Beberapa Hal Yang Harus Kamu Lakukan Pertama Kali Saat Kuliah di Luar Negeri



image_study.jpg
Photo by blogdaily.com

Pertama kali belajar di luar negeri, apalagi untuk menuntut ilmu tentunya menjadi pengalaman berbeda, gak cuman 1 sampai 2 hari yang biasanya hanya untuk jalan-jalan, tetapi kamu akan tinggal lebih lama sampai tahunan untuk bisa beradaptasi dan menjalani hari-hari mu sebagai pelajar International.

Sebagai pelajar international kamu harus mengerti apa yang akan dilakukan saat pertama di negara yang kamu tuju.

Biar kamu gak bingung, ini dia tips beberapa hal yang kamu harus lakukan saat kuliah di luar negeri

Pelajari trasportasi umumnya

Mates, baru sampai di negara yang kamu tuju sebagai pelajar international, ada baiknya kamu mempelajari rute-rute transportasi umum yang akan kamu gunakan, pelajari juga halte atau station terdekat, harga tiket dan jam operational nya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dan tidak tersesat di negara orang.

Cari info tempat menjual makanan dan minuman terdekat

Cari info tempat penjual makanan minuman terdekat, tentunya dengan harga murah meriah, mungkin nanti kamu tidak akan sempat memasak untuk makanan sehari-hari saat tinggal di kostan, oleh karena itu kamu bisa mencari info makanan atau minuman murah di sekitar tempat tinggal.

Kenalan sama tetangga di kostan/apartment

Baru datang ke tempat tinggal kamu di luar negeri? Ini saatnya kamu membuka diri dan berkenalan dengan tetangga tempat tinggal kamu, perkenalan singkat akan membuat kamu lebih dikenal dan menjadi akrab. Siapa tau bisa menjadi teman hangout kan?

Ikutan klub olah raga di pusat kebugaran

Tinggal di negeri orang sebagai pelajar international gak harus kegiatan olah raga dan kesehatan mu berkurang kan? Kamu bisa mengikuti klub olahraga yang disediakan oleh kampus atau bergabung di pusat kebugaran agar tetap bisa menjalankan pola hidup sehat.

Bikin daftar nomor telepon penting

Ini yang paling terpenting, mates, tinggal di negara orang tentunya kamu akan berjauhan dengan keluarga maupun orang tua, sebagai antisipasi agar lebih aman dan bisa menghubungi orang-orang secara penting kamu harus membuat daftar list nomor telepon ketika akan terjadi sesuatu, misalnya nomor telepon imigrasi, kedutaan, pemilik kostan, tentangga, teman dekat, sampai nomor telepon kampus. Disaat urgent kamu sudah memiliki nomor telepon tersebut.

Langganan paket data internet termurah

Duh, walaupun kamu tinggal berjauhan dengan orang tua, kamu mesti tetap update dan gaul kan dengan media sosial? Gak cuman untuk berkomunikasi, tapi kamu pasti akan meng-share apapun yang ada. Cari informasi paket data termurah yang ditawakan oleh operator selular di negara yang kamu tinggali, kamu bisa langganan bulanan atau tahunan. Cari yang promo mates, lumayan kan?

Bikin budget bulanan

Buat budgeting pengeluaran rutin bulanan kamu mates, membuat budget bulanan akan memonitor pengeluaran kamu selama sebulan, buatlah table prioritas yang kamu harus keluarkan. Budget bulanan akan membuat keuangan kamu terkontrol.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment