Video Beruang Kelaparan Ini Buktikan Pemanasan Global Bukan Masalah Sepele!



Foto_by_BBC.jpg
Photo by BBC

Mates, dari video-video menyedihkan yang kamu lihat di sepanjang 2017, video yang satu ini mungkin bisa jadi yang paling menyedihkan. Video kali ini memperlihatkan seekor beruang kutub di Kepulauan Baffin, Kanada.

 

Video beruang ini pun viral di berbagai media sosial. Usut punya usut, video si beruang diabadikan oleh jurnalis National Geographic bernama Paul Nicklen saat ia mengunjungi Kepulauan Baffin yang lokasinya tak jauh dari Greenland.

 

Si beruang sepertinya memang kelaparan dan tengah mencari makanan. Jalannya tertatih-tatih di tanah tandus. Yang bikin miris, fisik beruang kutub tersebut tidak seperti beruang lain pada umumnya, Mates.

Badannya tidak gemuk dan besar, melainkan kurus kering dan tampak sangat lemah. Bahkan, ia sampai mencari makanan di tempat sampah. Di akhir video, si beruang akhirnya terbaring lemas karena tak kunjung menemukan makanan.

 

Lantas, kenapa sih bisa ada seekor beruang kutub yang sampai kelaparan seperti ini? Bukannya mereka seharusnya tinggal di dataran es dan bisa dengan gampangnya menemukan makanan?

Ternyata, menurut penjelasan Nicklen, fenomena ini adalah konsekuensi dari peristiwa global warming (pemanasan global) yang kian ke sini semakin kelihatan dampaknya. Salah satu yang terlihat adalah mencairnya lapisan es di wilayah kutub utara termasuk Kepulauan Baffin.

 

Kata Nicklen, jika peristiwa terus-terusan terjadi, makhluk hidup di Bumi--khususnya yang hidup di wilayah dingin--bisa jadi akan punah. "Aku sudah menyaksikan lebih dari 3.000 beruang di alam liar selama menjadi seorang fotografer. Dan beruang kutub yang satu ini paling membuatku terenyuh. Ini adalah dampak sesungguhnya dari pemanasan global,"

Pada kenyataannya, Mates, dampak dari pemanasan global memang cukup mengkhawatirkan. Menurut laporan terbaru Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), tingkat permukaan air laut di Bumi sekarang makin naik akibat efek pemanasan global. Bahkan, tinggi permukaan air laut mengalami kenaikan setinggi delapan sentimeter sejak 1992.

 

Jika ke depannya iklim Bumi semakin tidak stabil akibat efek pemanasan global, permukaan air laut akan semakin tinggi dan menyebabkan sebagian besar permukaan tanah di Bumi tenggelam! Duh, nggak bisa kebayang bagaimana kan?

 

Maka itu Mates, pemanasan global memang bukan masalah sepele. Yuk, cintai lingkungan agar setidaknya bisa mencegah pemanasan global. Setidaknya, mulai dari yang kecil-kecil dulu seperti jangan buang sampah sembarangan, ya!

Buat kamu yang mau nonton video miris beruang kutub ini, lihat di link berikut, ya:

video.nationalgeographic.com/video/news/171207-polar-bear-starving-iceless-land-vin-spd

 

Let's love our one and only earth!

 

By: Jeko/ Dienda

Leave a Comment

  0 Comment

Comment