Pernak-Pernik yang Oke Banget Buat Tuker-Tukeran Dengan Sesama Mahasiswa Internasional!



cozy-gift-party14_(1).jpg
Photo by http://sarahshermansamuel.com/

Sebagai mahasiswa internasional, kamu bukan hanya sekedar pelajar. Secara tak langsung, kamu bakal sekaligus didaulat sebagai perwakilan Indonesia di mata dunia. Karena itu, bawa bekal yang banyak yang bisa kamu pakai buat memperkenalkan budaya Indonesia, ya! Nggak perlu mahal-mahal, kok. Beberapa barang berikut bisa kamu jadikan alternatif oleh-oleh khas Indonesia buat teman-teman dan mereka yang berarti bagimu di luar sana.

Gantungan Kunci

via kaskus.com

Oleh-oleh paling mainstream, tapi juga paling aman sepanjang masa! Sudah murah, bisa beli serenceng, pula. Nggak akan nyesek kalau buat sekedar dibagi-bagiin ke temen sekelas. Souvenir semacam ini juga hadir dalam berbagai bentuk dan warna, jadi teman-temanmu juga bisa pilih mana yang mereka suka.

Pembatas Buku Wayang

Unik banget dan lucu-lucu, kan? via http://www.rumahbatiksolo.com/

Jangan remehkan pembatas buku wayang. Hemat ongkos, hemat tempat, dan nuansa etniknya yang kental banget cukup bagus buat jadi wakil Indonesia di tanah seberang. Dengan bahan kulit dan ukiran wayang, pembatas buku ini bakal menjelma jadi pernik yang Indonesia banget!

Kain dan Berbagai Jenis Turunannya

via weddingku.com

Nggak bisa disangkal, kain dengan motif khas daerah tertentu emang menarik banget buat mereka yang menerimanya. Kamu sendiri juga pasti seneng banget kalo dapet kain yukata dari Jepang kan, Mates? Motif-motif sulur yang sulit ditemukan di negara lain bakal bikin kain batikmu makin dilirik sama relasi internasionalmu. Dan jangan salah, kain tradisional Indonesia juga nggak cuma batik! Ada juga songket dan ulos yang nggak kalah cantik.

Kenang-kenangan macam ini bisa berupa kain meteran, yang bisa dibentuk sendiri sama penerimanya, atau kain batik yang telah merupa dalam berbagai bentuk. Dasi batik, misalnya, untuk professor pembimbingmu, syal atau scarf untuk sahabat-sahabat perempuanmu, kemeja/ dress batik jadi untuk orang-orang terdekat, atau bahkan daster Bali (yang bisa kamu beli grosiran) buat summer outfit teman Kaukasianmu! Kenang-kenangan seperti ini bisa mengingatkan mereka akan kamu dan Indonesia hingga waktu yang lama.

Perhiasan Etnik

Siapa yang bisa tahan sama kalung etnik super lucu kayak gini via tokopedia.net

Sedikit lebih spesial dari gantungan kunci dan pembatas buku, tapi masih lebih murah daripada batik, ada perhiasan etnik yang bisa kamu bawa sebagai hadiah untuk sahabat dekat. Soalnya, perhiasan-perhiasan etnik Indonesia yang lucu-lucu ini cocok banget buat tanda persahabatan. Pilihannya pun banyak! Ada kalung, gelang, atau cincin yang rata-rata terbuat dari kayu dengan motif atau ukir-ukiran manis.

Pecahan Uang Kecil

Hasil rogoh-rogoh saku celana via https://lifesiska.files.wordpress.com

Kalau nggak punya budget lebih, kamu bisa korek-korek tabungan lama dan sudut-sudut kamarmu di Indonesia buat mencari uang receh dan uang pecahan kecil lainnya. Bukan pecahan bola empat arwah, ya. Meskipun terdengar nggak seberapa, tapi temenmu pasti senang kalau bisa mendapatkan contoh mata uang dari negara asing. Apalagi, perkumpulan mahasiswa asing emang biasanya suka tuker-tukeran uang kecil buat dikoleksi.

Pajangan Miniatur

Lumayan lah buat pajangan meja doesn kamu via http://www.hadisukirno.co.id/

Benda semacam ini memang agak mahal. Cocok kalau kamu ingin memberikan sesuatu buat ‘orang penting’ di negara tujuanmu, agar terlihat agak niat dan berkelas. Untuk dekan fakultas tempatmu belajar, misalnya, atau relasi kedutaan yang telah membantu menguruskan tetek bengekmu selama menjabat sebagai mahasiswa Internasional.

Bumbu Masak

Cari yang kemasan instan aja, ya via https://meruyungan.files.wordpress.com

Dari beberapa abad lalu, Indonesia udah terkenal karena rempah-rempahnya. Kenapa tidak memberikan bumbu masak kemasan kita sebagai kenang-kenangan saja? Jangan salah, banyak lho yang suka dengan cita rasa masakan Indonesia yang kaya bumbu dan rempah. Kenang-kenangan semacam ini cocok ditukarkan untuk temanmu yang hobi masak, mamah muda, sampai ibu landlord tempatmu tinggal selama ini.

Kopi dan Teh Daerah

Kalo bisa, cari yang arabika khas beberapa daerah Indonesia. Manteb banget! via http://menit-riau.com/

Kopi! Teman abadi para mahasiswa yang sepertinya selalu kurang asupan kafein. Apalagi, varietas kopi Indonesia udah banyak yang terkenal di luar negeri, terutama dari jenis Arabica. Sebut saja Kopi Gayo Aceh, Sumatra Mandheling, Bali Kintamani, dan masih banyak lagi. Cocok banget buat diberikan ke temanmu yang sesama pengapresiasi kopi. Apalagi, sekarang biji kopi Indonesia juga sudah banyak dikemas dengan elegan, hingga terkesan mahal. Buat yang nggak doyan ngopi, kamu bisa memberikan teh-teh local kita yang terkenal wangi dan bercita rasa khas.

Kalo oleh-oleh buat orang rumah gimana, Mates? Udah beres belom? Pinter-pinter packingnya ya, biar koper kamu nggak kelebihan  muat, ya!

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment