#ThrowbackThursday: 10 Big Things Happened in 2016

COVER_800x800_800x800.jpg
Photo by mystudyworld

Di minggu pertama tahun 2017 yang masih seger banget ini, kayaknya pas banget kalo kita melakukan sedikit flashback pada peristiwa-peristiwa besar yang terjadi tahun lalu. Apa aja sih yang sempat mengebohkan kita selama tahun 2016 kemarin?

1. Sidang Jessica dan Pembunuhan Sianida

Seolah menjadi sebuah serial sinetron yang paling banyak ditunggu-tunggu hingga pertengahan awal tahun 2016, misteri pembunuhan I Wayan Mirna Salihin dengan trik racun sianida dalam kopi Vietnam. Misteri pembunuhan dengan tersangka Jessica Kumalawongso ini sukses menyedot perhatian pemirsa dengan siaran sidangnya yang hampir menyamai sebuah mini seri, plus dengan beberan fakta-fakta terbaru yang seolah mengajak kita untuk menerka-nerka layaknya detektif Conan.

2. Bom Sarinah

Bom yang sempat menggetarkan warga Jakarta dan langsung disambut dengan hastag #JakartaKuat #KamiKuat ini menarik banget dari segala sisi lho, Mates. Teror bom yang biasanya diikuti dengan ketakutan ini malah membuktikan kalo masyarakat Indonesia itu berani dan kreatif banget. Buktinya, berita tentang Bapak Sate yang berjualan nggak jauh dari TKP dan netizen yang salfok sama polisi ganteng malah mengalahkan kehebohan berita bom itu sendiri.

3. #Brexit

Dunia dikagetkan dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Yup, proses referendum yang sempat berjalan pelik ternyata berujung pada keputusan para Briton untuk berjalan meninggalkan Uni Eropa.

4. Gerhana Matahari Total

Di bulan Maret 2016 kemarin, kita semua dibuat excited dengan hadirnya fenomena langka gerhana matahari total yang kebetulan melintas di Indonesia. Kamu sempat melihat gerhana tersebut kan, Mates?

5. Perjuangan Sengit Kiswinar Mendapatkan Pengakuan dari Mario Teguh

Memasuki pertengahan tahun, kita dikagetkan dengan kemunculan tiba-tiba sesosok pria muda yang mengaku sebagai anak Mario Teguh dari istrinya yang pertama. Yang bikin lebih heboh lagi, Mario Teguh bersikukuh bh

6. Dimas Kanjeng Sang Pengganda Kekayaan

Uang memang bisa mengubah kita semua. Apalagi, sosok Dimas Kanjeng aliat Taat Pribadi yang mendadak terkenal dengan kemampuannya menggandakan uang. Waw! Berbagai tuduhan, mulai dari sosok ajaib, penipu, hingga ajaran sesat melekat padanya, namun nggak menghentikan netizen untuk membuat meme-meme lucu yang menyangkut Dimas Kanjeng dan keahliannya.

7. Indonesia Menyabet Mahkota Miss Grand Internasional

Ini nih, peristiwa yang bikin bangga masyarakat Indonesia. Akhirnya, salah satu putri Indonesia, Arieska Putri Pertiwi yang berhasil keluar sebagai Miss Grand Internasional 2016 dan menyematkan mahkota tersebut di kepalanya. So proud!

8. Pernikahan Fenomenal

Menuju akhir tahun 2016, dua pernikahan fenomenal menjadi pusat perhatian netizen. Pernikahan Rey Utami yang hanya terjadi dalam seminggu serta pernikahan Dewi Sandra yang sangat dreamy layaknya dongeng Cinderella sukses buat netizen kepoin mereka habis-habisan.

9. Kemenangan Trump yang Sama Sekali Nggak Terduga

Warga Amerika Serikat dan seluruh penduduk dunia dibikin deg-degan menanti terpilihnya presiden Amerika Serikat yang baru. Siapa yang menyangka bahwa Donald Trump akan keluar sebagai presiden Amerika Serikat terpilih? Nggak heran kalau sosok yang cukup kontroversial ini menunai banyak protes baik dari kalangan selebritis dan public figure, hingga netizen Amerika sendiri.

10. #411 & #212

Yah, bisa dibilang akhir tahun 2016 memang nggak berjalan dengan mulus menuju sebuah happy ending. Bulan November dan Desember diwarnai dengan aksi protes fenomenal yang dilakukan oleh umat muslim dari seluruh Indonesia yang dipicu oleh kasus dugaan penistaan agama. Aksi ini membawa tuntutan untuk mempersidangkan Gubernur inactive Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok karena dianggap telah menistakan agama Islam.

Kalo dilihat-lihat lagi, lumayan banyak peristiwa fenomenal yang terjadi di tahun 2016 ya, Mates. Kira-kira, apa aja ya yang bakal terjadi di tahun 2017 ini?

Leave a Comment

  0 Comment