Jangan Panik, Ini 5 Trik Jitu Agar Kamu Siap Menjalani UNBK



Ilustrasi_UNBK_-_1.jpg
Photo by Ilustrasi

Mates, khusus bagi kamu yang duduk di bangku kelas IX SMP dan XII SMA atau setara, pasti sudah ketar-ketir. Ya, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah di ambang pintu. Tepat pada awal April nanti, UNBK akan diadakan serentak untuk SMA, SMK dan setara. Sementara, untuk SMP, UNBK akan berlangsung pada akhir April 2018.

 

Panik dan deg-degan memang boleh-boleh saja, Mates. Namun demikian, tetap fokus dan semangat, agar proses belajarmu menjelang UNBK tetap berjalan lancar tanpa ada hambatan berarti.

 

Yang pasti, pasang mindset kalau kamu bisa melewati UNBK dengan sukses. Kamu juga harus menyiapkan beberapa hal sebagai 'pemanasan' untuk UNBK nanti. Apa saja? Berikut MyStudyWorld sajikan triknya.

 

1. Perhatikan Tata Cara UNBK

Mates, UNBK ini berbeda dengan UN seperti yang sudah dilakukan para kaka kelas kita dulu, lho. Kalau dulu, kaka kelas kita terbiasa menjalani UN di atas kertas, kalau sekarang sudah berubah dengan menggunakan komputer. 

 

Tentu akan ada mekanisme yang berbeda dari ujian sebelumnya. Nah, agar kita bisa lebih siap menghadapi UNBK, maka kita harus pelajari dengan baik juga tata cara pengerjaan soal UNBK/

 

Walau mngkin terdengar sepele, tetapi kalau kita sudah mengerti betul cara pengerjaannya, pasti kita tidak akan kebingungan. Pasti tidak mau kan, waktu saat mengerjakan soal UNBK nanti, waktumu tersita hanya karena masih bingung dan canggunh? Jadi alangkah baiknya pelajari dulu tata cara UNBK agar proses ujianmu berjalan lebih lancar.

 

2. Jadikan Kisi-Kisi Sebagai Panduan Belajar

Wajib hukumnya Mates, untuk mempelajari kisi-kisi UNBK 2017 (tahun lalu) yang disusun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pasalnya, kisi-kisi UNBK tahun lalu pasti tidak terlalu berbeda jauh dengan sekarang. Kita pun bisa lebih tahu soal Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan mengerti panduan apa saja yang harus dipelajari.

 

3. Jangan Panik!

Terkadang, pasti kamu overthinking dalam melakukan persiapan menjelang UNBK, ambil contoh bagaimana kalau komputernya rusak? Atau koneksi internetnya yang lemot dan waktunya tinggal sebentar lagi? Atau, mungkin adajawaban yang sudah dipilih tidak terbaca di sistem? Mending jangan dipikirin, Mates!

 

Jika kamu khawatir dengan hal-hal tersebut, justru akan menghambatmu saat mengerjakan soal karena sulit untuk fokus. Akibatnya, kamu tidak dapat mengerjakan dengan maksimal.

 

Nah, jadi daripada waktu kamu habis dengan segala kecemasan yang dirasakan, lebih baik dihabiskan untuk belajar. Sebab, jika kamu sudah dibekali dengan penguasaan materi dan giat berlatih, pasti semua akan berjalan lancar!

 

4. Tetap Fokus

Mates, pastikan kalau kamu fokus dan konsentrasi saat UNBK nanti. Selalu baca soal pertanyaan, maupun jawaban yang dipilih dengan seksama. Ingat, kamu tak perlu terburu-buru. Yang terpenting adalah dengan mengerjakannya perlahan tetapi pasti. Jika kamu memiliki sisa waktu, manfaatkan dengan mengecek ulang jawabanmu kembali sehingga tidak ada yang terlewatkan.

 

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi data dirimu secara teliti, ya! Selalu pastikan, semua sudah terisi dan hindari kesalahan penulisan atau typo.

 

5. Lakukan Simulasi

Mates, alangkah lebih baik jika kamu sudah lebih dulu melakukan simulasi menjelang UNBK. Misal, saat simulasi di sekolah, coba perhatikan sesi belajar dengan baik agar tidak ada yang terlupa. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada guru jika ada yang masih bingung.

 

Simulasi ini juga kamu bisa lakukan di rumah dengan mengerjakan soal atau tes online di internet. Dengan demikian, kamu akan lebih terbiasa dan tidak kagok dengan UNBK.

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment