Ini dia sejarah dan filosofi baju toga wisuda



togawisuda.jpg
Photo by google.com / berbagai sumber

Mates, apa sih yang paling ditunggu-tunggu ketika kelulusan di bangku kuliah ? tentunya selain wisuda, foto bersama keluarga bahkan pacar, dan mengenakan jubah toga wisuda.

Prosesi sakral wisuda memang gak lengkap jika kita gak mengenakan jubah toga. Iya sih pakaian ini gak modis banget untuk acara resmi seperti ke undangan, pergi ke mall, ke kampus, bahkan saat ngedate.

Walaupun pakaian ini terlihat aneh, tapi akan ada rasa bangga ketika seseorang telah lulus sekolah atau perkuliahan memakai nya,  tapi tahu gak mates, asal-usul dan sejarah jubah toga wisuda? Darimana sih asalnya? Dan siapa desainernya ?

Berikut ulasannya mates!

Dikutip dari berbagai sumber, ternyata Toga berasal Toga dalam bahasa latin adalah tego yang berarti penutup dan berasal dari bangsa romawi. Toga merupakan pakaian kuno yang memiliki panjang -+ 20 meter saat digunakan, Pakaian ini digunakan oleh bangsa Etruskan yang hidup sekitar tahun 1200 M, bahan pakaian terbuat dari bahan kain wol, cara memakai nya pun cukup unik, yaitu kain yang panjang tersebut dililitkan ke badan pemakai, dan dikaitkan.

 

Baju toga pada zaman romawi kuno

Mates, Toga memang merupakan pakaian sehari-hari bangsa romawi, tapi gak melulu selalu digunakan setiap hari kok, mereka akan melepaskan pakaian toga ketika berada didalam ruangan, juga saat pergi bekerja. Namun toga tetap dijadikan pakaian yang pantas saat berada di luar ruangan, dan merupakan pakaian sehari-hari yang digunakan.

Waktu terus berjalan, dan jaman semakin berubah, walaupun kini toga tidak digunakan setiap hari, toga menjadi pakaian yang menunjukkan derajat seseorang dan kekuasaan, kini toga juga digunakan sebagai pakaian seremonial seperti misalnya wisuda, bentuknya pun berubah menjadi jubah hitam.

Selain toga, ada pula topi toga yang berbentuk kotak, topi ini memiliki filosofi yang mendalam, yaitu sebagai pemikiran seorang sarjana yang harus bisa berpikir luas, rasional, dan juga cerdas ketika kelulusannya.

Baju toga disalah satu universitas di Inggris (sumber: huffingtonpost.ca)

Namun, ada beberapa bentuk baju toga yang dimodifikasi dan digunakan, setiap universitas dan juga setiap wilayah negara memiliki desain berbeda dan khusus.

Di Thailand, baju toga berwarna putih (sumber : news thai, Peach Pachara Thai Actor)

Toga memiliki makna yang mendalam bagi para pemakainya, apalagi jika kamu sudah lulus kuliah dan memakai toga.

Gimana mates, jadi ingin kuliah, lulus dan memakai toga kan?

Leave a Comment

  1 Comment

1 Comment