Biar Betah Meski Jauh Dari Rumah, Hias Kamar Kosmu Yuk!



4e557911a24f7bfc65dfb5cf231a11eb.jpg
Photo by pinterest.com

Orang bilang, Home is Where the Heart is. Nggak heran, kalo balik kampung terus tidur di kamar sendiri tuh rasanya damai banget. Lalu, apa kabar kamu yang diperantauan?

Kamar kos nggak harus gelap dan suram. Dengan sedikit kreativitas dan sebongkah usaha niat, kamar kos yang gitu-gitu aja bisa disulap menjadi ruangan yang homey, bikin kamu betah ngerjain tugas atau sekedar bermalas-malas. Ssst, MyStudyWorld punya tutorial-tutorial simpel buat ngerapihin kamarmu sekaligus membuatnya makin menarik. Tenang aja, DIY ini bisa dilepas kapan aja, aman buat kamu yang dilarang masang paku sama bapak/ibu kos.

 

1. DIY Rak Dinding

Via http://www.seventeen.com/

Kasur emang paling bikin mager. Paling enak sih kalo apa-apa terjangkau sama kasur, ya nggak sih, Mates? Floating Nightstand ini cocok buat nyimpen gunting, earphone, dan bacaan sebelum tidur di kamarmu yang mungil.

Bahan: Folder kardus, kertas kado, solatip gabus dua sisi

Cara:

1. Bungkus semua sisi forlder kardus dengan kertas kado favorit kamu. Mau warna polos atau motif garis-garis kekinian juga boleh!

2. Rekatkan solatip gabus pada kedua sisi siku-siku folder, lalu tempelkan secara horizontal di sudut dinding. Pastikan sisi yang berlubang menghadap ke depan, ya!

 

2. Bikin Kepala Ranjang Mewah Sendiri

Via https://www.buzzfeed.com

Kebanyakan ranjang kosan cuma berbentuk persegi panjang, udah gitu aja. Itupun kalo kamu dapet kamar yang ada ranjangnya. Tapi, sekarang kamu bisa bikin headboardmu sendiri dari… kardus dan kertas kado!

 

3. Wording Lampbox

Via https://www.buzzfeed.com

Sering lihat wording signage gemes ala-ala tumblr? Nggak usah mahal-mahal pesen online, karena kamu bisa bikin sendiri dari kardus yang dibentuk per huruf, solatip dua sisi, dan lamp rice LED. Mau bikin namamu sendiri? Bisa!

 

4. Gantungan Kalung dari Ranting

Via https://www.buzzfeed.com/

Kalung-kalung lucumu nggak cuma indah dipandang ketika menggantung di leher aja, tapi juga enak dilihat sebagai penghias ruangan. Kamu cuma butuh dua lembar pita, sebuah ranting yang udah dibersihkan (dipernis lebih baik), dan paku atau removable hook buat ngegantung.

 

5. Corkboard Wall Art Sekaligus Pinboard

Via http://www.hgtv.com/

Tau tatakan gabus bermotif serat kayu yang biasanya kamu temui di kafe-kafe kekinian, kan? Benda tersebut bernama corkboard, Mates, yang bisa kamu beli di toko bahan kerajianan atau di situs belanja online manapun. Nah, corkboard ini bisa kamu cat dan potong sesuka hati, lalu direkatkan di dinding menggunakan selotip gabus dua sisi, dan voila, kamu punya Wall Art artistic yang untuk memaku foto-foto atau notes kamu tanpa merusak dinding kamar.

 

6. Laundry Bag Sarung Bantal

Punya hoop bordir warisan mama atau nenek di rumah? Jepitkan sarung bantal kamu ke dalam sisi sisi melingkar si hoops, dan sarung bantalmu kini udah berubah wujud jadi laundry bag cantik!

 

7. Organizer Kabel

Via http://www.hercampus.com/

MyStudyWorld tau banget, lilitan kabel yang udah nggak jelas bentuknya adalah salah satu masalah anak kos paling umum dan paling ngeselin (apalagi kalo lagi buru-buru mau cabut charger). Bikin kamarmu sedikit rapi dengan memanfaatkan kerdus sepatu bekas. Buat lubang untuk memasukkan colokan ke dalam kerdus sepatu, lalu buat lubang-lubang kecil yang sejajar dengan tiap strip colokan di sisi lain kerdus. Sekarang, kamu bisa ngecharge dengan rapi without worrying all the cables get tangled!

 

8. Tempat Es Batu Untuk Perintilan Kecilmu

Via http://www.hercampus.com/

Suka bingung kan kalo cari benda-benda kecil kayak cincin, penghapus, dan flashdisk? Nggak perlu lagi repot bongkar-bongkar kamar, karena kamu bisa beli ice cube tray murah ini buat tempat penyimpananmu.

 

9. DIY Desk Organizer

Via http://www.hercampus.com/

Pulpen, spidol, dan kertas-kertas lepasan (tapi penting) terbukti jadi benda yang paling sering dibutuhkan cepat di meja. Organizer super simpel nan cantik ini bisa kamu buat hanya dengan bermodalkan selembar kain dan sebuah pigura aja. Potong-potong kain menjadi beberapa bagian, lalu lem ke sisi-sisi pigura bagian dalam. Semakin banyak lapisan yang kamu buat, semakin banyak pula kantong yang kamu dapat. Saran MyStudyWorld sih, 3-4 tumpuk juga udah cukup, ya.

 

10. Pengganjal Buku Batu Bata

Via http://www.hercampus.com/

Suka sayang mau beli pengganjal buku, padahal tumpukan buku di meja belajarmu udah mau ambruk? Ambil sebuah batu bata yang ada di mana aja, semprot dengan cat metalik, terus hias sesukamu dengan renda, washi tape, atau apapun. Murah!

Makanya, hari liburmu jangan dihabisin buat tiduran aja. Yuk, bangun dari kasur, kumpulin semangat, dan bikin DIY yang bisa buat kamarmu makin nyaman buat ditinggali, Mates! Selanjutnya, ada ide asik bikin dekorasi kamar anti mainstream hanya dengan washi tape. Stay tune, ya!

Leave a Comment

  0 Comment