Ternyata Gini Kepribadian Pelajar Menurut Golongan Darah, Kamu yang Mana?



blood-type-personality-cartoon-1.png
Photo by http://beyondhallyu.com

Hello, Mates! Gimana kabar kamu? Kemarin, kamu yang sempat mengunjungi World Education Expo Indonesia pasti tau kalo kita adain tes kepribadian buat kamu. Ada yang sempat ngikutin, nggak?

Kamu pasti udah tau sama komik golongan darah karya komikus Korea, Park Dong Seon, yang udah viral banget itu? Yup. Park Dong Seon suka banget menggambarkan perilaku setiap golongan darah dalam berbagai situasi lewat komik stripnya yang menggemaskan. Hari ini, santai dulu yuk sama My Study World sambil iseng ngepoin perilaku pelajar kalo dilihat dari gilongan darah yang udah kita kumpulin buat kamu. Ada yang cocok, nggak?

Waktu TK, dan Bu Guru Bilang Vas-nya Jangan Sampai Pecah

Sebuah stasiun TV Jepang mengadakan suatu eksperimen yang dilangsungkan di sebuah TK. Anak-anak dikumpulkan menurut golongan darah mereka, kemudian guru TK tersebut menyuruh mereka untuk menjaga vas baik-baik, jangan sampai pecah. Ups, ternyata si guru pengganti malah mecahhin vas tersebut! Kira-kira gimana ya reaksi anak-anak tiap golongan darah?

Waktu vas-nya pecah, anak-anak golongan A yang emang dari sananya righteous langsung panik. Sementara anak golongan darah B yang free-spirited malah seneng waktu vasnya pecah, tapi langsung kompakan ngebelain dan ngelindungin si guru pengganti sewaktu Bu Guru datang. Anak goldar O? Langsung berubah nyeramahin si guru pengganti. "Hayo loh, hayo loh, Bapak nggak ati-ati sih." Pas Bu Guru dateng dan nanya siapa yang jatuhin vasnya, tanpa ragu lagi mereka langsung nunjuk si guru pengganti. Kalau AB, meskipun mereka tampaknya nggak peduli sama keadaan sekitar, tapi sifat rasionalnya bikin mereka nggak ragu buat menunjukan kebenaran. Meski itu pahit.

Gini Deh Kalo Golongan Darah B Tiba-Tiba Ditanya di Kelas

Karena sifat golongan darah B yang bebas, dia bisa mencetuskan apapun yang terlintas di otaknya saat itu juga. Yang penting jawab aja deh, benar salah belakangan. Hajar!

Kalo Lagi Belajar Buat Ujian

Anak A yang dari lahirnya emang rada perfeksionis dan rajin bakal langsung fokus kalo udah urusan belajar demi ulangan besok. Biar bisa konsen pun, dia butuh tempat yang tenang. Beda sama B yang gampang kedistrak. Karena udah tau pikirannya mudah terpecah, B suka belajar dari yang susah-susah dulu biar bisa bener-bener fokus. Atau buka-buka bukunya secara random dan belajar dari hal yang paling menarik perhatiannya dulu. Sementara, daya ingat anak O emang lebih bagus daripada yang lain, tapi ya itu, dia suka gabisa diem. Kalo nggak goyang-goyangin kaki, ketok-ketok meja, ya sambil jalan mondar-mandir. Sementara AB yang gampang bosan udah bisa ditebak, sering nggak bisa nahan ngantuk kalo udah disuruh belajar! Buatnya, yang penting ngerti esensi pelajarannya daripada harus baca dari awal sampai akhir.

Tapi, lain cerita kalo mereka semua belajar barengan. Sia[a yang paling ngerasa keganggu, ya? Hihi, kayaknya A yang butuh suasana tenang biar pikirannya fokus deh, ya. Yang kayak gini kejadian di kelompokmu nggak, Mates?

Pas Lagi Ujian, dan Soalnya Pilihan Ganda


Ini nih tingkah tiap golongan darah kalo udah putus asa sama jawaban ujian. Meskipun sama-sama ngarang, tapi anak golongan darah A lebih stress. Mau ngarang aja dipikir. Kalo anak golongan darah B, karena mereka berjiwa bebas, kalo mau ngarang, bablas ngarang bebas! Ngikutin kata hati banget pokoknya. Golongan darah O yang lebih realistis nggak sekedar ngikutin mood, tapi pake metode mengarang bebas yang udah terpercaya: lempar pensil/ penghapus yang udah diberi abjad, ngitung kancing, sampai ngitungin nama panjang! Hihi. Sementara golongan darah AB... cuma dia dan Tuhan yang tau apa yang dia pikirikan

Waktu Ujian Dibagikan, Gini Reaksinya

Dasar O suka kepo! Hehe. Sudah bisa ditebak, anak A yang paling perfeksionis dan serius diantara semuanya pasti yang paling tertekan kalo dapet nilai dibawah harapannya. Meskipun beda dikit. Anak B? Sifatnya yang santai bikin dia nggak terlalu ambil pusing sama nilai. Kalo jelek ya udahlah, dilipet, dimasukin tas, terus pikirin hal lain dulu. Kalo pingin dikuatin gara-gara nilai jeblok, mending jangan ke anak AB deh. DIa bakal ngasih pendapat rasional tentang nilaimu secara lugas, meski bukan itu yang ingin kamu dengar (tapi kata-katanya hampir selalu benar).

Kalo Dilihat-lihat, Ini Dia Kekuatan Utama Tiap Golongan Darah

Anak A emang paling bisa diandalkan deh kalo urusan mematuhi perintah, memendam amarah, sama kerja kelompok. Pokoknya yang berkaitan sama tanggungjawab dan ngikutin hal-hal yang udah pakem gitu, deh. Buat A, kerja bareng bakal meringankan bebannya dan jadi cepet selesai. 

Pembawaan B yang lebih cool dan santai bikin dia lebih kreatif buat ngelihat suatu ide. Dia juga lebih nyaman sama cara kerjanya sendiri, daripada repot ngikutin kemauan kelompok yang harus diakomodir satu per satu. Lama! Mendingan kerjain sendiri biar cepet beresnya. 

Golongan darah O yang supel dan percaya diri ternyata punya daya ingat yang paling baik daripada golongan darah lainnya. Dia juga sama kreatifnya seperti B, makanya dua orang ini cocok dan bisa ngeluarin ide gila kalo udah berteman.

Anak AB yang kelihatannya nggak peduli sama sekitarnya ternyata bisa diandalkan juga buat melaksanakan tugas. Mungkin ini pengaruh dari A ya, Mates. Sementara, pikirannya yang tajam dan rasional bikin dia jago bikin analisa yang akurat. Makanya, anak AB sering melontarkan gagasan-gagasan yang mengejutkan.

Gimana Mates? Ada yang cocok nggak sama kamu dan teman-temanmu? Tapi balik lagi, sih. Kepribadian seseorang itu banyak faktornya, Mates. Lingkungan dan cara didik di rumah juga ngaruh banget buat bentuk kepribadian kamu. Anyway, kalo kelas kamu punya member golongan darah yang lengkap, coba deh perhatiin diem-diem. Pasti kamu bakal menemukan ciri khas yang menarik dari mereka! Selamat mengobservasi, ya!

Leave a Comment

  0 Comment