Ini 4 Anak Indonesia yang Telah Menjadi Pahlawan bangsa di Usia Belia, Apakah Kamu Juga?



selamat_hari_pahlawan_instagram_mystudyworld.jpg
Photo by mystudyworld

Selamat hari pahlawan, Indonesia! Tepat hari ini, 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Hastag #SelamatHariPahlawan digaungkan netizen hingga menjadi trending topik dunia. Tapi, apakah hari pahlawan bakal hanya lewat sebagai sebuah peringatan tanpa pemaknaan?

Seandainya para pahlawan yang nama-namanya biasa kamu hafalkan di pelajaran sosial itu masih bernafas, yakin deh Mates, ucapan selamat bukan apa yang benar-benar mereka inginkan. Bukan juga kelopak bunga yang kamu tebarkan di atas peristirahatan abadinya. Mereka mungkin akan mengulum senyum simpul melihat anak-anak SD berkarnaval sambil menggunakan miniature atribut khas perjuangan jaman 40’an.

Kamu pasti sepakat bahwa bukan itu yang benar-benar inginkan. MyStudyWorld percaya, bahwa para pahlawan kita ingin menyaksikan Indonesia yang benar-benar merdeka, bahwa perjuangan mereka buat membebaskan Indonesia dari penjajah nggak sia-sia. Tau nggak, apa yang bisa bikin para pahlawan tersenyum lega? Mengetahui bahwa ada anak-anak Indonesia yang bikin negerinya bangga adalah kado terindah buat mereka. Ini lho, orang-orang yang jadi pahlawan masa kini kita menurut versi MyStudyWorld.

 

1. Mereka yang Udah Mengharumkan Nama Indonesia di Dunia Internasional

Kita mengenal dari sejarah bahwa pahlawan-pahlawan revolusi udah berusaha keras membuat nama Indonesia diakui oleh negara-negara tetangga dan seluruh dunia sebagai negara yang berdaulat. Membuat nama Indonesia semakin dikenal pasti merupakan impian semua pendahulu kita.

MyStudyWorld seneng banget melihat anak-anak Indonesia yang udah mengharumkan nama bangsa, kayak Joe Alexander, yang dikenal sebagai musikus jenius cilik dan udah manggung dimana-mana, atau Ariska Putri Pertiwi yang berhasil mendapatkan mahkota Miss Grand International. Ada lagi Felicia Hwang yang melenggang sebagai 3rd Runner Up Miss International 2016 dan si kecil Rafi Ridwan yang mengikuti jejak Tex Saverio sebagai desainer internasional. Asal tekun ngikutin passion, kamu juga bisa kok, jadi orang-orang hebat seperti mereka!

Rafi Ridwan, desainer tuna rungu muda yang mendunia Via http://theactualstyle.com/

2. Mereka yang Mau Berkorban Untuk Anak-Anak Negaranya Sendiri

Semua tahu bahwa pahlawan identik dengan pengorbanan. Tapi, pahlawan-pahlawan masa kini udah nggak lagi mengorbankan darah atau nyawa mereka buat Indonesia. Salah satu pengorbanan terbesar anak muda kekinian adalah rela keluar dari zona nyaman buat melakukan sesuatu bagi bangsa. MyStudyWorld kagum banget sama anak-anak muda kita yang rela nggak bisa nongki di kafe setiap minggu atau bersantai-santai nonton TV karena memilih buat berada di pedalaman Indonesia dan membagikan ilmu mereka disana. Pun begitu sama anak-anak muda yang nyisihin tenaganya buat jadi relawan tanpa bayaran untuk memperbaiki lingkungan, bikin taman baca buat anak-anak kurang beruntung, atau berbagai aksi sosial lainnya. Salut!

Nggak semua mau meninggalkan kemapanan demi mencerdaskan kayak gini via Info Operator Sekolah

3. Mereka yang Berani Menghidupkan Negaranya Sendiri

Indonesia udah memberi kita air untuk makan, tanah untuk tinggal, dan udara untuk bernafas. Udah sepantasnya kalau kita memberi sesuatu untuk negeri kita sendiri. Menurut MyStudyWorld, anak-anak muda kreatif yang mempunyai pemikiran buat meramaikan industri Indonesia dengan karya-karyanya sendiri, macam Daniel Mananta yang menciptakan urban outfit kekinian berbau patriotis, ‘Damn! I Love Indonesia’, atau Rafi Putra Arriyan, alumnus UI yang mendirikan Flip, layanan penjembatan transfer antar bank agar transferanmu bebas biaya. Idenya simpel. Dampaknya? Jangan tanya lagi, deh.

Raffi, pendiri Flip agar transfer antar bankmu bebas biaya via https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2015/11/Rafi-Putra-Arriyan-flip.jpg

4. Mereka yang Bersedia Menghidupi Negaranya Sendiri

Mates, tau nggak sih kalau rupiah kita itu rada ngalem? Ya, sifat rupiah yang sensitif sama pergolakan ekonomi dunia emang sering menempatkan perekonomian kita di situasi yang kurang menguntungkan. Apalagi, ketika ekonomi negara-negara Adidaya kayak Amerika Serikat dan Eropa menguat. Duh, negara-negara berkembang kayak Indonesia yang kena imbasnya.

Kalau Donald Trump punya misi menjadikan Amerika Serikat sebagai negara dengan ekonomi terkuat, kita juga nggak boleh kalah kuat! Caranya? Ya dengan mendukung ekonomi negeri sendiri. Yup, sesimpel ngurangin konsumsi produk impor dan membeli produk-produk dalam negeri. Jangan salah, lho. Sekarang, kosmetik dan brand pakaian lokal udah banyak yang bagus-bagus, kekinian, dan masuk di mall-mall besar. Urusan perut macam beras, apel, kopi, hingga teh lokal pun nggak kalah enak daripada matcha impor atau coffee shop franchise-an.

Beras asli Cianjur emang lebih mahal, tapi nggak kalah enak dari beras impor! Via BisnisUKM

Semua orang bisa jadi pahlawan Indonesia dengan mendukung industri lokal. Kalau ekonomi Indonesia menguat, otomatis kehidupan kita juga bakal lebih sejahtera. Kamu juga kan yang senang, nantinya?

Kamu juga bisa jadi pahlawan. Pertanyaannya, apa yang sudah kamu lakukan? We should stop taking our freedom for granted. Yuk, do something for our beloved Indonesia!

Leave a Comment

  0 Comment