Peringati Sumpah Pemuda: Ini Lho, 6 Kata Asing di Dunia Internet yang Sebenernya Ada Bahasa Indonesianya!



sumpah-pemuda-2016-5631729839636480-hp2x.gif
Photo by www.google.com

Hai, Mates! Tanggal 28 Oktober ini, kita merayakan Sumpah Pemuda. Nah, salah satu cara untuk mengisi Sumpah Pemuda ini adalah dengan merayakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa kita sehari-hari, apalagi waktu berinteraksi di dunia maya. Kamu tau nggak kalo ternyata, kita sering menggunakan bahasa asing, padahal kita punya Bahasa Indonesia untuk kata itu. Apa aja, sih? Yuk simak!

1. Online

Kata ‘online’ merupakan gabungan dari ‘on the line’ yang nggambarin orang-orang jaman ’80-an yang harus menggunakan kabel telepon alias line untuk terhubungan dalam jaringan internet. Untuk ini, Bahasa Indonesia juga menciptakan kata yang sepadan, yaitu ‘daring’ alias ‘dalam jaringan’. Hihi, nyambung, kan? Ssst, kalo kamu buka website KBBI, kamu akan disambut dengan kata-kata “Selamat datang di KBBI daring”.

2. Browsing = Berselancar

Kalo ini sih, sebagian besar dari kamu juga pasti pernah denger. Yup, sejak awal kemunculan internet, udah banyak majalan-majalah yang menggunakan istilah ‘berselancar’ untuk menggambarkan kegiatan menjelajahi dunia maya.

3. Browser = Peramban/ Penjelajah

Kalo yang ini, pasti banyak temen-temen yang belum akrab. Yup, aplikasi yang kamu gunakan untuk menjelajahi dunia maya disebut dengan penjelajah atau peramban web. Hihi, MyStudyWorld juga baru tau sama istilah ‘peramban’ lho, Mates.

4. Download = Unduh

Sama seperti browsing, sekarang ini udah banyak media yang menggunakan kata ‘ungguh’ sebagai penganti kata ‘download’ yang masih merupakan bahasa asing.

5. Upload = Unggah

Setali tiga uang dengan lawan katanya, kayaknya banyak yang masih ngerasa asing dengan menggunakan kata unggah dan unduh di dalem kehidupan sehari-hari ya, Mates. Hmmm..

6. Thread = Utas

Kalo rajin main di internet, kamu pasti kenal sama berbagai threads alias trit yang bertebaran di internet buat ngebahas bermacam-macam topik? Nah, bahasa Indonesia benar-benar menerjemahkan threads ini sebagai utas. Hihi. Seutas benang. Alasannya, sama seperti threads, utas-utas benang ini diharapkan bisa menyambungkan dan merangkai seluruh manusia di manapun dalam suatu forum.

Beberapa kata diatas emang masih kedengeran aneh di telinga. Tapi, itu karena kita nggak kebiasa aja, Mates. Karena kita udah punya bahasa sendiri, kenapa masih minjem yang lain?

Leave a Comment

  0 Comment

Comment