Nggak Perlu Sekolah, Ternyata Kayak Gini Pendidikan Pangeran dan Putri Kerajaan Zaman Dulu



jane_eyre.jpg
Photo by pinterest.com

Penasaran nggak sih, sama keluarga kerajaan? Tinggal di istana mewah, memakai pakaian bagus, dan menjalani kehidupan fancy. Tapi, se-royal apapun kamu, kamu tetep harus menjalani pendidikan, dong. Jangan salah, jadi pangeran dan putri itu tugasnya berat, lho. Malah, nggak kayak anak biasa, mereka udah ngerasain yang namanya full day school sejak masih kecil banget. Bahkan dari kecil mereka harus biasa nggak ditungguin sama Papa Mamanya. Nggak kayak kamu, yang masih minta gendong waktu mau masuk SD. Eh, tapi sekarang udah pada mandiri dong, Mates?

Sampai zaman Queen Elizabeth, anak-anak keluarga kerajaan nggak benar-benar masuk sekolah. Mereka diajar oleh seorang atau beberapa governess, yang mengusai satu atau beberapa bidang. Pelajaran ini dimulai dari pagi dan kadang baru berakhir saat sore hari. Bayangin deh, seumuran kamu SD, kamu nggak bisa main layangan sama temanmu siang-siang dan harus mendekam di study room buat belajar sama satu orang guru, privat lagi. Puyeng nggak tuh, Mates?

Seorang governess sedang memberikan pelajaran kepada anak-anak bangsawan via wikipedia.com

Ini study room di istana Sandringham yang dibangun oleh Prince and Princess of Wales. Biasanya, para bangsawan belajarnya di ruang belajar yang kayak gini, Mates, via Pinterest

Seorang governess yang akan mengajar anak-anak bangsawan tentang pelajaran yang perlu mereka terima. Bisa jadi, pelajaran buat putri A bakal berbeda sama pelajaran buat putra dari Duchess B. Ngomong-ngomong soal pelajaran, apa yang dipelajari sama anak bangsawan itu juga beda sama apa yang kita pelajari sekarang lho, Mates. Meskipun satu-dua pelajaran dasarnya masih tetep sama, dulu pangeran dan putri bangsawan tuh nggak kenal sama yang namanya sport science dan pelajaran-pelajaran 'modern' seperti yang ada di sekolah-sekolah sekarang. Ini lho, pelajaran yang biasanya diterima oleh para anak-anak ningrat, intip bareng MyStudyWorld, yuk.

1. Bahasa

For the royals, reading is a must! via http://militaryingermany.com/

Pada umumnya, bahasa adalah salah satu pelajaran utama para pangeran dan putri. Bahkan, seorang anak bangsawan dianggap jenius ketika dia bisa menguasai lebih dari lima bahasa. Selain bahasa Inggris, mereka harus fasih dalam berbahasa Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol. Gimana enggak? Bahkan sebelum dewasa, mereka harus banyak ketemu orang-orang penting dari negara tetangga. Fiuh. Di luar itu, mereka juga minimal harus sedikit menguasai bahasa Latin dan Yunani, buat referensi ketika membaca karya sastra dan buku-buku panduan lama.

 

2. Filsafat

Kenalan sama yang namanya Plato, Aristoteles, Socrates, dan kawan-kawan. Jadi putra-putri bangsawan harus bijak via Crystalinks

Filsafat seolah menjadi pelajaran wajib para arsitokrat. Seenggaknya, mereka harus memahami filosofi Yunani, kemudian sedikit pengetahuan dasar tentang agama-agama di dunia, ditambah dengan pengetahuan tentang ajaran-ajaran ‘sesat’, seperti Satanism, paganism, hingga occultism. Buat pengetahuan aja gitu, Mates, biar mereka nggak gampang ditipu dan dipengaruhi rakyatnya ke arah yang nggak bener.

 

3. Matematika

Pangeran William, lagi pusing bikin peer Mat yah? via news.bbc.co.uk

Siapapun di dunia ini, suka nggak suka, pasti harus belajar matematika. Pangeran dan putri pun, nggak akan lepas dari kenyataan hidup ini. Udah gitu, nggak cuma matematika dasar aja, tapi juga Aljabar dan Geometri kalo umur mereka udah cukup.

 

4. Sejarah

Hmm. Bijak. Via Pinterest

Selamanya, seorang bangsawan aristokrat nggak akan pernah lepas dari sejarahnya sendiri. Seenggaknya, dia harus tau urutan-urutan sejarah abad pertengahan Eropa, silsilah keluarga ini dan itu, dan memahami karakteristik rakyatnya dari sejarahnya sendiri. Lagian, banyak banget yang bisa kita pelajari dari sejarah, seperti kata Bung Karno, Mates.

 

5. Literature

Asik juga ya, belajarnya bisa di mana aja via Pinterest

Dulu sih, kerjaan para putri-putri bangsawan itu duduk-duduk cantik sambil membaca buku sastra karangan sastrawan ternama. Makanya, anak-anak bangsawan kadang diwajibkan governor-nya buat nyelesin beberapa buku sastra wajib, terus didiskusikan bersama. Lagian, katanya sih, “Literature is often the true repository of aristocratic knowledge” gitu, Mates.

 

6. Musik/ Kesenian

Ini Ratu (Dahulu, Putri) Elizabeth yang lagi ngasah kemampuan bermain pianonya bersama saudaranya, Putri Margaret via www.pinterest.com

Seenggaknya, seorang putra putri bangsawan harus menguasai satu/ dua alat musik dan familier dengan musik klasik, serta beberapa variannya, seperti jazz atau blues, dan beberapa band besar. Nggak jarang, pelajaran musik dan kesenian ini dilakukan di sore hari, ketika mereka sudah menyelesaikan pelajaran akademisnya. Para putrinya sendiri kadang menerima pelajaran melukis atau embroidery yang cantik-cantik. Kalo sekarang sih, cabang ilmu ini udah berkembang banyak banget jadi ilmu musik, DKV, seni rupa, sampa game dan animasi yang mulai populer di kalangan anak-anak muda.

Nggak heran deh ya, kalau para Princes dan Princesses yang beredar itu punya aura yang pinter dan graceful banget waktu berada di antara publik. Pelajarannya seketat itu, sih! Menurutmu, lebih enak mana sama sekolahmu sendiri, Mates?

Leave a Comment

  0 Comment