7 Barang yang Wajib Kamu Miliki Saat Kamu Memulai Hidup Sebagai Mahasiswa Rantau



college_girl.jpg
Photo by https://colleges.niche.com

Yay, sekarang statusmu resmi jadi mahasiswa baru! Sudah lebih dewasa dari anak SMA, nih. Nggak jarang, pergantian status ini juga diiringi dengan perpindahan residensi nih Mates, terutama kalo kamu diterima di luar kota. Yap, dormitory atau kamar kosan kamu bakal jadi rumah keduamu di kota perantauan nanti, jadi pastikan kamu udah memenuhi kebutuhanmu sebelum berangkat. Jangan sampai kalang kabut pas udah terlanjur jauh dari rumah, Mates. Weekend ini, yuk lengkapin persiapanmu dengan Freshman Essential Guide yang udah My Study World siapin, nih!

 

1. Health & Beauty Pack

Kira-kira seperti ini sih via www.fancicandy.com

Sabun, shampoo, dan condisioner emang udah wajib masuk koper. Tapi, jangan lupain juga barang-barang kecil kayak cukuran, tweezer, dental floss (buat kamu yang suka bersihin gigi), sampai obat-obatan ringan dan P3K kayak minyak kayu putih, plester, aspirin, dan obat maag yang bisa dibilang—ahem—obat wajibnya anak kos.

 

2. Cleaning Pack

Sapu dan kain pel seadanya juga udah cukup, kok--via pinterest.com

Anak kosan, jangan jorok! Sekarang emang nggak ada lagi Mama yang suka ngomelin kamu soal bersih-bersih kamar. Tapi, gimana pun kamar yang bersih pasti kerasa lebih lega buat belajar daripada kamar yang jorok, berdebu, dan lengket sana sini, kan? Iyuh. Makanya, sedia sapu kecil, vacuum mini (kalau niat), pel kecil, dan pengharum ruangan biar kamarmu layak dihuni, ya.

 

3. Dorm Room Pack

Kadang kamar kosmu nggak menyediakan bantal dan sprei, cuma kasur gitu aja via ikea.com

Apa aja sih yang kamu butuhkan di kamar? Sprei, jam dinding/ jam meja, lampu belajar/ lampu tidur, keranjang laundry lipat, hanger, handuk, dan setrika harus masuk ke checklist kamu nih, Mates. Buat jaga-jaga, bawa satu rol double-tape atau double-sponge-tape buat nempel-nempelin sesuatu ke dinding, karena biasanya kamu nggak dibolehin buat maku dinding kamar asrama/kosan.

 

4. Life Amenities Pack

Hmm, sabi-sabi nih via gurl.com

Tau kan, peralatan elektonik apa yang bikin hidupmu lebih nyaman? Yup, barang-barang seperti TV, kulkas, dispenser, kipas angin, sampai kabel gulung. My Study World sih nggak ngelarang kamu buat bawa barang-barang itu selama kamu mampu ya, Mates. Tapi, lebih baik pertimbangkan lagi barang-barang elektronik yang tergolong gede, apalagi kalau kamu sekamar berdua dengan temanmu. Bisa-bisa satu kamar abis buat barang eletronik doing, tuh. Bawa yang perlu-perlu aja, ya. Asal kamu tau aja, Mates, mesin fotokopi banyak kok di sekitar kampus—nggak perlu memboyongnya dari rumah.

 

5. Weather Resist Pack

Sepatu sekece apapun bakal kalah sama yang beginian-via dreamstime.com

Indonesia negara yang nggak bisa diprediksi cuacanya! Sebentar panas, sebentar hujan. Makanya, lengkapi dirimu dengan jas hujan tipis, payung, dan sandal jepit yang tahan buat hujan-hujanan tapi juga oke buat sekalian main ke pantai.

 

6. School Supplies

Kertas, buku, dan alat tulis--alat perang wajib semua pelajar di seluruh dunia. Jangan sampai yang ini malah ketinggalan! -via pinterest.com

Nggak boleh lupa, kalau tujuan kepindahanmu ini adalah untuk menuntut ilmu. Pastinya, semua perlengkapan yang berhubungan dengan sekolah pasti harus masuk koper, dong. Sebagai anak sekolah yang baik, jangan sampai kamu ketinggalan buku tulis, binder/ journal, alat tulis, persediaan kertas, laptop, dan jangan lupa juga, flashdisk. Atau harddisk, bila perlu.

 

7. Eating Pack/ Supplies

Nggak ada kata lain selain WAJIB -via halosehat.com

My Study World tau kok, kalo anak kos emang rada-rada ngenes di urusan makan. Makanya, kamu perlu bawa makanan darurat dari rumah buat ngisi perutmu di hari-hari darurat. Kering tempe dan abon yang pasti tahan lama, misalnya. Kalau perlu, bawa beberapa bungkus mie dan sedikit beras dari rumah buat beberapa hari pertama. Jangan lupa, bawa alat elektronik basic buat masak—seperti magic com dan heater. Apa? Kamu mau bawa oven? Hmm, ijin dulu ke ibu kos, ya.

Jadi, itu dia perbekalan wajib biar masa studimu di luar kota berjalan dengan tenang, Mates. Seenggaknya, di awal-awal kamu kuliah. Kalau ada yang My Study World lewatin, jangan malu-malu buat share di comment, ya!

Leave a Comment

  0 Comment