Tips Manajemen Waktu Kampus Agar Kamu Tidak Kedodoran



wwwprofessional-translationseu.jpg
Photo by http://www.professional-translations.eu

Tugas bertumpuk, aktivitas segudang. Itulah makanan mahasiswa sehari-hari. Sebagai mahasiswa, pintar saja tidak cukup. Karena tidak ada lagi guru yang memantau perkembangan studimu, kini kamu juga harus pintar memanajemen waktu agar kuliahmu makin sukses. Tidak mau menjadi mahasiswa abadi yang tidak lulus-lulus kan, guys? Nah, ada tips nih buat kamu yang ingin menjadi mahasiswa sukses di dalam dan di luar kampus dengan time management yang baik.

Jangan Sebar Jadwal Mata Kuliahmu

Sebisa mungkin, “kumpulkan” jadwal mata kuliahmu secara berturut-turut. Mungkin, kamu berpikir bahwa jeda waktu satu jam di antara dua mata kuliah dapat membantu menyegarkan pikiran dan membuatmu lebih fokus, padahal bisa jadi akhirnya waktu tersebut hanya terbuang sia-sia untuk facebooking atau nongkrong saja. Padahal, jika kamu menjadwalkan 3 mata kuliah secara berturut-turut dari pukul 07.00 hingga 13.00 misalnya, kamu justru akan mendapatkan sisa waktu yang lebih banyak yang bisa digunakan untuk beristirahat dan mengerjakan tugas-tugas lainnya.

Tetapkan Prioritas

Semua pelajaran memang penting, namun ada beberapa tugas yang lebih penting dan mendesak jika dilihat dari berat dan skala waktunya. Buatlah daftar prioritas agar kamu bisa membagi waktu untuk mengerjakan berbagai tugas yang ada secara proporsional. Beberapa tugas bisa menunggu, sementara tugas-tugas keorganisasian atau event lainnya mungkin bisa didelegasikan untuk sementara waktu.

Buat Perencanaan yang Fleksibel

Buatlah sebuah perencanaan hingga 1-2 minggu ke depan. Tidak usah terlalu strict dan rinci, yang penting kamu mempunyai gambaran umum tentang aktivitas dan alokasi waktumu untuk mengerjakan tugas-tugas. Namun, tetap stay flexible ya, agar kamu juga tetap bisa available ketika ada rencana mendadak sewaktu-waktu.

Tentukan Waktu Paling Produktifmu

Kerjakan tugas-tugasmu di waktu yang paling produktif untuk dirimu. Waktu produktif semua orang tidak sama. Temanmu mungkin bisa belajar dengan lancar di pagi hari, sementara pikiranmu mungkin lebih jernih ketika belajar di tengah malam.

Sempatkan Waktu untuk Tidur

Ini nih, salah satu penyakit mahasiswa. Bergadang! Apalagi, ketika masa-masa menjelang Ujian Semester nih. Berlembar-lembar essay dari berbagai mata kuliah harus segera diselesaikan, sementara kamu juga masih harus mempelajari materi-materi yang akan diujikan nanti. Disaat seperti ini, jangan lupa sempatkan diri untuk tidur sejenak, agar stressmu berkurang dan performamu tetap terjaga.

Pecah Project-Project Besar

Seringkali, tugas-tugas besar seperti penelitian, project kelompok, pementasan akhir semester, atau tugas lapangan menjadi bayang-bayang berat di hari-harimu. Pecah tugas-tugas besar tersebut menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dikerjakan secara bertahap.

Cicil Tugas Dari Sekarang

Due on Monday doesn’t mean DO on Monday! Jadilah mahasiswa yang berbeda dengan tidak menunda-nunda tugas dan menumpuknya hingga menggunung, sekecil apapun itu. Mulai dari mengedit essay yang akan disubmit, membaca buku yang sedang ditugaskan, atau mencicil konsep paper yang akan dikumpulkan minggu depan.

Dengan manajemen waktu yang baik, kehidupan kuliahmu pun akan semakin maksimal!

Leave a Comment

  0 Comment