Ini dia sejarah Sarinah, Mall pertama di Indonesia



32gedung-mall-sarinah.jpg
Photo by google.com

Kalau kamu sering jalan-jalan ke daerah Jakarta Pusat, pasti kamu akan sering melewati jalan ini dan bisa melihat gedung yang berada persis di pinggir jalan yang bertengger sebuah papan nama gedung, yaitu Sarinah.

Awal berdirinya gedung sarinah maupun jalan yang bernama Sarinah. Berawal dari keinginan Presiden Republik pertama kita yaitu Ir. Soekarno  yang ingin menghargai dan memuliakan nama seorang pengasuhnya yang berasal dari kalangan bawah bernama "SARINAH", maka diabadikan sebuah nama pada Department Store pertama di Indonesia pada tahun 1962.

Sarinah sendiri adalah sosok perempuan paruh baya yang mengisi hidup Sukarno kecil. Ia menjadi bagian dari keluarga Sukarno. Sarinah sendiri mengisi hari-harinya dengan bekerja di rumah keluarga Bung Karno. Sekalipun begitu, Sarinah tidak membayar, tidak pula mendapatkan upah.

Awalnya sih gedung Sarinah bertujuan sebagai mitra usaha kecil, terutama pengerajin, Sarinah ingin berperan lebih besar dalam memperkenalkan produk nasional ke mancanegara lewat ekspor yang semakin ditingkatkan dari waktu kewaktu. Namun karena perubahan zaman dan seiring berjalannya waktu, kini sarinah menjadi kawasan elite daerah Jakarta pusat yang menjadi tempat nongkrong kaum ekspatariat atau yang hanya ingin mengisi waktu sekedar kopi darat bersama kolega maupun kerabat.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment