Ini Caranya Bertahan Hidup Selama Exam Week Biar Kamu Tetap Waras



survive-finals-week.jpg
Photo by http://www.hercampus.com/sites/

Rasanya baru kemarin semester baru dimulai, tiba-tiba saja midterm week sudah di depan mata. Ya, ujian semua mata kuliah yang kamu ikuti yang dimampatkan dalam satu minggu emang cukup bikin kamu pingin terik-tarik rambut. Beruntung sekali jika kampusmu menyediakan minggu tenang selama seminggu sebelum minggu ujian, setidaknya kamu punya waktu cukup buat baca-baca ulang catatan dan nyiapin contekap kecil. Ups. Anyway, ini dia caranya bertahan hidup selama exam week tanpa mengorbankan kewarasan yang kamu miliki.

Buat Jadwal Belajar

jadwalbelajar

Ketika teman-temanmu panik dengan banyaknya materi yang harus dipelajari (apalagi kalau kamu mengambil sks full), keep calm and make an effective plan. Meskipun semua mata kuliah sama pentingnya, bukan berarti kamu harus memukul waktu belajar sama rata. Ada beberapa mata kuliah yang lebih berat dari mata kuliah lainnya, dan sebaiknya kamu memberikan porsi waktu belajar lebih besar untuk mata kuliah ini. Jangan lupa, jadwalkan waktu belajar jauh sebelum hari ujian. Misalnya nih, kalau kamu ujian Kewarganegaraan hari Kamis, berarti kamu harus mulai nyicil belajar dari hari Selasa.

Kumpulin Catatan

notes

Kumpulin catatanmu selama ujian dengan rapi. Kalau nggak ada, kamu bisa pinjem catatan teman yang lebih rajin buat difotokopi. Selain  buat review materi, catatan ini juga sangat berguna kalau misalnya tiba-tiba dosenmu memutuskan buat ujian terbuka/ open book. Apalagi, catatan yang dikemas rapi dengan warna-warni menarik juga cenderung lebih gampang diingat daripada textbook.

Makan Sehat

examcookies

Selama minggu exam, waktumu akan habis buat belajar, ngerjain paper, dan nyelesein final project dari pagi sampai pagi lagi. Nggak heran kalau jadi lupa makan gara-gara terlalu fokus sama pelajaran—ditambah lagi dengan dosis kopi yang udah nggak manusiawi. Jangan sampai deh, waktu jam ujian kamu jadi nggak fokus gara-gara perut melilit karena maag. Makanya itu, kamu harus bener-bener jaga pola makan yang teratur dan bergizi ya, guys. Karena justru di saat seperti ini, tubuh kamu butuh asupan nutrisi yang cukup. Kamu juga boleh banget sedikit memanjakan diri dengan membeli camilan favorit seperti cokelat, cookies, atau apapun yang kamu suka. Itung-itung self-reward, deh.

Tidur Cukup

look at the sleep

Sama seperti masalah makan, banyaknya deadline yang harus dikejar di minggu ujian sering nuntut kamu berkutat di depan laptop hingga berjam-jam. Belum lagi, kalau masih ada materi yang harus dipelajari buat besok. Nggak heran kalau akhirnya banyak mahasiswa yang mengeluarkan jurus terakhir, bergadang samapai pagi. Padahal, otak yang lelah malah nggak maksimal buat menyimpan informasi atau mengingatnya kembali, lho.

Bikin Me Time, Menyediri dari Dunia Luar

metime

Kadang, kamu butuh waktu sendiri tanpa gangguan dari dunia luar. Suasana yang sepi, jauh dari hiruk pikuk kampus dan kepanikan teman-teman bisa bantu kamu lebih fokus buat mencerna materi serta mengingatnya dengan lebih mudah. Kalau sudah jenuh belajar, kamu juga bisa meluangkan waktu jalan-jalan

Putar Playlist Andalan Buat Nemenin Kamu Sehari-hari

music

Sumpek juga rasanya kalau setiap hari dijejali materi. Jaga pikiranmu tetap rileks dengan memutar playlist andalan buat temen belajar. Kalau perlu, putar satu-dua film favorit buat selingan di kala suntuk. Asal nggak lupa waktu, ya!

Rajin-Rajin Update dari Teman/ Kakak Kelas

bocoransoal

Ada gunanya juga punya banyak teman, lho. Soalnya, kadang dosen memberikan soal ujian yang sama buat kelas-kelas yang diajarnya. Lumayan juga lho, siapa temanmu bisa diajak sharing tentang ujian yang sudah dilaluinya, sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran lebih spesifik tentang apa yang akan keluar di ujian nanti.

 

Udah siap ngadepin exam week? Jangan sungkan-sungkan buat bagi jurus andalan exam week ala kamu di comment.ya!

happyfinal

 

Leave a Comment

  0 Comment