Serba serbi Visa



VISA-passport.jpg
Photo by http://www.vocfm.co.za

Jika kamu berencana berkuliah keluar negeri kamu harus mempersiapkan berbagai macam dokumen agar kamu dapat berangkat, tidak hanya tiket pesawat dan paspor, kamu juga harus mempunyai Visa pelajar.

Untuk kamu yang belum tau, Visa merupakan surat izin tinggal di suatu Negara secara Fulltime atau sementara.

Berikut serba-serbi Visa untuk kamu!

Visa tidak sama dengan Paspor

Jika kamu ingin melakukan perjalanan keluar negeri kamu harus membutuhkan beberapa dokumen agar bisa masuk ke suatu negara, biasanya jika kamu masuk ke suatu Negara harus mempunyai Paspor, Paspor merupakan suatu dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh imigrasi dan bersifat tentative hanya 30 hari maksimal untuk berkunjung, sedangkan Visa adalah suatu dokumen yang dikeluarkan oleh Negara untuk berkunjung dan tinggal di luar negeri dengan jangka waktu  tertentu. Oh ya, kamu bisa memiliki Visa jika kamu sudah mempunyai paspor terlebih dahulu.

Tidak semua Negara memberlakukan Visa saat berkunjung

Saat kalian berkunjung ke suatu negara mungkin akan hanya ditanyakan paspor, Misalnya beberapa Negara di asia seperti Malaysia, Singapore, Thailand membebaskan Visa untuk turis dari Indonesia, tapi ada beberapa Negara yang mewajibkan setiap turis harus memiliki Visa tergantung kebijakan dari negara tersebut. Selain di Asia ada juga beberapa negara yang mewajibkan Visa sebagai salah satu syarat untuk masuk ke negara nya, biasanya akan ada tahap interview dari imigrasi atau kedutaan.

Prosedur pengajuan yang bertahap

Pada saat kamu ingin mengajukan Visa pasti harus melewati beberapa tahap, namun beda Negara juga beda prosedur yang harus dilewati, selain dokumen yang lengkap seperti paspor dan uang jaminan, ada juga pengajuan Visa harus melewati tahap wawancara, pertanyaan wawancara-pun beragam, mulai berapa lama akan tinggal, apakah ada keluarga di Negara yang dituju, dan penjamin.

Penerapan Visa merupakan alasan keamanan hokum dan otoritas

Pemberian Visa kepada warga Negara merupakan salah satu alasan keamanan dan otoritas suatu Negara, dengan adanya Visa maka warga Negara tersebut akan dilindungi, jika suatu saat warga Negara terkena masalah di suatu Negara maka dengan adanya Visa prosedur pembelaan dan perlindungan akan lebih mudah. Selain itu visa juga memudahkan pemerintah memantau warganya saat berada di luar negeri

Leave a Comment

  0 Comment