5 Dosa yang Sering Kamu Lakukan Kepada Laptop



For_A_Better_Laptop_to_Abandon_Bad_Habits.jpg
Photo by http://mycomputertips2u.blogspot.co.id

Hello, Mates! Sekarang ini, kayaknya kehidupan kita udah nggak bisa pisah sama yang namanya laptop, ya. Apalagi, buat kamu yang masih pelajar dan selalu ngapa-ngapain dengan laptop. Ngerjain tugas, nonton film, sampe iseng buat remix lagu, semua kamu lakukan dengan laptop tersayang.

Pernah ngeluh laptop kamu cepet rusak? Hmm, jangan-jangan kamu sendiri penyebabnya nih, Mates. Sadar nggak sih, ternyata banyak kebiasaan-kebiasaan kecil yang nggak kita sadari ternyata bisa ngerusak laptop kesayangan kita. Apa aja sih itu?

 

1. Memangku Laptop dan Naruh Laptop di Kasur

via metrouk2.files.wordpress.com

Hayo, siapa yang masih suka naruh laptop di kasur sambil tidur-tiduran? Terus, meski namanya Laptop, tapi bukan berarti computer portable ini bisa kamu taruh di pangkuan—alias lap—dalam waktu lama. Soalnya, benda-benda lunak seperti tubuh kita dan busa kasur yang bisa berubah bentuk dengan mudah seperti ini bisa menyumbat lubang-lubang sirkulasi udara dan panas yang berada di bagian bawah laptop kita. Boleh aja sih, kalo mau pakai laptop sambil tiduran atau dipangkuan, asal dialasi dengan sesuatu yang keras. Jilidan tugas akhirmu, misalnya. Uhuk.

 

2. Makan dan Minum Sambil Main Laptop

Ga kebayang deh kalo minyak dari spagetinya muncrat sampai ke laptop. Ew. Via www.rawstory.com/

Selain jaga-jaga kalo minumanmu tumpah ke atas laptop dan ngerusak komponen di dalemnya (believe us, it happens. A. Lot. ). Meski nonton film dan ngerjain tugas emang paling enak sambil nyemil, tapi serpihan-serpihan kue, minyak, dan reremahan lengket dari cemilanmu itu bisa masuk dan numpuk di sela-sela keyboardmu. Ini nih yang bikin keyboard dan mouse-mu cepet rusak.

 

3. Nge-charge Laptop Terus-terusan

Yuuk jangan lupa dicabut ya chargernya sis/bro via Technology Personalized

Sering lupa nyabut kabel charger? Ini nih, yang bikin batere laptop kamu cepet aus. Sebaliknya juga, sering ngebiarin laptop kamu kehabisan batere juga bikin batere laptopmu cepet soak, Mates. Mulai dari sekarang, jangan lupa copot kabel charger dan mastiin leptop kamu berdaya sebelum dimatikan, ya.

 

4. Make Komputer di Luar Ruangan

Kalo laptop kamu bisa ngomong, dia pasti udah teriak, "Panas, Bang!" via ebuyer.com

Lho, laptop kan diciptain biar bisa dipake kemana, mana? Iya, tapi makenya juga harus tau sikon juga ya, Mates. Pernah nggak, ngerasa laptopmu bertambah panas ketika kamu pakai di bawah sinar matahari? Radiasi sinar matahari juga bisa ngerusak layar LCD kamu, Mates. Mending cari tempat yang teduh kalo kamu pingin main laptop di tempat terbuka ya,Mates.

 

5. Pindah-pindahin Laptop Waktu Masih Menyala

Kamu aja yang lincah, laptopmu jangan. Soalnya, guncangan pada laptop bakal ngeganggu stabilitas piringan yang berputar di dalam laptop kamu selama dia masih menyala, dan itu bisa ngerusak harddisk laptop kamu, Mates. Hayo, siapa yang masih suka bawa-bawa laptop di tas tanpa dimatiin?
Duuh, My Study World juga suka ngeri tuh kalo liat temen-temen yang suka nunjukin laptopnya dengan dioper-operin gitu. Apalagi, kalo kamu angkatnya dengan megang layar LCD-nya. Hiii, bisa bikin engsel LCD-mu cepet longgar, tuh.

 

6. Dilempar

E copot copot copot! VIa imgur.com

Laelah, jangan dong, Mates.

uuh, nangis banget deh kalo laptop kesayangan rusak gara-gara kecerobohan sendiri, Mates. Apalagi kalo data belum sempet di-backup. Perih banget nggak, tuh?

Leave a Comment

  0 Comment