Dari Sekolah Khusus Hingga Berbaur dengan Rakyat Biasa, Ini Sekolah Pangeran dan Putri Masa Kini



Princess-Estelle-1.jpg
Photo by http://www.newmyroyals.com/

Mendidik calon pemimpin bangsa emang nggak bisa sembarangan. Kalau bisa, dia harus mendapatkan pendidikan terbaik biar bisa jadi raja/ ratu yang bijak dan disegani. Kalau dulu, para anak-anak bangsawan diajar oleh governess yang tinggal di istana mereka, alias homeschooling. Kalau sekarang, banyak anak-anak bangsawan yang bersekolah di sekolah sungguhan. Kira-kira, dimana ya para bangsawan cilik ini bersekolah? Melangsir dari hellomagazine.com, berikut ini My Study World kasih tauin buat kamu.

1. Pangeran George, Inggris Raya

Pangeran George waktu hari pertamanya di TK Montessori. Gayanya udah kaya kakeknya aja yaaa.. via Daily Mail

Berada di urutan ketiga sebagai penerus tahta kerajaan, putra Pangeran William dan Catherine ‘Kate’ Middleton ini bersekolah di sebuah preschool umum yang berada di kawasan Montessori, nggak jauh dari rumah orangtuanya di Anmer Hall.

2. Pangeran Hisahito, Jepang

Kapan lagi bisa lihat pangeran main tarik tambang via Japan Bullet

Seharusnya, semua anak-anak bangsawan Jepang bersekolah di Gakushin, yang didirikan pada tahun 1847 oleh Kaisar Ninko, dimana semua anak dipanggil berdasarkan gelarnya dan bakal selalu diingatkan akan statusnya setiap saat. Tapi, orangtua pangeran Hisahito malah lebih memilih menyekolahkan pangeran imut ini di sekolah dasar Ochanomizu University, dan sang Pangeran bakal cuma dipanggil sebagai, “Hisahito” aja ketika diabsen. Pangeran dan Putri Akishino, orangtuanya, percaya bahwa pengalaman berbaur dengan commoner (masyarakat umum, alias rakyat jelata kaya kita-kita Mates, huhu) dan berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai kalangan bakal lebih bagus buat pengalaman  sang Pangeran nanti.

3. Putri Mahkota Leonor, Spanyol

Emang anggun banget sih auranya. Hua. Via Pinterest

Bersama adiknya, Putri Infanta Sofia, Putri Mahkota Leonor mengenyam di sebuah sekolah sekuler, Santa Maria de los Rosales yang nggak jauh dari istananya, Royal Moncloa Palace. Menariknya, sekolah ini lebih mengutamakan nilai-nilai etika dan pengembangan diri daripada nilai akademis. Bahkan, ada satu pelajaran khusus tentang menuruni tangga dengan memakai heels tanpa menimbulkan suara! Kalo kamu boro-boro deh, turun tangga aja pake balapan lari sampai gedubrakan.

4. Putra Mahkota Hassan Moulay, Moroko

Masih mau remaja, tapi udah berwibawa banget via The Nationa

Bersama saudarinya, Putri Laila Khadija, Pangeran Hassan mendapat pendidikan di College Royale di Royal Palace, Rabat, bersama dengan anak-anak kaum elit Moroko lain yang dipilih sendiri oleh pemerintah. Guru-gurunya sendiri langsung didatangkan dari Perancis, melanjutkan tradisi yang sudah dimulai oleh kakek sang Pangeran, Muhammad V, dimana anak-anak bangsawan ini akan menerima pelajaran dalam bahasa Perancis, Spanyol, Inggris, dan Arab, serta pelajaran khusus tentang etika kerajaan. Wow, seperti apa ya, etika kerajaan itu?

5. Putri Estelle, Swedia

Putri Estelle dan adiknya, Pangeran Oscar, kayaknya emang suka banget berinteraksi sama alam via www.dailymail.co.uk

Putri kecil yang masih berusia tiga tahun seperti halnya Pangeran George ini benar-benar memancarkan aura ingin tahu dan bertanggungjawab yang alami dari dalam dirinya. Karena itu, orangtuanya, Putri Mahkota Victoria dan Pangeran Daniel memutuskan untuk menyekolahkan sang Putri di preschool Aventyret (yang berarti petualangan dalam bahasa Swedia). Sekolah ini unik banget! Menggunakan folklore alias dongeng sebagai pengantarnya, sekolah ini mengajarkan anak-anak untuk dekat dengan alam dan sesamanya ketika mereka menghabiskan waktu di luar ruangan, memanjat pohon dan merangkak di bebatuan berlumut, lalu tidur-tiduran di bawah pohon bersama teman-temannya sambil berbagi camilan piknik. Widiiih, mupeng banget nggak sekolah yang kayak gitu, Mates?

Bonus. Ini putri kecil emang gemesin banget yah, Mates? Via Daily Mail

6. Pangeran Mahkota Hussein, Jordania

Sama Papanya, King Abdullah II dan Mamanya, Queen Rania. Pangeran ini aslinya cakep banget, asli. Via imperor.net

Di umurnya yang ke 21 sekarang, Putra Mahkota Jordan yang suka main Instagram ini baru saja menjadi alumni dari King's Academy, sekolah terobosan baru yang dibesut oleh ayahnya sendiri, King Abdullah II. Sang raja terinspirasi mendirikan sekolah ini dari pengalamannya selama belajar di Deerfield Academy di Massachusetts dan ingin memberikan pengalaman belajar yang sama untuk anak-anaknya di kampung halaman sendiri. Berbeda dengan metode belajar mengingat yang sudah mendarah daging di Jordan, sekolah ini menghadirkan kurikulum Amerika yang berkiblat pada pemikiran individual, diskusi, dan analisis. Hmm, gimana ya rasanya sekolah di Universitas rancangan papa sendiri?

Ternyata, sekolahnya para royals macem-macem juga ya, Mates. Ada yang di sekolah umum, ada yang sekolahnya bener-bener ngajarin etika sebagai bangsawan, ada juga sekolah yang lucu dan dreamy kayak sekolahnya Putri Estelle. Kamu sendiri, pernah nggak diam-diam satu sekolah sama pewaris kerajaan, Mates?

Dapet salam dari Putri Estelle. Semangat belajar, katanya! Via hellomagazine.com

Leave a Comment

  0 Comment