Ayo Daftar! Ini 4 Beasiswa Terbaik Kementerian Indonesia



Ilustrasi_Beasiswa.jpg
Photo by Ilustrasi

Mates, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meneruskan studi ke universitas impian, tentu adalah dengan menggunakan beasiswa. Ya, beasiswa sendiri menawarkan solusi pembiayaan studi, tetapi dengan beberapa persyaratan yang perlu kamu lakukan.

 

Di Indonesia sendiri, ada beberapa beasiswa yang berasal dari sejumlah Kementerian. Menariknya, beasiswa ini tak cuma dikhususkan untuk dalam negeri, tetapi juga untuk luar negeri! Apa saja? Berikut daftarnya.

 

1. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

LPDP mungkin adalah salah satu beasiswa yang sangat populer di Indonesia, Mates. Ya, LPDP sendiri merupakan lembaga non eselon yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Keuangan, mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). 

 

Untuk dana, LPDP sendiri disokong oleh Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Riset, Teknologi, serta Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan mempunyai tiga  program utama, mulai dari Beasiswa Pendidikan Indonesia, Riset Pembangunan Indonesia, dan Rehabilitasi Fasilitas Pendidikan. 

Program Beasiswa Pendidikan Indonesia mempunyai tujuan untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan untuk Indonesia dengan lima skema beasiswa yaitu Beasiswa Magister Doktor, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Doktor Spesialis, Beasiswa Lanjutan, dan Beasiswa Tesis Disertasi.

 

Selain itu, ada 11 prioritas bidang ilmu BPI yaitu Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran dan Kesehatan, Akuntansi dan keuangan, Hukum, Agama, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Budaya, Seni dan Bahasa. 

 

Komponen pembiayaan BPI LPDP termasuk biaya pendidikan dan biaya pendukung lainnya selama proses perkuliahan berlangsung. Selain itu, kamu juga harus mencermati tahapan Seleksi BPI LPDP yaitu: Pendaftaran, Seleksi Administrasi, Seleksi Assessment Online, Seleksi Wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD) dan On the Spot Essay Writing, dan Penetapan Penerima Beasiswa

 

2. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

BUDI bukan nama orang, lho Mates! BUDI adalah Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia, yang mana adalah beasiswa untuk dosen-dosen perguruan tinggi di bawah pembinaan Kemenristekdikti Indonesia, untuk peningkatan kualifikasi dan kompetensi Dosen di Indonesia. 

 

Beasiswa ini menjadi bentuk sinergi yang dimulai sejak tahun 2017 antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggu (Kemristekdikti) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

 

BUDI sendiri punya dua skema beasiswa yang ditawarkan, yakni beasiswa Doktor dalam Negeri (BUDI DN) dan Doktor Luar Negeri (BUDI LN). Ada 500 kuota yang tersedia bagi dosen berpendidikan S2 berdasarkan Homebase program studi. Komponen pembiayaan dan besarannya Doktor BUDI juga sesuai dengan standar LPDP. 

 

Nah, kalau penasaran dan ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai tata laksana, tahapan seleksi BUDI dan sebagainya, kamu bisa kunjungi http://budi.ristekdikti.go.id/web/

 

3. Beasiswa Unggulan (BU)

Nah, beda lagi dengan BUDI, Beasiswa Unggulan atau BU adalah sebuah program beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan 3 skema beasiswa, yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T, Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia putra-putri bangsa Indonesia, khususnya bidang pendidikan dan kebudayaan.

 

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan untuk calon mahasiswa ataupun yang sedang melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 dalam negeri untukjenjang S1, S2, dan S3 ditujukan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki prestasi di berbagai bidang. 

 

Ada 18 prioritas bidang keilmuan Beasiswa Unggulan (NAWACITA), seperti Pendidikan (PAUD, PGSD), Kurikulum dan Pedagogi, Manajeman dan Kebijakan Pendidikan, Perfilman, Seni Pertunjukan, Seni Musik, kebudayaan, Perpustakaan, Arkeologi, Teknologi Informasi, Kebijakan Publik, Pariwisata, Industri Kreatif, Teknologi Pangan, MIPA, Maritim, Pertanian, dan Energi.

 

Adapun Beasiswa Unggulan 3T dikhususkan bagi masyarakat yang berasal dari daerah 3T di beberapa provinsi di Indonesia. Contohnya, masyarakat yang berkehendak untuk melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi negeri pada jenjang S1, S2 dan S3 (mahasiswa baru ataupun on-going) dalam negeri berdasarkan pada prioritas NAWACITA bidang keilmuan.

 

Sementara, beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud adalah beasiswa yang dibuat khusus bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mekanisme beasiswa ini berupa tugas belajar baik yang ingin menempuh pendidikan Magister atau Doktor dalam atau di luar negeri dan juga diperuntukkan bagi guru.

 

4. Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika

Selain ketiga beasiswa di atas, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), juga menawarkan beasiswa khusus loh, Mates. Bedanya, yang ini spesial bagi kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang S2.

 

Beasiswan ini diberikan khusus bagi Aparatur Sipil Negara, TNI, POLRI, dan karyawan/karyawati swasta yang bekerja di sektor teknologi informasi dan komunikasi. Beasiswa ini juga dikhususkan bagi mereka yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di bidang Teknologi dan Komunikasi di Luar Negeri.

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment