UI Buka Dua Jurusan Baru, Yuk Segera Daftar!



Foto_by_UI.gif
Photo by UI

Mates, ada kabar baik nih bagi kamu yang duduk di bangku kelas XII SMA dan berniat melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi negeri seperti UI (Universitas Indonesia). Pasalnya, UI baru saja mengumumkan telah membuka dua jurusan baru, yaitu Teknik Biomedik dan Aktuaria.

 

Nah, khusus bagi kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah mana yang cocok, mungkin dua jurusan ini bisa menjadi alternatif bagi kamu, khususnya yang suka dengan Ilmu Pengetahuan Alam.

 

Namun, sebelum mendaftar, ada baiknya kamu mengetahui informasi soal dua jurusan baru ini agar tidak salah jalur. Berikut penjelasan dari jurusan Teknik Biomedik dan Aktuaria.

 

1. Teknik Biomedik

Pada jurusan ini, kamu akan belajar soal rekayasa aplikatif, atau istilah kerennya 'engineering' di bidang biolodi dan kedokteran. Tujuannya untuk pelayanan kesehatan. Jadi, dengan kata lain, ilmu ini adalah gabungan dari ilmu kedokteran dan teknik.

 

Jadi selama masa kuliah, kamu akan berurusan dengan peralatan dan perangkat medis serta segala hal yang berkaitan dengan teknologi kesehatan.

 

Untuk jurusan ini, UI membuka dengan daya tampung 40 orang. Jurusan Teknik Biomedik ada di bawah Fakultas Teknik, Mates. Jadi kalau kamu ingin mendaftar ke jurusan tersebut, kamu harus memantapkan materi Sains Teknologi dan menyiapkan diri masuk lewat SNMPTN atau SBMPTN.

 

2. Aktuaria

Bagi kamu yang suka dengan pelajaran Matematika, Aktuaria bisa jadi jurusan paling cocok bagi kamu. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang pegnelolaan risiko keuangan.

 

Bisa dibilang, ilmu Aktuaria adalah gabungan dari ilmu peluang, statistika, matematika, keuangan, serta pemorograma komputer. Jurusan ini pasti akan banyak dibutuhkan oleh bidang asuransi dan keuangan. Menariknya, di Indonesia, profesi yang berkecimpung di Aktuaria masih tergolong langka, padahal sangat banyak yang membutuhkan lho!

Dari 900 tenaga Aktuaris, baru 400 yang ada. Di luar negeri sendiri, profesi ini bahkan termasuk profesi dengan pendapatan yang sangat tinggi.

 

Untuk jurusan Aktuaria di UI sendiri, berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). UI sendiri mem-plotting daya tampung 12 orang untuk SNMPTN dan 28 orang untuk SBMPTN.

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment