5 CARA TERBAIK UNTUK MEMOTIVASI DIRI SENDIRI



men-1245982_1920.jpg
Photo by pixabay.com & Google

Masih ingat gimana semangatnya kamu saat menuliskan goals dan to-do-list di awal tahun? Sudah sejauh mana daftar itu kamu penuhi?

 

Atau mungkin kamu sudah lupa apa saja yang pernah kamu catat? Sekarang mau apa? Nulis ulang goals baru? Terus goals yang kemarin mau diapain? Dilupakan gitu aja?

 

Sebenarnya hambatan yang kamu temui untuk mencapai goals itu apa sih?

 

Kalau saya tebak, pasti kamu kehilangan semangat dan motivasi setelah menuliskannya dengan berapi-api.

 

Masalah utama yang dihadapi orang untuk mencapai goals adalah hilangnya momentum untuk mempertahankan diri tetap termotivasi untuk meraih tujuan yang sudah diangan-angankan. Kebiasaan menunggu momen yang tepat untuk mulai bergerak melakukan aksi untuk mencapai goals adalah penyebab utama kamu kehilangan momen itu sendiri.

 

Anggapan masih ada hari esok untuk mulai bertindak membuat motivasi dan semangat kamu perlahan-lahan mengendur. Bahkan orang yang berusaha menjaga semangatnya agar tetap ada, pasti mengalami masa jenuh dan kemunduran di tengah-tengah usahanya, Apalagi kamu yang beralasan sedang menunggu waktu yang tepat.

 

Kapan waktu yang tepat itu akan datang? Bisa kamu pastikan? Kalau hanya bisa menerka-nerka, sebaiknya mulai lakukan aksi untuk mencapai goals itu dari sekarang.

 

Bingung harus mulai dari mana? Kamu bisa coba dengan mengembalikan motivasi itu lebih dulu. Berikut ini sudah dirangkum 5 cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri.

 

1. Ketahui Cara Untuk Mencapai Tujuan

Langkah utama adalah kamu harus tahu kembali tujuan yang ingin kamu capai sebenar-benarnya. Jangan hanya ikut-ikutan orang lain. Jika kamu sudah tahu, maka tuliskan goals itu di tempat yang mudah kamu lihat dan usahakan untuk sering-sering memikirkan tujuan tersebut.

 

Cari tahu cara apa yang harus kamu tempuh untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai dari langkah paling kecil sampai langkah besar yang harus kamu ambil, pahami semuanya. Dengan mengatahui cara untuk mencapai tujuan, maka motivasi kamu untuk sampai di goals kamu akan lebih terjaga. Tanpa sadar, kamu akan berusaha untuk tidak melenceng dari jalur untuk mencapai tujuan tersebut. Kamu akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk lebih dekat dengan goals kamu.

 

2. Berpikir Positif

Usahakan selalu memiliki pikiran positif. Berpikir positif akan membantu mood kamu terjaga dan tidak mengganggu progress yang sedang kamu kerjakan. Menurut para ahli, tingkat kesuksesan orang yang hidup positif dan bahagia jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang cenderung pesimis dalam bekerja.

 

3. Beri Penghargaan kepada Diri Sendiri

Usahakan memuji diri sendiri dalam setiap progress yang sudah berhasil kamu lewati. Memberi pujian pada teman saja kamu bisa, masa memberi pujian dan reward untuk diri sendiri tidak mampu? Kamu bisa menghadiahi dirimu misalnya dengan makan sesuatu yang enak, atau membelikan suatu barang untuk diri sendiri.

 

Tapi jangan lupa untuk memberlakukan hukuman juga saat kamu lalai. Kamu bisa tetapkan sendiri hukuman seperti apa yang akan kamu terima apabila kamu mengambil langkah yang salah. Penghargaan dan hukuman bisa menjadi cambuk motivasi bagi kamu.

 

4. Dapatkan Tekanan dari Orang di Sekitar

Hidup di dalam tekanan dapat membantu kamu lebih termotivasi untuk meraih goals. Kenapa? Ketika kamu hidup di tengah orang yang memiliki tujuan hidup yang tinggi, kamu akan terikut dengan pola hidup mereka. Usaha keras mereka untuk mencapai tujuan akan mampu menginspirasi kamu untuk ikut berusaha keras meraih tujuan hidup kamu.

 

Sementara, ketika kamu berada di zona aman kamu, bersama dengan orang-orang yang membuat kamu merasa sangat atau bahkan terlalu nyaman, kamu akan lebih susah untuk mencapai goals karena tidak ada cambukan untukmu lebih berusaha.

 

5. Berbicara pada Diri Sendiri

Siapa yang mengenal kamu lebih baik dari dirimu sendiri? Semua tergantung pada dirimu ketika kamu ingin merubah sesuatu di dalam hidupmu. Tapi kebanyakan dari kita malah lebih susah mengenali dan memotivasi diri sendiri.

 

Mengucapkan goals kamu secara lantang setiap hari pada diri sendiri dapat menjaga mind set kamu tetap fokus pada setiap tujuan yang ingin dicapai. Kamu bisa mengambil waktu untuk menyendiri, dan berbicara pada dirimu sendiri apa saja yang akan kamu lakukan. Apa cara yang akan kamu tempuh, mengapa kamu ingin sekali melakukannya dan kesulitan apa yang kamu alami saat hendak mencapai goals itu.

 

Siap untuk mengejar kembali goals yang sempat kamu telantarkan?

 

 

Leave a Comment

  0 Comment

Comment