Mengintip Serunya Simulasi Sidang PBB di HSMUN 2017



HSMUN_Opening_Ceremony.jpg
Photo by Mystudyworld

Selama ini, PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) atau United Nations biasanya hanya kita dengar lewat buku-buku teks sejarah atau sepintas siaran berita televisi. Tempat berkumpul para diplomat dari  berbagai negara untuk membahas isu-isu dunia atau menandatangani konvensi. Tapi, pernah nggak sih kamu merasa penasaran, seperti apa sidang PBB itu?

Nggak usah jauh-jauh ke Jenewa atau New York untuk memuaskan rasa ingin tahumu akan sidang PBB. Yup, karena sekolah High Scope setiap tahunnya menyelenggarakan HighScope Model United Nations (HSMUN), yang merupakan sebuah kegiatan simulasi sidang PBB untuk tingkat SMA. Ssst, ada yang berbeda dengan HSMUN tahun ini. Di tahun ke 9-nya ini, untuk pertama kalinya HSMUN menyambut tamu internasional dalam acaranya, khususnya Filipina. Kedatangan 12 pelajar dari Lorma Colleges Basic Education Schools yang bergabung dalam kegiatan ini tentu menambah warna tersendiri dalam acara HSMUN, yang telah diikuti oleh 34 sekolah lain dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

Kali ini, HSMUN yang dilangsungkan pada tanggal 22-23 November 2017 ini mengangkat tema “Ensuring the Betterment of the Future by Revisiting the Past”. Nggak hanya simulasi sidang PBB, acara ini juga dipadati dengan berbagai kegiatan lainnya, seperti Opening Ceremony, The Conference, Afternoon Event, General Assembly, dan Closing Ceremony.

Opening Ceremony HSMUN 2017

Pembukaan acara ini pun mendatangkan tokoh-tokoh besar, seperti Drs. Rezian Ishar Jenie, Direktur Eksekutif ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (AIPR), Agus Heryana, Deputy Direktur Diplomasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik – Kementian Luar Negeri Republik Indonesia, serta George Lantu, Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN.

HSMUN juga membawakan banyak topik menarik dalam Conference alias simulasi sidang PBB itu, Mates. Ada 7 topik Conference yang bisa diikuti oleh para peserta, yaitu:

1. United Nations Security Council (UNSC): “Solving the Civil War in Yemen.”

2. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO): “Protecting Endangered Cultures from the Impact of Globalization.”

3. United Nations Development Programme (UNDP): “Promoting Sustainable Urbanization in Rural Areas.”

4. United Nations Special Summit (UNSS) The Galactic Senate: “Restoring Intergalactic Peace Following the Destruction of the First Order’s Headquarters.”

6. Press Corps

7. Historical Crisis Council (HCC): “Setting the Power Dispute Over the English Throne (1455 – 1485)”.

Conference Simulation HSMUN 2017

Di dalam simulasi ini, para peserta simulasi akan berlaku seolah-olah mereka adalah representative dari sebuah negara, Mates. Mereka akan menjelaskan posisi negara yang mereka wakili terkait dengan isiu yang dibahas, berusaha mempertahankan argumentasi mereka, dan mencari dukungan dari negara lain.

Galactic Conference untuk membahas perdamaian antar galaksi 

Kebetulan, kemarin My Study World berkesempatan untuk mengikuti salah satu conference yang menarik, Mates, yaitu United Nations Special Summit (UNSS) The Galactic Senate: “Restoring Intergalactic Peace Following the Destruction of the First Order’s Headquarters.” Alih – alih nama negara yang berpartisipasi, mereka bertindak sebagai delegasi tokoh – tokoh fiksi antar galaksi yang pasti familiar di telingamu, seperti Princess Leia, Darth Vader, Mon Mothma, dan banyak lagi. Seru banget!

Gimana, udah pingin berpartisipasi di HSMUN tahun depan, nggak?

Leave a Comment

  0 Comment

Comment