Ngaku Kutu Buku? Coba Jajal 5 Aplikasi Buku Gratisan Ini



Ilustrasi_e-Book.jpg
Photo by Ilustrasi

Kamu hobi baca buku? Tetapi tak punya waktu dan biaya untuk membelinya di toko buku? Jangan khawatir, Mates! Sekarang, sudah banyak aplikasi-aplikasi buku online rgatisan yang ada di Google Play Store maupun Apple Store. Menariknya lagi, aplikasi tersebut menawarkan ribuan buku gratis yang menarik banget untuk dibaca!

 

Adapun variasi buku-buku yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari buku pelajaran, novel, chicklit, teenlit, hingga komik pun ada! Enaknya lagi, buku digital alias e-Book ini tak perlu membuatmu repot. Kamu bisa membacanya kapan pun dan dimana pun. Apa saja aplikasi-aplikasi tersebut? Berikut MyStudyWorld rangkum daftarnya.

 

1. iPusnas

iPusnas adalah aplikasi buatan Perpustakaan Nasional. Dengan aplikasi ini, kamu tak perlu lagi repot datang ke perpustakaan. Lewat iPusnas, kamu bisa menemukan banyak koleksi buku seperti layaknya kalian mencari buku di perpustakaan. Ada puluhan kategori buku mulai dari  budaya, kuliner, kesehatan, pendidikan hingga motivasi.

 

Layaknya perpustakaan tradisional, kamu harus registrasi terlebih dahulu agar bisa meminjam buku. Untuk membaca buku yang dipinjam, kamu bisa gunakan fitur e-Reader yang ada pada aplikasi. Setiap hari, kamu bisa meminjam maksimal tiga buah buku. 

 

2. iJakarta

Mirip dengan iPusnas, iJakarta adalah aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dirilis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Oktober 2015 lalu. 

 

Menariknya, aplikasi ini mendapat dukungan penuh dari berbagai penerbit buku seperti Gramedia, Mizan, Erlangga dan masih banyak lagi. Tampilan dan tata cara peminjaman buku di aplikasi tersebut juga mirip dengan iPusnas. Kamu harus registrasi dulu untuk meminjam buku. Bedanya, buku-buku yang ada di iJakarta bisa kamu pinjam  dengan batas waktu selama 4 hari. Setelah batas waktu peminjaman habis, buku akan dikembalikan secara otomatis.

 

3. Wattpad

Wattpad adalah aplikasi e-Book asal Kanada. Asyiknya, kamu bisa menemukan banyak genre novel di dalam aplikasi ini, mulai dari fiksi ilmiah, drama, hingga horor. Tak cuma membaca novel, kamu pun bisa menulis cerita sendiri dengan fitur create.

 

Jadi, kamu bisa membagikan cerita hasil kreasi kalian ke sesama pengguna aplikasi lainnya. Tak sedikit, ada penulis terkenal yang berawal dari menulis di Wattpad. Namun perlu dicatat, aplikasi ini hanya bisa digunakan dengan koneksi internet.

 

4. Novel Nusantara

Mirip Wattpad, Novel Nusantara adalah aplikasi ynag menawarkan koleksi novel dari penulis-penulis lokal dengan genre yang sangat beragam.

 

 Selain itu, ada fitur unik pada aplikasi ini, dimana Novel Nusantara menerapkan sistem level yang didapatkan pembaca ketika sudah membaca banyak novel. Saat mencapai level tertentu, kamu akan mendapatkan 'martabak'. Ingat, bukan makanan tetapi 'martabak' ini adalah semacam tool yang dapat digunakan untuk memberikan rating kepada para penulis yang kamu sukai.

 

5. Amazon Kindle

Amazon Kindle juga wajib dimiliki khusus bagi kamu penyuka novel-novel sastra klasik.

 

Asyiknya lagi, Amazon Kindle sudah dilengkapi dengan kamus, Google, dan Wikipedia Kindle sehingga memudahkan kamu mencari kosakata yang sulit dipahami. Wah, cocok banget nih buat kamu yang lagi belajar Bahasa Inggris.

Leave a Comment

  0 Comment

Comment