College Hacks! 10 Hal Berguna Selama Kuliah yang Nggak Akan Kamu Pelajari di Kelas!



squirdword.jpg
Photo by pinterest.com

Halo Mates! Gimana kuliahnya? Lancar-lancar aja nggak, nih? Kuliah itu butuh kerja keras! Nggak cuma ngapalin pelajaran dan nyelesein tugas, tapi juga bertahan hidup di tengah kerasnya gempuran cobaan hidup. Ah elah. Nah, My Study World punya sedikit tips buat bikin college life-mu jadi sedikit lebih… ringan. Cek, yuk!

1. Suka ketuker-tuker buku catatan kuliah? Dengan menandainya memakai marker warna-warni, sekarang bukan masalah! Tas kuliahmu pun, bakal terlihat sedikit lebih ceria.

 

Nggak lagi salah bawa buku catetan via www.society19.com

2. Lagi SKS? Baca materi di malam hari emang bikin ngantuk banget! COba deh, taruh cemilan-cemilan kecil kayak gummy bear imut ini di setiap paragraf di textbook yang kamu baca. Sewaktu kamu udah baca paragraf selanjutnya, kamu boleh makan cemilan itu. Hooray! Reward buat diri sendiri!

Belajar sambil ngemil in a new higher level via www.society19.com/

3. My Study World, tau, ada beberapa orang yang lebih suka ngerekam dosen waktu nerangin daripada nyatet. Kamu bisa pakai aplikasi pengedit suara seperti Audacity buat ngilangin noise suara kelasmu dan ngatur suara dosenmu jadi lebih lambat atau lebih cepet.

via https://img.buzzfeed.com/buzzfeed-static/static/enhanced/webdr06/2013/8/13/14/enhanced-buzz-4071-1376418588-20.jpg?no-auto

4. Bikin IPK yang tinggi itu nggak mudah. Kamu yang masih di semester awal, ayo jangan males! Ini kesempatanmu buat bikin base IPK yang tinggi. Ibaratnya kayak bikin fondasi buat rumah gitu, lho. Kalau IPK-mu jatuh sekarang, bakal butuh usaha mati-matian buat memperbaikinya di semester-semester depan. Nggak mau kan, Mates?

Lempeng aja, tanya-tanya dan ngejawab di kelas, biar poinmu makin tinggi. Asal pertanyaanmu bermutu, yak. via http://www.collegemagazine.com/wp-content/uploads/2015/04/giphy-14.gif

5. Sering kehilangan bolpen? Puk puk, My Study World tau banget kok perasaanmu. Biar kamu nggak kehilangan bolpen lagi, ganti isi bolpoin merahmu dengan refill bolpoin bertinta hitam. Cause no one wants your crappy red pens, that’s why!

Kalau dipikir-pikir sih, pulpen merah emang lebih jarang hilang,, www.buzzfeed.com

4. Ngemil waktu ngerjain tugas emang paling nikmat. Buat bersihin remah-remah jajan yang rontok di keyboardmu, gunakan sisi lengketnya post-it buat ngangkat kotoran.

Nggak usah repot beli keyboard vacuum,, www.buzzfeed.com

5. Udah selese ngemil, tapi masih ada sisa? Biar keripikmu nggak melempem, tutup, gulung plastiknya, dan rapetin dengan di klip dengan bolpoin kayak gini. Hmmm, bisaaa.

Sayang kalo melempem via mashable.com

6. Telat bangun gara-gara nggak denger alarm dan akhirnya harus skip kelas adalah alasan klasik mahasiswa. Biar kamu nggak telat ke kelas pagimu lagi, masukkan smartphonemu ke dalem gelas kaca kayak gini. Dijamin, tetangga kamarmu juga bakal ikut bangun!

Sekarang kamu punya amplifier sendiri via img.buzzfeed.com

7. Ngomong-ngomong soal telat, sekalian aja bikin jadwal kelasmu jadi wallpaper smartphone kamu. Nggak ada lagi yang namanya nyasar kelas, lupa jadwal, dan 1001 alasan lainnya. Berguna banget buat maba-maba yang masih belum appal jadwal kuliah, nih.

Nggak ada lagi nyasar dan ketinggalan kelas via www.society19.com

8. Kerjasama itu penting, bro! Sebelum presentasi, bisikin temenmu yang berada di grup lain buat ngajuin pertanyaan yang kamu udah tau jawabannya waktu giliranmu presentasi nanti. Win-win! Temenmu dapet nilai, kamu dapet nilai, dosenmu senang karena mahasiswanya aktif.

Biar presentasinya lancar via www.buzzfeed.com

9. Kadang, yang bikin lama waktu nyusun slide presentasi tuh ngatur tampilannya. Kalo udah mepet, gunakan ‘font meme’ buat tulisan di slides-mu.

Hmm.. jadi presentasi rasa meme via https://img.buzzfeed.com/

10. Laptop overheating tapi belum sanggup beli fan laptop? Tenang, ada versi murahnya kok (kalau kamu beruntung, bahkan kamu nggak perlu bayar). Cari karton bekas telur and Voila! Laptopmu nggak akan meledak lagi.

Via www.society19.com

11. Gini lho, cara gulung kabel Macbook yang benar. In case kamu masih suka gulung asal-asalan dan bikin ruwet di dalem tas.

via http://mashable.com/

12. Kegunaan bolpoin yang terakhir: buat bikin bukumu tetep terbuka. Jadi kamu nggak perlu capek-capek megangin, dan tanganmu bisa dipakai buat hal-hal berguna lainnya. Mencatat, misalnya. Atau ngemil.

Via http://mashable.com/

Bukan anak kuliah namanya kalo nggak cerdik! Ya nggak, Mates?

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment