Bukan Pendidikan Aja, Ini Lho yang Bisa Kamu Dapatkan Ketika Bersekolah Di Luar Negeri



study-abroad.jpg
Photo by www.ef.com

Kenapa sih kamu harus kuliah sampai ke luar negeri? Apakah sekolah di negeri sendiri nggak cukup bagus? Bukan, bukan itu, Mates. Dengan belajar di luar negeri, otomatis kamu bakal jauh dari orang tua, jauh dari negeri sendiri, dan bakal dikelilingi oleh orang-orang baru yang literally asing buatmu. Makanya, kamu bakal bisa memperoleh hal-hal yang nggak akan kamu dapatkan disini. Melatih mental, membuka pikiran, dan beradaptasi dengan kebudayaan baru cuma sebagian kecil dari apa yang akan kamu alami selama belajar di negeri seberang. 

Di Tanah yang Baru Bagimu, Kamu Akan Merasakan Kekayaan Budaya yang Nggak Ada Habisnya

Bisa menikmati bangunan lawas kayak gini setiap hari waktu mau jalan ke kampus via pinterest.com

Well, nggak cuma kekayaan alam lho, Mates. Kamu juga bisa melihat arsitektur-arsitektur megah dan khas yang kokoh menjulang di tanah perantauanmu. Apalagi, kalo kamu kuliah di negara-negara Eropa yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan lawas berusia ribuan tahun. There’s so many opportunities when you dare to say yes for every offer, Mates!

Selama nggak bertentangan dengan kepercayaanmu, tabrak aja setiap makanan lokal yang kamu temuin!

Ada temen kuliah lokal yang ngajakin kamu wisata kuliner daerahnya? Say yes! Ada yang ngajakin naik gunung? Cus! Mumpung kamu ada di sana, kamu bakal punya banyak banget kesempatan buat menjelajahi lipatan-lipatan terdalam negara host kamu. Dan percayalah, Mates, kamu nggak akan pernah menyesal.

Di Tempat yang Benar-Benar Asing, Fleksibilitas Membuatmu Bisa Mengenal Segalanya

When life get you lemons, make a lemon juice via memegenerator.net

Selama belajar di luar negeri, kamu bakal sering banget menemui hal-hal yang nggak bisa diprediksi. Bahkan bisa jadi, kamu nggak bisa memprediksi apa yang akan terjadi hari ini. Dan itu semua bakal menuntut fleksibilitas tingkat tinggi. Beberapa hal terbaik selama masa studimu di luar negeri kadang terjadi kala kamu naik metro salah jurusan atau nyasar di kota orang. Flexibility will turn strange events into memorable experiences. Setelah masa studimu usai pun, fleksibilitasmu yang udah terlatih pun bakal membuatmu jadi orang yang lebih nyantai dan gampang bermanuver waktu berhadapan dengan kejadian yang nggak menguntungkan.

Tanpa Keluarga Dekat untuk Dimintai Pertolongan, Penghematan Mengajarimu Untuk Tetap Bertahan

Yang ini buat beli ramen instan, yang ini nggak boleh diutak-atik biar bisa backpackeran keliling Eropa via 9gag.com

Berjauhan dengan keluarga artinya kamu nggak bisa minta uang saku tambahan sewaktu-waktu, meskipun kuliahmu dibiayai dengan dana ortu. Apalagi, buat kamu yang biaya hidupnya ditunjang dengan beasiswa. Harus benar-benar cerdas mengatur pengeluaran kalau tidak mau makan roti dengan air saja di akhir bulan (itu pun kalau rotinya masih ada, hiks). Kalau bisa, uang saku beasiswa masih bisa disisihkan untuk tur dan jalan-jalan keliling negara sekitar. Jadi jangan heran, kalau tiba-tiba kamu jadi bendahara handal selepas pendidikanmu di tanah seberang.

Karena Hidupmu Bergantung Pada Dirimu Sendiri, Pelan-Pelan Kamu Menjadi lebih Independen

#akukuat via geovisions.org

Datang dan ‘terdampar’ begtu saja di negara orang, kepada siapa kamu bisa bersandar? Tanpa banyak relasi dan kenalan, mau tidak mau kamu hanya dirimu sendiri yang bisa kamu andalkan. Kamu bakal ditempa buat jadi teges sama diri sendiri, luwes membawa diri di lingkungan yang benar-benar berbeda, meng-explore minat dan passion kamu secara mandiri, dan nggak bergantung pada orang lain. Kalau di kampung halaman kamu terbiasa minta antar teman kesana-kesini, Yakin deh, kamu akan lebih pede kemana-mana sendiri setelah ini. Your independency boost confidence, and Mates, believe us, it will totally sets you apart from the crowd.

Jaringan Pertemanmu Akan Makin Mengglobal; Begitu Pula Pola Pikirmu

Bisa sharing sama temen-temen dari berbagai belahan dunia via http://www.international-programs.com/

Ini salah satu keuntungan yang nggak akan kamu dapatkan ketika hanya berdiam di lingkaran aman; menjalin jalinan pertemanan global. Yup, berkuliah di negara asing otomatis bakal mempertemukanmu dengan berbagai orang dengan latar budaya berbeda. Apalagi, kalau kamu mengikuti program-program pertukaran pelajar atau konferensi yang melibatkan peserta dari beragam belahan dunia. Bertukar pikiran dengan teman-teman dari Eropa, Uzbekistan, Rusia, Jepang, dan lainnya bakal membuka khazanah wawasanmu. Asik.

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment