5 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas Terbaik di Indonesia



Ilustrasi_Sekolah_Tinggi_Ikatan_Dinas.jpg
Photo by Sekolah Tinggi Ikatan Dinas

Mates, ada banyak jenis pilihan perguruan tinggi yang bisa kamu lamar setelah lulus dari SMA. Selain perguruan tinggi negeri dan swasta, kamu juga bisa melanjutkan studi ke sekolah tinggi ikatan dinas, lho! Apa sih maksudnya sekolah tinggi ikatan dinas?

 

Untuk diketahui sekolah tinggi ikatan dinas merupakan sekolah yang didukung oleh negara. Tujuannya adalah untuk mencetak lulusan-lulusan terbaik dan mengisi posisi yang dibutuhkan sejumlah departemen di pemerintah Indonesia, Mates.

 

Nah, asyiknya, sekolah tinggi ikatan dinas memberikan fasilitas pendidikan beasiswa penuh, bahkan bila peserta lulus tes dan diterima di sekolah atau perguruan tinggi ikatan dinas, mereka juga dijamin untuk mendapatkan uang saku untuk biaya hidup.

 

Di Indonesia sendiri, ada beberapa sekolah tinggi ikatan dinas terbaik di Indonesia. Apa saja sih? Berikut MyStudyWorld rangkum daftarnya, siapa tahu bisa jadi panduan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke sekolah tinggi ikatan dinas.

 

1.  STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

STIS adalah perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. Sekolah tinggi ini memberikan kesempatan lulusan SMA jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik.

 

 STIS merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional.

 

STIS sendiri memiliki dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Lulusan jurusan Statistika bakal menjadi tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik bakal menjadi tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.

 

2. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

STAN ada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara.

 

Selama pendidikan, mahasiswa tidak akan dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. STAN sendiri memiliki sistem ikatan dinas yang tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

 

Berikut daftar program studi STAN:

 

Program Studi Diploma III / IV Akuntansi

Program Studi Diploma I / III Pajak

Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan

Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai

Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara

Program Studi Diploma III Manajemen Aset

 

3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

STSN adalah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. Eits, tapi sekolah ini tidak mengajarkan kita untuk belajar sandi hati ya, Mates.

 

Patut diketahui, STSN adalah satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. STSN didirikan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur pada bidang siber dan sandi yang bisa menjadi solusi bagi tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara.

 

Untuk jenis pendidikan, STSN menyelenggarakan pendidikan professional dalam bidang persandian dengan jenjang Diploma IV. Calon Mahasiswa wajib berasal dari lulusan SMA jurusan IPA dan atau Peserta Tugas Belajar. 

 

Sistem seleksinya sendiri meliputi tes bertahap yang menggunakan sistem gugur di setiap tahapnya. Nah, STSN juga mewajibkan mahasiswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan dengan wajib mematuhi peraturan urusan dinas dalam.

 

4. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Kamu suka belajar IPA--khususnya Fisika, Sains, dan hal yang berbau dengan antariksa? STMKG bisa jadi tempat yang cocok bagi kamu. Ya, STMKG adalah sekolah tinggi kedinasan yang ada di bawah Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Asyiknya, sekolah tinggi kedinasan ini juga menawarkan program beasiswa penuh hingga kamu lulus! Adapun program studi yang ditawarkan antara lain: Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi. Masing-masing program studi memiliki jenjang D4.

 

5. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

Nah, kalau Sekolah Tinggi Transportasi Darat adalah perguruan tinggi kedinasan yang ada di bawah Kementerian Perhubungan. 

 

STTD sendiri bertugas sebagai salah satu UPT dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan,  STTD mempunyai tugas menyelenggarakan  program pendidikan profesional di bidang transportasi darat.

 

Sekolah Tinggi ini menyelenggarakan 1 Program Diploma II, 3 Program Diploma III dan 1 Program Diploma 4:

 

Program Diploma IV Transportasi Darat

Program Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Program Diploma III Perkeretaapian

Program Diploma III LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan)

Program Diploma II PKB (Penguji Kendaraan Bermotor)

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment