Jurusan yang Bisa Bikin Kamu Kerja Jalan-Jalan ke Luar Negeri? Bisa Banget!



travelling_job.jpg
Photo by http://www.bbc.com/travel/story/20151019

Jalan-jalan gratis ke luar negeri plus digaji, siapa yang nggak mau? Sepintas, motivasi ini emang kelihatan dangkal, but hey, kadang alasan paling sepele sekalipun bisa mengantarkanmu ke jalan kesuksesan yang paling kamu idamkan, lho! Asal, kamu nggak mencantumkan alasan itu waktu wawancara kerja aja, ya. Jadi, apa yang bisa kamu siapkan sebelum masuk kuliah buat mewujudkan pekerjaan idamanmu itu?

Hubungan Internasional

Anak HI

Udah pada tahu dong, kalau jurusan hubungan internasional itu melajarin segala hal mengenai interaksi lintas negara, yang meliputi isu-isu sosial budaya, hukum, ekonomi, hingga pertahanan dan keamanan. Apalagi, jurusan HI juga melatihmu menjadi negosiator ulung. Nggak heran, banyak jebolan anak HI yang bisa merintis karir sebagai diplomat di Kementrian Luar Negeri atau wakil negara di berbagai lembaga/ organisasi internasional. Keren banget, kan?

Sastra

Anak Sastra

Ada banyak banget kesempatan jalan-jalan ke luar negeri yang bisa kamu dapatkan dengan bersekolah di jurusan Sastra. Karena di jurusan Sastra, kamu nggak hanya akan menguasai bahasanya aja, tapi juga fasih dengan culture dan isu-isu yan lagi berkembang dengan negara yang kamu pelajari. Sama seperti anak HI, kesempatan menjadi diplomat atau wakil negara juga terbuka lebar buat anak sastra. Selain itu, fluency dalam bahasa asing yang kamu miliki juga bisa mengantar kamu menjadi English/ any other foreign language teacher, interpreter, bahkan guru bahasa Indonesia di negara-negara asing. Kemampuan menulis anak sastra yang (katanya) jago juga membuka kesempatan buat jadi travel writer/ travel blogger. Kalau tulisanmu menarik dan dikenal luas, banyak lho yang mau sponsorin kamu jalan-jalan ke luar negeri! Ngiler nggak tuh?

Komunikasi

guardian reporter

Anak komunikasi emang paling jago mengonsep, mengolah, dan menyampaikan informasi secara efektif dan mengena kepada masyarakat luas. Makanya, banyak lulusan komunikasi yang diandalkan sebagai public speaker di berbagai media, termasuk juga sebagai reporter serta jurnalis. Tahu sendiri dong, kalau reporter dan jurnalis ini sering memburu berita terhangat dan happening ke seluruh pelosok Indonesia dan luar negeri. Bahkan, ada beberapa program televisi yang dikhususkan buat meliput berbagai hal dan peristiwa di luar negeri. Selain dibayar untuk jalan-jalan ke berbagai tempat terkenal, wajah kamu juga akan sering eksis di layar kaca. Sedap.

Penerbangan

sekolah penerbangan

Jalan-jalan ke luar negeri memang bukan jadi motivasi utama anak lulusan pendidikan pilot dan pramugari, karena tujuan mereka adalah mengantarkan penumpang dengan selamat hingga tujuan. Tapi, nggak bisa dipungkiri juga, bahwa profesi ini membuka kesempatan sangat lebar buat singgah di berbagai negara tujuan, meski hanya sekedar transit. Pasalnya, waktu luang yang tersedia saat di negara tujuan biasanya nggak terlalu banyak buat cuci mata. Anggap saja, jalan-jalan itu bonus!

Arkeologi

anak arkeolog

Siapa bilang anak lulusan jurusan arkeologi Cuma berkutat dengan lapisan tanah dan benda purbakala? Jurusan yang bisa dibilang belum begitu populer di Indonesia ini sebenarnya menyimpan banyak potensi buat travelling ke tempat-tempat eksotis di berbagai belahan dunia buat menggali artefak-artefak peninggalan peradaban manusia, bahkan hingga ke pelosok bumi yang remote banget. Serasa jadi Indiana Jones nggak, sih?

Fotografi

orangutan

Konsentrasi yang ada di Jurusan Desain Komunikasi Visual ini, selain asik banget buat dipelajarin, juga membuka peluang besar buat kamu yang jeli dan giat ngembangin diri. Apalagi, jika kamu bekerja di majalah-majalah gede kelas dunia seperti National Geographic, Times, dan sebagainya yang banyak mengangkat sisi-sisi pelosok dunia yang belum pernah terjamah sebelumnya. Nggak jarang, kamu akan berpergian ke berbagai tempat eksotis, wild, dan anti mainstream demi menangkap denyut kehidupan terbaik. Super cool and rewarding!

Jurusan Apa Saja, yang Penting Jadi Jadi Anggota DPR

dpr

Kabarnya sih, tiap tahunnya anggota DPR emang ada alokasi dana dan waktu buat ‘studi banding’ ke luar negeri, alias ‘plesir’ dibayari negara. Enak banget, kan? Enggak ding, becanda. Tapi, kalau di masa depan kamu mendapat kepercayaan masyarakat buat menduduki kursi DPR dan berkesempatan melakukan perjalanan studi banding ke luar negeri, jadilah aset bangsa yang baik, ya. Pastikan kamu mempunyai tujuan riset yang jelas dan benar-benar mengimplentasikan pengalamanmu di negeri orang saat pulang ke Indonesia.

 

Kalau menurut kamu, ada lagi nggak jurusan yang oke dan membuka kesempatan buat berpetualang lintas negara? Share di comment, ya!

Leave a Comment

  0 Comment

Comment