Simak 3 'Tiket' Masuk Universitas Negeri Terbaik Indonesia di Sini



636207149601494211-181873310-college-exam-studying-be1783e31b7ae2135476d61abfcaacff.jpg
Photo by IDN Times

Khusus bagi kamu yang duduk di bangku kelas XII SMA, pasti sudah disibukkan dengan segudang jadwal bimbingan belajar dan Try Out. Wajar saja, mengingat Ujian Nasional berlangsung dalam hitungan bulan lagi, dan setelahnya dilanjutkan dengan seleksi masuk Perguruan Tinggi.

 

Nah, Mates, ada beberapa alternatif bagi kamu yang ingin masuk ke universitas impian, khususnya universitas negeri. Ada dua 'tiket' yang bisa kamu ambil, yakni SNMPTN atau juga SBMPTN. Sebeteulnya, alternatif seleksi masuk tak cuma sebatas dua jenis ujian itu saja, ada beberapa seleksi masuk lain yang bisa kamu coba.

 

Karena itu, kali ini MyStudyWorld akan merangkum daftar seleksi masuk yang ditawarkan langsung tiga (3) universitas negeri terbaik di Indonesia. Apa saja? Berikut daftarnya.

 

1. Universitas Indonesia - SIMAK UI

SIMAK UI atau Seleksi Masuk UI adalah seleksi masuk yang langsung ditawarkan Universitas Indonesia, Mates. Perlu diketahui, ujian SIMAK UI bakal dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, hingga Makassar.

 

SIMAK UI merupakan seleksi yang diadakan untuk berbagai program studi yang ada di UI, mulai Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Nah, ada juga ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi yang digelar pada pada waktu yang berbeda.

 

Jadi, perlu kamu ketahui, SIMAK UI bukan untuk jenjang S1 Reguler. Berlaku sejak 2017, calon mahasiswa S1 Reguler hanya bisa mendaftar melalui SNMPTN dan SBMPTN. Jadi buat para lulusan SMA, pilihan kamu nanti  ada di S1 Paralel, Internasional, atau Vokasi (D3).

 

Berikut jadwal SIMAK UI 2018:

 

Pendaftaran 2 – 27 April 2018.

Ujian: 13 Mei 2018

Pengumuman 6 Juli 2018.

 

2. Universitas Brawijaya - 3 Jenis Tes

Jalur Mandiri SMUB

 

Pada seleksi ini, kamu tidak perlu mengikuti tes tertulis. Kamu cuma perlu mengikuti seleksi SBMPTN sebelumnya. Jadi, seleksi nanti bakal dilakukan dengan menggunakan nilai yang didapatkan di SBMPTN tersebut. Sebelum mendaftar jalur ini, kamu wajib mengikuti SBMPTN terlebih dahulu. Pendaftarannya sendiri dimulai di bulan Juni.

 

Jalur Mandiri Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD)

 

Sesuai namanya, SPKPD diperuntukkan bagi siswa yang memiliki kekurangan fisik tertentu atau disabilitas. Nanti, peserta yang lolos juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Ada lima tahap seleksi yang harus diikuti pada jalur ini.

 

Jalur Mandiri Diploma SMVP

 

Seleksi diselenggarakan untuk masuk Program D3 atau D4. Program D3 yang bisa kamu pilih antara lain mulai dari Kesekretariatan, Keuangan dan Perbankan, Perpajakan, Manajemen Informatika, Teknik Komputer, dan Usaha Perjalanan Wisata.

 

Nah, kalau program studi  D4 yang bisa kamu pilih yaitu Manajemen Perhotelan dan Desain Grafis. Perlu dicatat Mates, berbeda dengan SMUB yang skor nilai SBMPTN, lewat jalur ini kamu harus mengikuti tes tertulis.  Pendaftaran SMVP sendiri bakal dibuka mulai Juni 2018.

 

3. Universitas Gadjah Mada - 3 Jenis Tes

Ujian Tulis UGM (UTUL)

 

Sesuai namanya, seleksi masuk yang satu ini menerapkan pola ujian tertulis yang dihelat langsung oleh UGM, Mates. Menariknya, UTUL memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA untuk lulusan baru dan dua tahun sebelumnya. Mereka juga bisa mengikuti seleksi dengan memilihtiga  program studi jenjang S1 atau/ dan Diploma.

 

Untuk tahun sebelumnya, UTUL diadakan dalam dua gelombang. Gelombang 1 untuk program Sarjana dan Diploma biasanya dibuka pada April dan diselenggarakan di beberapa tempat, yaitu Jakarta, Balikpapan, Pekanbaru, dan Yogyakarta. Sedangkan Gelombang 2 hanya untuk progran Diploma.

 

Kelompok tes yang diujikan nantinya akan terbagi jadi tiga: Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) , dan Kelompok Ujian Campuran

 

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

 

Pendaftaran untuk PBUTM  dibuka sekitar  bulan Maret hingga April. Program ini diadakan sebagai bentk kepedulian UGM untuk siswa yang berprestasi tetapi tidak mampu secara finansial dan ekonomi. Karena itu, untuk mendaftar PBUTM, ada persyaratan nilai tertentu yang ajib dipenuhi, seperti nilai rapor di atas KKM dan termasuk 40 persen terbaik.

 

Adapun tes yang diujikan seperti Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Nanti, peserta yang lulus akan mendapat bantuan biaya pendidikan selama 8 semester dari UGM apabila bisa mencapai prestasi yang sudah ditetapkan.

 

Kelas Internasional

 

Seleksi yang satu ini juga tak kalah menariknya. Kelas Internasional yang dibuka di UGM ada banyak, mulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

 

Untuk bisa masuk ke program ini, tentu kamu harus bisa berbahasa Inggris dan memiliki skor TOEFL ITP 550, mengingat semua materi kuliah yang diberikan menggunakan bahasa Inggris.

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment