Reasons Why We Are White



77689bf7fecd727bf736c150b149e4a6.jpg
Photo by Pinterest

Horeeee, pesta demokrasi datang lagi! Kamu yang udah berusia 17 tahun keatas udahbisa ikutan milih calon pemimpin daerah yang bakal dilangsungkan sebentar lagi. Tapi sayang, masih banyak tuh kita-kita udahberhak tapi nggak mau ikutan, dan bikin 'pesta' ini jadi melempem. Apa aja sih, yang biasanya bikin kita ikutan jadi golongan putih?

1. Too Critical

Ugh, programnya basi semua! Via Quick Good Fortune

MyStudyWorld ngerti banget kok, anak muda bisa lebih kritis dan idealis daripada golongan tua. Tapi, saking kritisnya kita, kadang itu jadi boomerang buat kita sendiri yang nggak mau nyoba percaya sama calon-calon pemimpin daerah yang maju karena ngerasa kalo calon-calon tersebut nggak qualified sama standar kita. Akibatnya, banyak dari kita yang ngerasa mending nggak milih daripada milih calon yang nggak cocok sama pandangan ideal kita. Cek lagi deh, apa kita udah bener-bener research tentang visi, misi, dan track record-nya si calon sebelum ngelemparin judgement?

2. Nggak Mau Susah-Susah Mikir Politik

Mending mikirin yang lain, deh. Via www.hipwee.com

Ah, politik tuh kotor! Semua udah punya kepentingannya masing-masing. Kayaknya, itu kalimat yang sering kita denger terlontar dari temen-temen kita. Banyak dari kita yang masih mikir kalo politik itu semua omong kosong dan buang-buang waktu. Kadang, bersikap apatis membuatmu merasa lebih cool ketimbang temen-temen yang ngeribetin urusan politik. Yakin?

3. Pesimis

Buat apa milih? Toh saya milih nggak milih juga nggak ngaruh. Via The Atlantic

Ngaku deh, berapa banyak dari kita yang masih ngerasa kalo satu suara aja nggak bakal ada pengaruhnya? Every teardrops counts, and so is your voice. Kalo ada 1000 anak muda yang pikirannya sama kayak kamu, coba bayangin berapa suara yang ilang? Masa masih muda udah pesimis sih, Mates?

4. Males

Ew, udah jalannya jaoh, ngantri, calonnya nggak kenal, harus basa-basi sama orang RT, lagi. via Ceriwis

Ini salah satu hal yang bikin kita-kita lebih milih jadi golongan putih. Bayangin harus spagi-pagi ke KPU dan antri buat nyoblos aja udah bikin perasaan kita jadi mager banget! Katanya, anak muda itu agent of change. Tapi gimana bisa bikin perubahan kalo kitanya sendiri udah males duluan buat bergerak?

5. Kemakan Isu Black Campaign

Saling teriak-teriak lewat jalan belakang. Via Restana's Blog

Mau itu pemilu presiden atau pilkada, tiap ada pemilihan umum pasti ada aja yang suka nyebarin berita-berita hoax dan konspirasi abal-abal. Nggak jarang, hal-hal kayak gini yang bikin kita semakin males berurusan sama politik. Nggak dikit juga temen-temen kita, atau bahkan kita sendiri, yang tiba-tiba nggak suka sama si calon A karena yang berita-berita hoax beredar di media sosial. Mulai sekarang, jangan gampang percaya sama berita yang nggak jelas sumbernya, ya!

Ssst, kalo kamu emang have done your research dan bener-bener nggak ada calon yang sreg di hatimu, kamu boleh kok bikin kertas suaramu nggak valid dengan melubanginya di luar tempat yang ditentukan. Yang penting, suaramu udah nggak bisa disalahgunakan sama pihak yang nggak bertanggung jawab, Mates.

Leave a Comment

  0 Comment