Video Games Nggak Selamanya Buang-Buang Waktu, Soundtracknya Bisa Jadi Temen Belajarmu



studying-with-music.jpg
Photo by psu.edu

Everybody loves music. Everybody has their own favourite music to accompany them in activities. Termasuk, belajar, bikin tugas, dan ngerjain hal-hal yang berhubungan sama tugas sekolah. Masalahnya cuma satu: terkadang, lagu-lagu favoritmu itu punya lirik yang justru mengganggu konsentrasimu. Apalagi kalau hapal liriknya. Mau ngerjain tanpa musik, garing juga. Mau ngerjain sambil dengerin lagu, malah ikutan nyanyi—tugasmu jadi makin lama selesainya. Serba salah, deh.

Mau bikin peer apa nyanyi? via giphy.com

Musik klasik emang jadi salah satu pilihan yang aman buat temen belajar. Tapi, nggak semua orang suka sama jenis musik yang satu ini. Beberapa diantaranya malah kebablasan ngantuk. Dan jangan salah, musik klasik juga banyak jenisnya. Mozart dan Beethoven, misalnya, malah suka membikin gubahan yang tiba-tiba mengentak dan ‘gonjreng’. Bisa-bisa, kamu malah kaget pas tengah-tengah belajar.

 

Jadi, gimana dong? Apa emang nggak mungkin belajar sambil ditemenin musik?

 

Ssst, ternyata kamu bisa nyobain belajar, ngerjain paper, ngitungin jurnal pembukuan, ngoding, or whatever it is dengan video game music. Iya, lagu-lagu yang biasanya jadi lagu latar game itu, lho. Lagunya ya, Mates. My Study World sih nggak nyaranin kamu bikin peer sambil ngegame, yang ada nggak kelar-kelar deh itu tugas.

Jadi, ternyata musik video games itu emang didesain khusus buat membantu pikiranmu fokus waktu nyelesein berbagai macam tasks rumit yang diberikan tanpa mendistraksi perhatianmu. Inget, waktu kamu main game-game petualangan kayak Assassin Creed, karakter yang kamu mainkan bakal dihadepin sama puzzle-puzzle yang harus diselesaikan, menggali informasi dari karakter lain (dan mengingatnya), sambil menavigasi rute petualangan yang harus diambil dan merencanakan strategi. Tentunya, itu semua nggak bisa dilakukan dengan background music rock and roll yang menghentak-hentak, kan?

Ya susah, sih... via s2.quickmeme.com/

Dengan logika yang sama, background music game ini bisa kamu pakai juga buat nemenin kamu nugas, Mates. Musik dalam video games biasanya selalu mengalir dalam ritme yang nggak membosankan. Selain itu, musik video games juga dirancang khusus untuk merangsang otak untuk meraih achievement (seperti halnya membuka level baru, meng-unlock karakter dan tempat baru, dan sejenisnya) nih Mates, yang secara nggak langsung bakal menstimulasi aktivitas otak serupa "dalemin-hal-ini-buat-menang" di otak kamu.

Selain nggak mengganggu konsentrasi, musik pengiring video game juga bakal ngiringin kamu fokus dengan tugas/ kerjaan, dan yang paling penting, selalu berirama positif (kecuali kalo kamu dengerin OST game horror). Musik video game emang nggak egois, Mates. Dia nggak bakal memaksa buat berada di tengah pikiranmu, tapi mengiringimu dengan bermain di belakang kepalamu.

 

Udah bosen sama playlist temen belajar yang sekarang? Yuk, bongkar koleksi game yang telah kamu mainkan dan cari soundtrack yang cocok buatmu! Ssst, sebagian besar soundtrack tersebut juga sudah bisa kamu temukan di Youtube, lho!

Leave a Comment

  1 Comment

Comment