Wow! Pemuda Indonesia Ini Punya 27 Gelar Akademik



welin-dan-ijazah2nya_fi.jpg
Photo by https://dreamindonesia.files.wordpress.c

Mates, bisa ngebayangin gak andaikan kamu bisa punya 27 gelar dibelakang nama kamu? Wah pasti gak mungkin banget kan? Tapi ternyata hal ini mungkin-mungkin aja buat Welin Kusuma. Welin Kusuma adalah pemuda Indonesia dari Makassar yangberusia 35 tahun, dia pertama kali kuliah di Universitas Surabaya pada tahun 1999, mengambil jurusan Teknik Industri. Beberapa lama kemudian, Welin berfikir kalo dia juga bisa memperluas ilmu nya dengan berkuliah ditempat lain. Akhirnya, pada tahun 2001 Welin mulai mencoba kuliah ditempat lain dalam waktu yang bersamaan, waduh sadis juga yah. Universitas yang dipilih STIE Urip Sumoharjo, Universitas Terbuka, Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, dan Universitas Kristen Petra. Semuanya dijalani dalam waktu yang bersamaan dengan jejang S1. Astaga Koko Welin, otaknya gak pusing apa yah?

Setelah lulus, Welin ternyata belum puas. Welin mengambil program megister S2 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (teknik industri) dan Universitas Airlangga (manajemen dan kenotariatan). Diluar pendidikan S1 dan S2, Welin mencoba pendidikan professional, yaitu pendidikan perencana keuangan, brand development, manajemen produk, konsultan pajak, sumber daya manusia, hingga akuntan. Waduh Mates, jujur aja yah, kuliah disatu universitas aja udah pusing apalagi kayak Welin. Kamu sendiri gimana Mates? Gelas S1 aja jungkir balik dapetinnya, apalagi sampai 27? Akhirnya pada tahum 2014, Welin mendapatkan penghargaan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peraih gelar multidisiplin terbanyak. Kalo difikir-fikir, Koko Welin sehari-hari makan apa ya?

http://careernews.id/timthumb.php?src=http://ecc.ft.ugm.ac.id/public/careernews/17/orig_11411355532_welin_720-420.jpg&h=233&w=400&zc=1

Lebih luar biasanya lagi, semua gelar tersebut diraih hanya dalam kurun waktu 15 tahun. Gila banget kan, satu gelar aja bisa sampe 5 tahun selesainnya gimana bisa yah 27 gelar cuma 15 tahun, ajaib banget nih. Belum sampai disitu kehebatannya, Welin juga meraih rekor MURI kedua karena, beberapa proses perkuliahan ia jalani dalam waktu bersamaan hingga dia menempuh 111 SKS dalam satu semester. Apa? 111 SKS satu semester? Welin ini bener-bener kolektor yah, kolektor gelar maksudnya.

Pertanyaannya adalah, dengan gelar sebanyak itu diberbagai bidang sebenarnya Welin ini kalo sudah besar mau jadi apa sih? Jawabannya sederhana, ternyata Welin punya cita-cita untuk membuat lemaga konsultan yang menguasai semua bidang. Bukan sekedar menguasai asal-asalan, tapi benar-benar menguasai secara akademik. Perjalanan prestasi Welin ini pun sudah dibukukan dengan judul 'Raih 20 Gelar dalam 13 Tahun'. Mates, bisa beli bukunya kalo penasaran.

http://img.bukabuku.net/product/0/f/0fc676f563c444e7f2a0754c4f8425eb.jpg

Mates, dari kisah Welin ini kita bisa belajar kalo di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Kalo Welin bisa kenapa kita engga? Bingunya, kalo mencatat nama Welin mungkin agak susah kali yah, karena namanya panjang kayak kereta api, jika digabungkan dengan semua 27 gelarnya, inilah nama Welin: Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos, SH, S.Kom, SS, SAP, S.Stat, S.Akt, S.Ikom, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA. Wah, Welin gak kebanyakan tuh? Minta satu dong boleh gak.

Berikut adalah institusi tempat Welin meraih gelar akademik:

A. Program Sarjana
1. Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) tahun 1999-2004 
2. Jurusan Manajemen di STIEUS tahun 2001-2008
3. Administrasi Bisnis di Universitas Terbuka tahun 2002-2005
4. Jurusan Hukum di Universitas Airlangga tahun 2002-2008
5. Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) tahun 2002-2012
6. Jurusan Sastra Inggris di Petra Christian University tahun 2003-2008
7. Administrasi Publik di Universitas Terbuka tahun 2005-2007
8. Jurusan Statistik di Universitas Terbuka tahun 2007-2011
9. Jurusan Akuntansi di Universitas Terbuka tahun 2012-2013
10. Jurusan Komunikasi di Universitas Terbuka tahun 2013-2015

B. Program Magister
1. Teknik Industri di ITS tahun 2004-2006
2. Jurusan Ilmu Manajemen di Unair tahun 2006-2011
3. Jurusan Kenotariatan di Unair tahun 2008-2010

C. Pendidikan Profesional
1. Registered Financial Planner di MM Unair & IFPI periode Mei 2005 - Oktober 2006
2. Certified Professional in Brand Development di Marketing Petra Christian University & Brand Knowledge Center periode Mei 2006 - Juni 2006
3. Certified Professional in Product Management di Marketing Petra Christian University & Brand Knowledge Center periode periode Agustus 2006 - Desember 2006
4. Certified Financial Planner di Financial Planning Standards Board periode Juni 2007 - September 2007
5. Certified Wealth Manager (Modul 1) di MM UGM & CWMA periode November 2007 - Desember 2007
6. Bersertifikat Konsultan Pajak (Brever B) Indonesian Tax Consultant Association periode Agustus 2008 - Juni 2013
7. Qualified Wealth Planner di IAFP Global periode Maret 2011 - Maret 2011
8. Certified Professional Human Resources di Quantum Quality International periode Juni 2012
9. Indonesia Certified Professional Marketer di Universitas Surabaya & IMA periode Februari 2012 - September 2012
10. Associate Estate Planning Practitioner di Estate Planning Practitioners Limited periode April 2013
11. Certified Behavioral Analyst di Quantum Quality International periode Juli 2013
12. Certified Management Accountant di The Institute of Certified Management Accountants (ICMA) Australia periode Juni 2014
13. Certified Professional Management Accountant di Institute of Management Accountants Indonesia (IAMI) periode Mei 2015
14. Certified International Business Analyst di Academy of Finance and Management Australia (AFMA) periode Juni 2015

Sumber: Ubaya.ac.id

 

Gimana Mates? Lihat gelarnya aja udah pusing, apa lagi belajarnya. Tapi gak apa-apa kalo Welin bisa kenapa kita enggak?

 

Leave a Comment

  0 Comment