5 Jenis Istilah 'Kids Jaman Now' Paling Hits di 2017, Kamu Sering Pakai?



millenials_india_times.jpg
Photo by India Times

Mates, kamu termasuk generasi 'Kids Jaman Now' alias generasi Z? Ya, generasi ini adalah generasi yang lahir di atas 1997. Pasti ada banyak hal menarik yang kamu alami sebagai generasi Z, salah satunya adalah tren bahasa gaul yang begitu hits di media sosial di sepanjang 2017.

Kamu tahu nggak sih, kalau bahasa gaul yang sering digunakan ini merupakan bahasa non formal yang sering digunakan untuk menyampaikan respons saat berkomunikasi di internet? Di luar negeri, bahasa gaul semacam ini juga sering digunakan pengguna anak muda, beberapa di antaranya seperti LOL (Laughing Out Loud), atau juga ROTFL (Rolling on The Floor).

Looool via thflg.wordpress.com

Ngakak di lantai via giphy.com

Nah, MyStudyWorld akan menyajikan kumpulan bahasa gaul yang paling populer digunakan kids jaman now di sepanjang 2017. Apa saja? Mungkin salah satunya bisa jadi jargon favoritmu.

Tercyduk

Yak kamuuuuu.... tercyduk deh via kaskus.com

Mates, kata yang satu ini tuh sering banget dipakai di medsos. Tahu kan asal kata ini dari kata terciduk (kata kerja: ciduk) yang artinya membekuk, mengambil, atau juga menahan? Faktanya, kata ini dipakai dalam penulisan formal, contoh: Polisi Ciduk Preman di Kampung Melayu. Duh, biasanya digunakan untuk berita-berita kriminal nih, Mates.

Nah, anak-anak zaman sekarang pun memelesetkan kata ini menjadi "tercyduk" dan akhirnya menjadi salah satu kata yang paling populer.

 

Kids Jaman Now

Kebiasaan Kids Jaman Now via boombastis.com

Kalimat yang satu ini pun jadi terpopuler di sepanjang 2017. Namun tahukah kalau secara tata bahasa "kids jaman now" tidak sesuai dengan tata bahasa? Secara arti, memang kids jaman now itu artinya anak-anak zaman sekarang, Mates. Menariknya, kata ini berawal dari meme Kak Seto yang beredar di media sosial.

Padahal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah mengingatkan jika kalimat ini sala. Seharusnya, sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), kata ejaan jaman itu menjadi 'zaman'. Tapi duh, suka pada nggak dengerin apa kata Pemerintah deh, Kids Jaman Now nih.

 

Faedah

Sungguh berita yang faedah via BaBe News

Ini dia Mates, salah satu kata hits yang juga sering digunakan kids jaman now. Faedah, secara arti itu maksudnya adalah sesuatu yang bermanfaat. Kadang-kadang, kata ini sering digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang berguna. Contoh: ada faedahnya nggak sih pergi ke acara itu?

 

HQQ

Mie kuah di malam berhujan, adalah kenikmatan yang hqq via qraved.com

HQQ atau dibaca hakiki, memang merupakan arti dari "sesungguhnya" menurut KBBI. Dalam konteks bahasa gaul netizen, penulisan kata tersebut malah dipelesetkan menjadi HQQ. Hmm, mungkin biar keliatan makin gaul kali ya?

 

Panutanku

Chelsea Islan panutanq via malesbanget.com

Panutanku (atau juga sering dipelesetkan jadi PanutanQ) berasal dari kata panutan, atau juga junjungan dan idola. Seringkali, kids jaman now menggunakannya sebagai ungkapan untuk sang idola atau artis favorit. Hmm, kamu sering nggak, Mates pakai kata yang satu ini?

 

Leh Uga

Hmmm... inovasi yang bagus. Leh uga nih. via dailymail.com

Plesetan dari kata boleh juga (sering juga disingkat sebagai: boljug), kata yang suka rame dipakai di media sosial ini dipake untuk mengekspresikan ketertarikanmu pada sesuatu, tapi kamu sendiri nggak minat-minat amat. Bahasa inggrisnya, so-so lah.

Contoh: 

Temen kamu: Bro, jus mangga Thailand nih lagi beli 1 gratis 1

Kamu: Hmmm, leh uga.

 

Duh, ada-ada aja sih bahasa anak millenials. Mungkin generasi kita aja yang terlalu kreatif ya, Mates. Btw mana nih istilah Kids Jaman Now yang suka kamu pakai?

 

By: Jeko

Leave a Comment

  0 Comment

Comment