Ini Penyebab Mengapa Kita Merinding Saat Mendengarkan Lagu



Foto_by_Frontiers.jpg
Photo by Frontiers

Mates, bagi kamu yang hobi mendengarkan lagu, pernah merasakan sensasi merinding saat mendengar beberapa jenis lagu? Ya, jika kamu pernah merasa demikian, berarti kamu memiliki sesuatu yang spesial dari otakmu.

 

Menurut peneliti lulusan Universitas Harvardm Matthew Sachs, orang-orang yang terkadang merinding saat mendengarkan beberapa jenis lagu, ternyata memiliki pemikiran yang emosional.

 

Sachs sendiri mengadakan riset untuk membuktikan apakah penelitiannya benar. Ia juga mengajak 20 orang peserta riset dalam penelitiannya. Hasilnya, sepuluh orang mengaku sempat beberapa kali merinding ketika mereka mendengar lagu yang ada kaitannya dengan masa lalu mereka, sedangkan sisanya mengaku tidak pernah mengalami kejadian tersebut.

 

Dalam proses penelitian, Sach juga memanfaatkan metode scan otak kepada partisipan. Setelah ia menggunakan metode ini, benar terbukti otak dari orang-orang yang merinding saat mendengar lagu tersebut bekerja lebih cepat dari biasanya. Ini menandakan otak mereka berusaha untuk mengingat pengalaman yang pernah dialami ketika mendengarkan musik tersebut.

 

"Saat mereka mendengarkan musik, mereka memiliki pendengaran yang lebih tajam sehingga tersambung ke dalam otak dan memicu emosi lebih tinggi," kata Sach.

Emosi yang berpacu di dalam otak inilah yang menghantarkan reaksi kepada pendengar musik, sehingga tubuh mereka menjadi merinding saat mendengarkan lagu yang ada kaitannya dengan masa lampau.

 

Penelitian Sach ini ternyata juga diakui oleh ahli neurologis, Mates. Mereka mengaku, metode yang digunakan Sach ternyata bisa digunakan untuk pasien dengan gangguan psikologis. Terlebih, pengaruh musik bisa membantu neurologis untuk mengeksplorasi suasana hati pasien.

 

Nah, jika kamu memang sering merinding saat mendengar beberapa lagu tertentu, mungkin kamu memiliki pengalaman khusus dengan lagu yang didengar. Entah itu pengalaman bahagia atau sedih,semoga lagu yang didengar tetap asyik ya!

By: Jeko

Leave a Comment

  1 Comment

Comment