Beaver Moon, Supermoon Terbesar Dalam 70 Tahun yang Mampir Malam Ini!



gettyimages-490323138.jpg
Photo by cbsnews

Kamu penikmat stargazer? Kalo iya, ada fenomena angkasa yang wajib banget kamu sempatkan. Karena, supermoon terbesar yang hanya hadir setiap 70 tahun sekali bakal muncul malam ini!

Supermoon yang diprediksi muncul pada 14 November 2016 ini bakal jadi supermoon paling dekat, paling besar, dan paling terang yang bisa kita saksikan sejak 1948. Bahagianya lagi, kali ini lagi-lagi Indonesia bakal termasuk dalam wilayah perigee, alias lintasan orbit terdekat bulan pada bumi.

Lokasi siang-malam pada bumi saat terjadinya Beaver Moon 2016 kali ini via http://earthsky.org/

Yup, sebelum istilah supermoon mendadak popular pada tahun 2011 lalu, para ilmuwan dan astronomer menyebut fenomena bulan purnama terdekat pada bumi sebagai perigee full moon. MyStudyWorld sih setuju kalo istilah supermoon emang lebih ringkes, keren, dan nggak ribet!

Perigee vs apogee via http://earthsky.org/

Anyway, karena seluruh wilayah Indonesia masuk dalam jangkauan Supermoon fenomenal yang disebut juga dengan Beaver Moon ini, kamu nggak perlu lagi bertanya-tanya daerah mana yang bisa menyaksikan terangnya bulan. Asal langit nggak mendung, cus langsung ke atas genteng! Kalo mau niat sedikit, boleh juga pergi ke kawasan Puncak agar bisa bebas dari polusi cahaya kota—dan polusi asap—biar kamu bisa dapetin langit yang lebih jernih. Supernya lagi, masuknya Indonesia dalam wilayah perigee bikin jadwal puncak perigee dan purnama bulan bertepatan dengan waktu malam hari di daerah kita.

Di Amerika, bulan baru bisa terlihat mendekati jarak terbesarnya pada 13 November malam kemarin, dan baru benar-benar meraih ukuran penuhnya pada pukul 2 siang esoknya. Waah, sedih banget dong, teman-teman kita di Amerika nggak bisa menikmati Supermoon full size seperti kita malam ini ya, Mates.

Nyesel banget deh kalo sampai melewatkan fenomena langka ini, Mates. Soalnya, bulan nggak akan sedekat ini lagi sampai tahun 2034 mendatang. Wah, keburu jadi kakek nenek dong, tuh. Apalagi, supermoon di tahun itu nggak akan sebesar kali ini, karena, seperti yang diungkapkan di mirror.co.uk, orbit bulan yang pelan-pelan terus menjauh dari bumi sebanyak 3,8 cm setiap tahunnya. Yuk, lepas dari gadgetmu sementara! Tengadahkan kepala ke langit luas, dan nikmati fenomena angkasa langka ini bersama, Mates!

Ibarat lukisan, ini momen langka sebuah purnama paripurna yang bisa saja kamu tangkap malam ini! via tarotbycecelia.com

Leave a Comment

  0 Comment