bandara tujuanmu. Tenang, jika kamu tinggal di kota besar, kamu bisa mencari mi instan dan bumbu-bumbu di daerah China Town. Kamu bisa membawa sedikit mie dan beras untuk beberapa hari ke depan, selama kamu masih dalam masa penyesuaian.

Tentang Obat-Obatan

Bawa obat-obatan pribadi itu penting! Kalau perlu, bawa resep doktermu sekalian via http://guardianlv.com/wp-content/uploads/2013/10/medicine.png

Kemanapun kamu pergi, obat-obatan darurat harus selalu menyertaimu. Sesederhana minyak kayu putih untuk membantumu mengatasi terpaan musim dingin, misalnya. Apalagi, jika kamu memiliki penyakit khusus yang membutuhkan obat-obatan tertentu. Pastikan kamu membawa persediaan obat dan resep dokter untuk jaga-jaga di masa depan.

Tentang Dokumen

Kalau perlu, taruh di folder imut kayak gini, biar nggak kececeran dimana-mana via www.aliexpress.com

Paspor dan visa akan menjadi kitab sucimu selama di luar negeri. Satukan dokumen-dokumen penting seperti ijazah, transcript, translated documents, CV, materai, sertifikat TOEFL atau IELTS, KTP dan kartu identitas lainnya, dokumen beasisa, atau surat izin dari kantor. Satukan semua dokumen ini dalam sebuah folder agar kamu gampang mencarinya sewaktu-waktu.

Tentang Uang

Jangan nyimpen segebok duit di satu tempat begini via www.usatoday.com

Simpan uangmu di beberapa tempat terpisah. Dalam dompet yang kamu bawa di ransel/ tas tangan, sediakan beberapa lembar dollar atau mata uang local negara tujuan untuk keadaan darurat yang mengharuskan kamu bayar cash saat itu juga (bayar taksi bandara, misalnya).

Tentang Gadget

Universal adapter kayak gini, lho via www.aliexpress.com

Selain hp, laptop, hard disk eskternal, dan pernak-pernik laptop lainnya, My Study World saranin kamu bawa adaptor colokan universal deh, Mates. Kalau masih ada ruang di kopermu, kamu bisa menjejalkan mini rice cooker travel size yang bakal banyak membantumu di hari-hari kedepan. Baca keajaiban rice cooker buat mahasiswa disini (insert link here).

Tidak usah buru-buru ketika berkemas, karena itu juga termasuk dari proses pendewasaan. Jangan lupa juga, list semua bawaanmu di buku catatan. Jadi kamu bisa pastikan, tidak ada kebutuhanmu yang ketinggalan. Satu lagi, My Study World saranin, bawa beberapa pernak-pernik kecil khas Indonesia buat dituker-tukerin sama temen-temen Internasionalmu. Pasti mereka bakal seneng lho, Mates!

 

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment